Pecel sayur makanan khas Jawa Timur (Sumber: pexels)

Enggak Hanya Enak, 6 Makanan Khas Daerah Ini Juga Punya Manfaat Kesehatan Loh

11 September 2023   |   14:30 WIB
Image
Hanifa Khayla Putri Mahasiswi Universitas Pembangunan Jaya

Like
Indonesia adalah negara yang kaya akan pulau. Dengan banyaknya pulau di Indonesia tentunya melahirkan keanekaragan budaya dan kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas daerahnya masing-masing dengan cita rasa unik dan lezat.

Dibumbui dengan bahan baku dan rempah-rempah khas daerahnya, hidangan tersebut tidak hanya menggugah selera, namun juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Nah Genhype, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita jelajahi beberapa makanan khas daerah yang tak hanya menggiurkan tetapi juga memiliki manfaat.

Baca juga: 7 Makanan Khas Okinawa yang Jadi Rahasia Umur Panjang Penduduknya


1. Papeda khas daerah Papua

Makanan khas daerah Papua ini terbuat dari bahan baku sagu. Biasanya menu ini dimakan dengan kuah ikan. Papeda memiliki karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama, dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan rasa kenyang yang berkepanjangan.

Berbahan dasar sagu yang kaya akan serat, papeda bagus untuk pencernaan. Serat dapat menjaga kesehatan usus, mengurangi risiko penyakit usus juga membantu mencegah sembelit. Tidak hanya serat, papeda juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, fosfor, zat besi, kalsium dan magnesium.


2. Pecel Sayur khas daerah Jawa Timur

Pecel terdiri atas berbagai macam sayuran seperti taoge, daun singkong, kol, kacang panjang dan bayam yang biasa dihidangkan dengan saus kacang. Sayuran pada pecel ini kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Seperti tauge yang kaya akan vitamin E, kolmengandung vitamin C, kacang panjang dapat membantu penderita diabetes dengan meminimalisir gula darah, dsb.

Saus kacang yang berasal dari kacang tanah juga mengandung protein nabati dan lemak sehat. Protein ini cocok untuk menurunkan kolestrol dan menjaga anda tetap sehat saat diet. Dengan rempah-rempah pada saus kacang, pecel banyak mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penyakit.


3. Lemang khas daerah Sumatra Barat

Makanan khas Sumatra Barat ini terbuat dari ketan yang dimasak dalam bambu. Dengan proses masak yang unik, lemang menciptakan aroma dan rasa yang khas. Tidak hanya itu lemang juga memiliki banyak manfaat dan biasa dihidangkan saat upacara adat dan perayaan tertentu.

Terbuat dari bahan dasar ketan, lemang memberikan energi yang cukup bagi tubuh sebab sumber karbohidrat yang tinggi. Ketan juga mengandung sejumlah nutrisi, mulai dari protein, fosfor dan selenium. Selenium berfungsi dalam mengontrol hormon tiroid agar kelenjar tiroid terjaga, menjaga fungsi pembuluh darah dan menangkal masuknya radikal bebas agar sel tubuh tetap terjaga.


4. Lontong Sayur khas daerah Betawi, Jakarta

Mungkin kita tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini, makanan tradisional Indonesia khas Betawi ini terbuat dari lontong yang disajikan dengan kuah sayur. Terdiri dari kacang panjang hingga labu siam, sayur-sayuran dalam kuah memuat vitamin A, C, zat besi serta mineral yang menunjang pertumbuhan dan pembentukan sel darah merah.

Santan yang ada dalam kuah lontong sayur juga berisi asam lemak yang sehat. Hal tersebut adalah bagian penting yang dapat mendukung kesehatan jantung dan pola makan yang seimbang. Tahu dan tempe juga kerap kali menjadi bagian dalam hidangan ini, yang dapat menunjang perbaikan jaringan tubuh dengan proteinnya.


5. Rendang khas daerah Padang, Sumatra Barat

Makanan khas Sumatra barat yang hampir dikenal mancanegara ini dimasak dengan rempah-rempah khas Minangkabau dan santan. Berbahan dasar daging sapi, rendang memuat zat besi yang penting untuk mencegah kekurangan darah atau anemia.

Rempah-rempah yang terdapat dalam rendang seperti kayu manis yang memberi rasa manis alami dan mencegah tekanan darah yang tinggi serta kunyit yang mencegah peradangan dalam tubuh sebab kandungan anti inflamasi. Rendang juga kaya akan mineral yang akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, mulai dari fosfor, magnesium, kalsium, selenium dan sebagainya.


6. Rujak Cingur khas daerah Surabaya, Jawa Timur

Hidangain ini bukan hanya sekadar makanan khas daerah yang memiliki manfaat, rujak cingur juga merupakan bagian penting dari budaya kuliner Jawa Timur. Hidangan ini sering disuguhkan pada acara tradisional, perayaan dan acara sosial.

Rujak cingur adalah campuran buah dan sayuran dengan tambahan cingur. Cingur sendiri adalah makanan olahan mulut sapi. Terdiri dari sayuran dan buah, cingur memiliki serat tinggi yang baik untuk pencernaan dan menjaga perut kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam sayuran rujak cingur juga membantu mengatasi sembelit dan konsistensi tinja yang mendukung kesehatan pencernaan.

Itulah beberapa makanan khas daerah yang tidak hanya memberikan kenikmatan bagi lidah tapi juga bagi tubuh kita. Namun, perlu di ingat juga ya Genhype kalo semua itu ada porsinya! Konsumsilah makanan dengan bijak dan seimbang sembari menikmati kelezatan serta manfaatnya. 

Baca juga: 3 Resep Makanan Khas Betawi yang Lezat & Mudah Dibuat

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Deretan Taman-taman untuk Liburan Murah di Jakarta

BERIKUTNYA

Kuasai Pasar, Ini Indikator Keberhasilan Bisnis di Lokapasar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: