Smartphone iPhone terbaru dikabarkan bakal rilis, cek perbandingannya dengan seri sebelumnya berdasarkan bocoran dari para analis. (Sumber foto: Unsplash/Taro Ohtani)

Menjelang Peluncuran, Cek Perbandingan Seri iPhone 15 vs iPhone 14

12 September 2023   |   12:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Para penggemar Apple siap bergembira menyambut ajang tahunan perusahaan yang segera diselenggarakan. Bertajuk Apple Event - September 12, presentasi tersebut digadang-gadang bakal mengumumkan lini terbaru produk Apple, yang salah satunya adalah smartphone iPhone 15 Series. 

Kedatangan ponsel generasi terbaru dari raksasa teknologi itu telah dinantikan oleh banyak pihak. Seri iPhone terbaru dari Apple memang selalu menyedot perhatian para fans sampai tech enthusiast

Baca juga: Diprediksi Meluncur September 2023, Cek Perkiraan Harga iPhone 15

Menjelang pengumumannya yang segera berlangsung, sudah banyak bocoran spesifikasi dan fitur yang nantinya bakal hadir di seri iPhone 15 Series. Salah satunya yang paling dinantikan adalah kehadiran cip terbaru A17 Bionic untuk versi Pro dan di atasnya, yang punya peningkatan signifikan dari segi kinerja. 

Tak hanya itu, fitur yang banyak disebut-sebut bakal hadir di iPhone terbaru adalah porta USB Type-C, alih-alih porta Lightning milik Apple. Pengalihan tersebut tak lepas dari kebijakan Uni Eropa untuk mendorong penggunaan kabel yang lebih universal.

Selain itu, masih ada beberapa rumor dan bocoran yang berpusat di produk iPhone 15 Series. Dilansir dari berbagai sumber dan analis teknologi, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi seri iPhone 15 dan iPhone 14. 
 

iPhone 15 vs iPhone 14 

Sebagai seri reguler atau paling basic, ada beberapa kesamaan dari kedua produk tersebut seperti ukurannya yang masih 6,1 inci, panel layar OLED dan refresh rate 60Hz. Namun, tak sedikit peningkatan yang akan dibawa di produk terbarunya. 

Satu yang jadi pembeda utamanya adalah dapur pacu dan sistem operasi. iPhone 14 masih menggunakan A15 Bionic (5nm) dengan iOS 16, sementara itu iPhone 15 bakal memakai A16 Bionic (4nm) plus sistem operasi iOS 17. RAM-nya masih sama-sama memakai konfigurasi 6GB, tapi di seri terbaru bakal menggunakan LPDDR5. 

Spesifikasi lain yang berbeda adalah kapasitas baterai. Akhirnya, Apple meningkatkan kemampuan baterai ponsel mereka termasuk untuk seri regulernya dari 3.279 mAh menjadi 3,877 mAh, atau sekitar 18 persen lebih besar. 
 

iPhone 15 Plus vs iPhone 14 Plus 

Sebagai seri kedua iPhone yang memakai nama Plus - perubahan dari iPhone Max, ada beberapa peningkatan yang dihadirkan di iPhone 15 Plus dari seri pendahulunya. Dua hal yang paling menonjol adalah dari segi chipset yang dipakai dan peningkatan resolusi kamera utama. 

Jika seri 14 masih memakai A15 Bionic, maka iPhone 15 Plus akan ditenagai oleh cip A16 Bionic yang lebih canggih. Selain itu, diperkirakan bakal ada perubahan pengaturan kamera. Keduanya masih akan mengaplikasikan konfigurasi dual camera, tapi resolusinya lebih tinggi yakni 48MP+12MP, dibandingkan 12MP+12MP. 

Selain itu, sebagian besar spesifikasi keduanya masih bakal tetap sama. Seperti ukuran ponsel 6,7 inci dan memori penyimpanan mulai dari 128GB. 
 

iPhone 15 Pro vs iPhone 14 Pro 

Seri Pro punya ukuran yang sama dengan seri Reguler. Akan tetapi, telah dibekali layar OLED dengan refresh rate hingga 120Hz. Selain itu, resolusi kamera utamanya juga naik dari 12MP menjadi 48MP dengan sensor-shift OIS dan PDAF, serta konfigurasi triple camera

Meski ukuran layarnya sama, tapi iPhone terbaru disebut punya bezel yang lebih tipis dengan bingkai titanium. Baterainya juga lebih besar dengan 3.650 mAh, naik dari 3.200 mAh pada seri sebelumnya. Tak ketinggalan, fitur pengisian daya dengan port Type-C akan mulai diterapkan.
 
Adapun, perbedaan utama seri Pro lama dan yang akan meluncur adalah cip yang dipakai. Jika iPhone 14 Pro memakai Bionic A16, maka iPhone 15 Pro kabarnya akan ditenagai dengan dapur pacu terbaru perusahaan, A17 Bionic. Tentunya perangkat terbaru itu juga akan langsung kebagian iOS 17 saat peluncurannya.  
 

iPhone 15 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max 

Masuk ke varian paling mutakhir dan bergengsi yakni Pro Max. Akan ada beberapa peningkatan spesifikasi dari generasi sebelumnya, yang cukup mencolok. Di antaranya adalah CPU atau cip A17 Bionic (3nm) yang siap jadi tenaga ponsel termahal itu, sekaligus memberikan efisiensi daya lebih baik. 

Bagian kamera belakangnya juga punya kemampuan yang berbeda. Sama-sama dibekali dengan lensa utama 48MP dan 12MP lensa ultra lebar, tapi iPhone 15 Pro Max diprediksi bakal punya fitur kamera periskop yang mampu melakukan pembesaran (zoom) hingga 6 kali lipat, meningkat dari iPhone 14 Pro Max yang hanya bisa 3 kali optical zoom

Selain itu, meski keduanya punya ukuran sama yakni 6,7 inci tapi baterainya berbeda jauh. Seri terdahulu hanya dibekali dengan baterai berukuran 4.323 mAh. Sementara itu, versi terbarunya bakal menyuguhkan kapasitas hingga 4.852 mAh. Seperti varian lain, porta pengisian dayanya juga berubah dari Lightning menjadi USB-C. 

Baca juga: Waspada Penipuan Jelang Rilis iPhone 15, Begini Modusnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rayakan Ulang Tahun, RM BTS Tulis Pesan Menyentuh untuk Army

BERIKUTNYA

Dior Luncurkan Edisi Terbatas Parfum J’adore L'Or Kolaborasi dengan Seniman Prancis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: