Ilustrasi rak buku-Tatiana (Dok. Pexels)

4 Tips Sederhana Menyimpan Koleksi Buku agar Rapi & Terawat

03 August 2021   |   06:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tidak dipungkiri saat ini eksistensi buku kian menurun seiring dengan berkembangnya teknologi yang menyebabkan masifnya e-book atau buku elektronik. Meskipun begitu, tak sedikit juga orang yang masih gemar membaca buku. Aroma, tekstur, dan sensasi membaca setiap baris dan menciptakan visual di kepala adalah inti yang mengasyikkan dari membaca buku.

Bagi kamu yang gemar membaca, pasti memiliki koleksi buku yang cukup banyak di rumah. Namun, perlu kiat khusus agar buku bisa tetap terjaga bentuknya untuk waktu jangka panjang. Nah, supaya enggak penasaran, berikut beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan buku dengan aman.

1. Pastikan ruang memiliki sirkulasi udara
Jika kamu memiliki rak untuk menyimpan koleksi buku, pastikan untuk meletakkannya di dekat ruang interior yang juga memiliki ruang untuk sirkulasi udara. Sebaliknya, menempatkan rak di dekat dinding luar dapat menyebabkan fluktuasi suhu dan pada gilirannya dapat menyebabkan buku menjadi rusak.
 

 Vidisha Sanghv

Ilustrasi rak buku-Vidisha Sanghv (Dok. Unsplash)


2. Pilih rak yang tepat
Saat memilih rak buku, pilihlah rak yang memungkinkan kamu bisa menyusun buku dengan baik dan rapi sehingga tidak ada buku yang rentan jatuh atau rusak. Pastikan ukuran rak sesuai dengan jumlah koleksi buku yang kamu punya.

3. Rawat sampul buku
Banyak buku yang memiliki sampul atau pelindung tambahan agar awet meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama. Namun, banyak orang yang melepasnya karena menganggapnya sebagai hiasan belaka. Padahal, pelindung tambahan buku seperti itu bisa melindungi buku dari debu dan goresan.

4. Susun dengan rapi
Saat menumpuk buku-buku, pastikan untuk menempatkannya sedemikian rupa sehingga batas tiap buku terlihat. Pastikan tidak ada halaman buku yang terlipat. Dalam menyusun buku, mulailah dengan menata buku dengan bentuk terbesar di bagian bawah dan susun buku seperti piramida.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Memberikan ASI jika Bunda Positif Covid-19

BERIKUTNYA

Asyik! Twitter Buka Akses Daftar & Log In lewat Akun Apple & Google

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: