System on chip buatan Google dengan nama Tensor (Google)

Google Luncurkan Chipset Tensor untuk Ponsel Pixel 6

03 August 2021   |   11:41 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Google resmi mengumumkan bahwa mereka telah membuat system-on-chip (SoC) sendiri untuk mendukung pengembangan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) di perangkat terbarunya mendatang, yang tak lain adalah Pixel 6. Chipset Google tersebut bernama Tensor.

Senior Vice President Device & Service Google Rick Osterloh mengatakan, alasan kenapa perusahaan membuat cip sendiri adalah karena adanya keterbatasan komputasi dari cip yang ada di pasaran saat ini.

"Jadi, kami mulai membangun platform teknologi yang dibuat untuk seluler, yang memungkinkan kami menghadirkan AI dan ML paling inovatif kepada pengguna Pixel," katanya dalam blog resmi.

Google mengumumkan bahwa Tensor dibuat untuk memaksimalkan pengguna memakai ponsel saat ini dan di masa mendatang. Menghadirkan banyak fitur yang didukung oleh AI dan ML untuk pengalaman khusus atau personal.

SoC buatan perusahaan juga didesain untuk memungkinkan peningkatan signifikan pada model fotografi komputasional, pengenalan suara, terjemahan teks, dan dikte yang jauh lebih baik.

Selain itu, dengan inti keamanan baru dari Tensor dan Titan M2, smartphone Pixel 6 yang memakai cip tersebut diklaim bakal punya lapisan keamanan berpalis terbanyak, berdasarkan jumlah subsistem dan komponen keamanan perangkat keras.
 
Pixel 6 (Google)

 
Sementara itu, ponsel anyar Google, yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dinyatakan bakal debut pada musim gugur tahun ini atau sekitar Agustus hingga Oktober mendatang.

Smartphone mendatang dari Google itu akan menjadi perangkat yang sangat menarik karena mengusung sistem operasi terbaru Android 12 dan tentunya prosesor terbaru Tensor.

Google mengklaim bahwa ponsel ini mendefinisikan ulang apa arti Pixel sendiri. Desain barunya menggabungkan estetika di seluruh perangkat lunak dan kerasnya, yang bakal berpengaruh terhadap pengalaman pemakaian pengguna.

Perusahaan juga menyebut peningkatan sistem kamera belakang. Dalam gambar yang diposting Google, tampak format kamera belakang berjajar horizontal yang berbeda dari formasi kamera pada umumnya.

Selain itu, Pixel 6 Series juga dinyatkaan memiliki material dan lapisan baru, seperti bingkai aluminium pro yang dipoles dengan ringan dan lapisan aluminium matte 6.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Tips Ini Bisa Buat Kamar Si Kecil Jadi Lebih Nyaman

BERIKUTNYA

Peluang Besar Buat UKM, Yuk Belajar Pemasaran Digital Gratis di TikTok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: