Ilustrasi taman. (Sumber gambar: Pexels/Matthias Zomer)

Deretan Taman-taman untuk Liburan Murah di Jakarta

11 September 2023   |   11:11 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Liburan sering kali dikaitkan dengan perjalanan jauh yang memerlukan pengeluaran besar, termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan lain sebagainya. Namun, sebenarnya, pengalaman liburan yang memuaskan bisa ditemukan tanpa harus pergi jauh, bahkan di dalam kota dengan biaya yang lebih terjangkau.

Di Jakarta, ibu kota kita, terdapat berbagai taman kota yang menjadi destinasi ideal bagi warga yang ingin melepaskan stres setelah beraktivitas. Di tempat-tempat ini, kalian bisa menikmati suasana yang hijau, keindahan beragam tanaman, dan lain-lain.

Pemerintah setempat telah berinvestasi dalam pembangunan taman-taman kota yang beragam konsep dan desainnya. Ini memberikan kesempatan bagi warga untuk menikmati hari mereka sambil melakukan berbagai kegiatan di tengah keindahan alam dan lingkungan yang terpelihara.

Baca juga: Cari yang Hijau-hijau, Cek 4 Taman Instagramable di Jakarta

Selain memberikan ketenangan pikiran, bermain bersama keluarga atau orang yang kita cintai dalam aktivitas di taman-taman ini juga dapat mempererat hubungan kita. Keuntungan lainnya adalah kemudahan aksesibilitas taman-taman ini karena berlokasi di dalam kota.

Kalian dapat mencapai tempat tersebut dengan berbagai pilihan transportasi, mulai dari Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), LRT, JakLingko, hingga menggunakan kendaraan pribadi.

Keberadaan taman-taman ini yang dekat dengan tempat tinggal juga berarti biaya yang perlu dikeluarkan jauh lebih terjangkau daripada liburan di luar kota atau bahkan ke luar negeri. Dengan biaya transportasi yang lebih murah, kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk penginapan.

Untuk makanan, kalian dapat membawa bekal dari rumah untuk menjaga kesehatan dan menghemat biaya. Namun, jika ingin lebih bervariasi, biasanya terdapat berbagai pilihan tempat makan di sekitar taman kota yang dapat menjadi solusi saat lapar datang.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut taman-taman kota di ibu kota negara yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur.


1. Taman Bambu

Taman kota lainnya yang dapat menjadi tempat untuk mengisi liburan murah di ibu kota berada di Cipayung, Jakarta Timur, yakni Taman Bambu. Suasana alam dan asri begitu terasa ketika kita berada di taman yang kerap menjadi tujuan bagi warga lokal untuk menghabiskan hari pada sore.

Sejumlah fasilitas penunjang juga tersedia di taman ini, seperti sarana bermain anak, gazebo, dan sebagainya. Untuk menuju tempat ini, Genhype bisa memanfaatkan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa bekal dan keperluan lain selama berada di taman, seperti kamera guna mengabadikan kegiatan bersama keluarga.


2. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya menjadi tempat lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi Genhype untuk menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran setelah melakukan aktivitas penuh di kantor.

Terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Taman Tabebuya dapat memberikan suasana berbeda ibu kota. Dengan luas lebih dari 9.000 meter persegi, Genhype akan mendapatkan suasana asri dan rimbun pepohonan.

Berbagai fasilitas seperi gazebo juga dapat dimanfaatkan untuk bersantai di tempat ini bersama keluarga. Untuk masuk ke dalamnya, kalian tidak perlu mengeluarkan uang atau melakukan pemesanan terlebih dahulu.


3. Taman Spathodea

Masih di Jagakarsa dan tidak jauh dari Taman Tebebuya, terdapat Taman Spathodea yang juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur di ibu kota. Selain tanaman bunga dan danau kecil yang ada di dalamnya, tempat ini juga menyajikan tempat bermain anak dan sarana olahraga.

Dengan begitu, maka beragam kegiatan dapat dilakukan oleh Genhype bersama dengan keluarga ketika mengunjunginya. Rerumputan yang hijau dan pohon-pohon yang menjulang tinggi membuat taman ini terlihat begitu asri.

Berada di dalamnya tentu dapat membuat kalian berasa seperti sedang tidak berada di Jakarta yang identik dengan macet, panas, dan jauh dari suasana asri.


4. Tebet Eco Park

Taman pertama yang bisa menjadi pilihan Genhype untuk berlibur di DKI Jakarta adalah Tebet Eco Park. Tempat ini mengusung konsep yakni, fungsi ekologi, ruang sosial, dan tempat edukasi serta rekreasi.

Tebet Eco Park menjadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum secara gratis. Buka dari pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB, kalian dapat menikmati berbagai macam bunga dan binatang di tempat ini.
1
2


SEBELUMNYA

7 Film Animasi Ghibli dengan Rating Tertinggi, Spirited Away sampai Kiki's Delivery Service

BERIKUTNYA

Enggak Hanya Enak, 6 Makanan Khas Daerah Ini Juga Punya Manfaat Kesehatan Loh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: