Ilustrasi iphone (Sumber foto: Unsplash/blocks)

Perbandingan Kamera iPhone 15 Pro Max, S23 Ultra, Sony Xperia 5V, dan Huawei Mate 60 Pro

12 September 2023   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Apple dikabarkan akan mengeluarkan produk terbarunya, yaitu iPhone 15 pada ajang Apple Event 2023 pada 12 September nanti. Salah satu fitur yang digadang-gadang tersedia di gawai pintar  itu adalah kamera berteknologi lensa periskop.

Dikutip dari laman MacRumors, iPhone 15 Pro Max menjadi satu-satunya varian iPhone 15 yang akan menggunakan kamera berteknologi lensa periskop. Sementara model lainnya, yakni iPhone 15 Pro bakal menggunakan lensa zoom standar dan iPhone 15 hanya lensa wide dan ultra wide.

Baca juga: Akan Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasi dan Harga iPhone 15

Berbeda dengan ketiga model lainnya, teknologi lensa periskop akan membuat gawai pintar itu memiliki kemampuan zoom optik yang lebih tinggi dari lensa telefoto standar. Dengan begitu, kamera dapat melakukan pembesaran 5 atau 10 kali.

Keberadaannya berarti membuat model Pro Max mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan model iPhone 14 Pro yang hanya memilik keampuan zoom 3 kali.

Pengguna lensa periskop juga memungkinkan cahaya dipantulkan oleh cermin miring ke arah sensor gambar di kamera. Pergeseran arah itu memungkinkan sistem lensa telefoto “terlipat” untuk meningkatkan kemampuan optik zoom dengan tetap mempertahankan ketajamannya.

Kehadiran teknologi lensa periskop dalam iPhone 15 pro max akan menambah ketat persaingan di antara gawai pintar flagship.

Saat ini, sejumlah merek ponsel lain juga telah menyematkan teknologi kamera, yang dapat membuat penggunanya merasakan sensasi maksimal dalam fotografi. Berikut para pesaing iPhone 15 Pro Max dengan kamera yang juga memiliki kemampuan mumpuni dalam fotografi


1. S23 Ultra

 

(Sumber gambar: Samsung)

(Sumber gambar: Samsung)

S23 Ultra dari merek Samsung adalah gawai yang juga memanjakan para penggunanya dengan kamera mumpuni, dengan teknologi nightography. Perusahaan menyematkan kamera belakang yang terdiri dari 12 MP ultra-wide, 200 MP wide-angle, 10 MP telephoto camera 1 dengan 10 kali optical zoom, dan 10 MP telephoto camera 2 dengan 3 kali optical zoom. Sedangkan, pada kamera depan, terdapat 12 MP yang bisa digunakan untuk melakukan swafoto.

Kamera 200 MP wide-angle yang terpasang di S23 Ultra diklaim akan membuat gambar tetap jernih ketika melakukan zoom terhadap objek yang hendak difoto. Perusahaan menyebut menggukan sensor piksel adaptif baru yang menghasilkan galeri penuh dengan foto 200 megapixel.


2. Sony Xperia 5V

 

(Sumber gambar: Sony)

(Sumber gambar: Sony)

Selain Samsung S23 Ultra dan iPhone 15 Pro Max, gawai pintar lainnya yang akan menjadi saingan dari iPhone 15 Pro Max terkait kamera adalah Sony Xperia 5V. Ponsel ini menjadi flagship bagi perusahaan.

Gawai dari Sony tercatat ini memiliki dua kamera belakang dengan kamera utama memiliki resolusi 52 MP. Sementara itu, kamera kedua berupa ultra wide dengan resolusi 12 MP dan sudah dilengkapi dengan teknologi autofokus.
 

3. Huawei Mate 60 Pro

 

(Sumber foto: Huawei)

(Sumber foto: Huawei)

Huawei Mate 60 Pro adalah saingan lainnya bagi iPhone 15 Pro Max terkait dengan kamera. Gawai flagship dari perusahaan asal China tersebut mendapatkan kamera resolusi 50 MP dengan OIS dan diafragma yang bisa diubah.

Kemudian, terdapat juga sensor ultrawide angle 12 MP, dan telefoto beresolusi 48 MP juga dengan OIS. Huawei Mate 60 Pro juga telah memiliki zoom optik sampai dengan 3,5 kali dan digital zoom mencapai 100 kali.

Baca juga: Menjelang Peluncuran, Cek Perbandingan Seri iPhone 15 vs iPhone 14

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Resep Klepon Kenyal & Lumer

BERIKUTNYA

Digemari Semua Kalangan, Simak Perbedaan Olahraga Futsal & Sepak Bola 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: