Film The Nun 2 (Sumber Foto: iMdb)

9 Urutan Film di Semesta The Conjuring, Wajib Nonton Sebelum The Nun 2

06 September 2023   |   00:28 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Teror Valak belum berakhir, kali ini iblis biarawati tersebut muncul kembali dalam film The Nun 2 yang rilis pada 6 September 2023 di seluruh bioskop Indonesia. Sebagai sekuel dari The Nun (2018), film ini akan menceritakan 4 tahun setelah Suster Irene (diperankan oleh Taissa Farmiga) mengalami teror mengerikan dari Valak.

Bagi Genhype yang belum tahu, The Nun 2 merupakan salah satu film yang tergabung dalam semesta The Conjuring atau The Conjuring Cinematic Universe (CCU). Maka tak heran jika cerita dalam The Nun 1 & 2 akan berkaitan dengan film-film CCU lainnya seperti Annabelle, The Conjuring, dan The Curse of La Llorona.  

Apabila diurutkan berdasarkan alur ceritanya, berikut adalah urutan film di Conjuring Cinematic Universe. Mulai dari The Nun (2018) sampai The Nun 2 (2023). Yuk, simak apa saja filmya. 

Baca juga: Sinopsis The Nun 2 yang Tayang September 2023, Teror Valak Belum Berakhir


1. The Nun (2018) 

The Nun memiliki latar waktu 1952 di Rumania. Saat itu dua biarawati di Carta Monastery diserang oleh kekuatan misterius saat memasuki terowongan untuk mengambil pusaka peninggalan kekristenan. Salah satu suster yang selamat, yakni suster Victoria dikejar oleh Valak, lalu kemudian menggantung dirinya sendiri. 

Vatikan lantas memanggil Pastor Burke untuk melakukan perjalanan ke Rumania bersama Suster Irene guna menginvestigasi peristiwa tersebut. Diceritakan Valak merasuki tubuh Frenchie, warga desa yang mengangkut persediaan untuk para biarawati Pada akhir film, 20 tahun kemudian tampak Ed dan Lorraine Warren yang memperlihatkan video pengusiran setan Frenchie di sebuah seminar salah satu universitas.
 

2. Annabelle: Creation (2017)

Karakter iblis lainnya di semesta The Conjuring adalah Annabelle, boneka menyeramkan dengan mata bulat dan senyum menyeringai tersebut pertama muncul di The Conjuring (2013). Annabelle: Creation sebetulnya adalah sekuel dari Annabelle (2014), di film ini penonton akan dibawa ke 1955 ketika boneka Annabelle pertama kali dibuat dan siapa iblis yang merasukinya.

Film ini memiliki latar era 1943, diceritakan seorang pembuat boneka bernama Samuel Mullins dan istrinya Esther berduka atas hilangnya putri mereka yang berusia tujuh tahun, Annabelle 'Bee', yang tewas dalam kecelakaan mobil. Kemudian mereka membuat boneka Annabelle sebagai pengganti putrinya.

Adegan post-credit film Annabelle: Creation memperlihatkan latar waktu pada 1952, saat Valak berjalan di aula Carta Monastery di Rumania, setiap lilin yang dilewatinya satu persatu padam.


3. Annabelle (2014)

Film Annabelle memiliki latar waktu pada 1967. Diceritakan sepasang suami istri John dan Mia Form tinggal di Santa Monica dan sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka. John memberinya hadiah boneka, yakni Annabelle. Iblis yang merasuki boneka tersebut nyatanya menghantui keluarga John dan Mia.

Pada akhir film diperlihatkan bahwa boneka Annabelle berada di sebuah museum milik Ed dan Lorraine Warren. Boneka tersebut diberkati oleh pastor dua kali dalam sebulan untuk mengunci iblis jahat di dalamnya.
 

4. The Conjuring (2013)

The Conjuring akan memperkenalkan Ed dan Lorraine Warren, suami istri yang berprofesi sebagai cenayang. Film ini akan memperlihatkan banyak adegan yang berkaitan dengan The Nun dan seri Annabelle. Diceritakan pada 1971, Carolyn dan Roger Perron pindah ke sebuah rumah pertanian tua di Harrisville, Rhode Island.

Kejadian misterius mulai menimpa keluarga mereka. Carolyn melihat sesosok makhluk gaib seperti wanita tua yang menyerang salah satu putrinya. Carolyn menghubungi Ed dan Lorraine Warren untuk mengusir mahluk gaib tersebut.
 

5. Annabelle Comes Home (2019)

Annabelle Comes Home melanjutkan adegan di akhir film pertamanya ketika boneka Annabelle dibawa pulang ke rumah keluarga Ed dan Lorraine Warren. Namun, seorang remaja bandel masuk ke ruangan tersebut dan iseng membuka kunci lemari. Annabelle pun membangunkan semua roh jahat yang ada di ruangan itu. Putri Ed dan Lorraine Warren, Judy serta temannya menjadi target teror Annabelle dan iblis jahat lainnya.


6. The Curse of La Llorona (2019)

The Curse of La Llorona sebetulnya dibuat sebagai film standalone yang tidak ada kaitannya dengan semesta The Conjuring. Namun ada karakter bernama pastur Perez yang pernah muncul di film Annabelle sehingga membuat cerita dalam film ini berhubungan. The Curse of La Llorona menceritakan iblis yang ada di boneka Annabelle.

Film ini memiliki latar waktu di Los Angeles, 1973. Seorang polisi bernama Anna Tate-Garcia menyelidiki kasus Patricia yang diduga melakukan kekerasan terhadap dua anaknya dengan mengunci mereka di dalam lemari.

Patricia akhirnya dibawa ke kantor polisi sementara anak-anaknya dibawa ke tempat penampungan anak. Padahal, saat itu patricia sedang melindungi kedua anaknya dari iblis jahat bernama Lla Lorona.
 

7. The Conjuring 2 (2016)

The Conjuring kembali mengisahkan Ed dan Lorraine Warren yang menyelidiki hantu di rumah keluarga Hodgson di Enfield, pinggiran kota London. Di rumah itu tinggal seorang ibu tunggal bernama Peggy Hodgson dan 4 anaknya yaitu Margareth, Janet, Billy, dan si bungsu Johnny.

Suatu hari, Janet iseng bermain papan Ouija untuk menanyakan satu hal mengenai Ayahnya pada roh. Usahanya berakhir sia-sia, namun Janet malah membuka portal antara dunia roh dan manusia. Janet memanggil roh seorang kakek tua yang ternyata adalah pemilik rumah keluarga Hodgson sebelumnya.


8. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)


The Conjuring: The Devil Made Me Do It  merupakan seri ketiga dari waralaba The Conjuring. FIlm ini berada pada latar waktu era1981 saat Ed dan Lorraine Warren diminta untuk mendampingi prosesi eksorsis terhadap seorang anak kecil bernama David Glatzel. 

Prosesi eksorsis pun disetujui oleh Vatikan, kemudian ada seorang pastur yang diminta melakukan pengusiran setan. Namun sayang, setan yang dihadapinya ini sangat kuat. Proses eksorsis pun kacau sampai mengancam keselamatan Ed dan Lorraine Warren.
 

9. The Nun 2 (2023)



Film The Nun 2 akan tayang 6 September seluruh di bioskop Indonesia. Film ini memiliki latar waktu 4 tahun setelah kejadian di Rumania. Trailernya memperlihatkan kehidupan Suster Irene yang mulai berubah karena Valak kembali datang untuk menerornya pada 1956 di Prancis. Melanjutkan adegan di film pertamanya, ternyata Valak bersembunyi di dalam tubuh Frenchie yang identitasnya terungkap sebagai Maurice.

Kira-kira seperti apa kelanjutan kisahnya, saksikan di film The Nun 2.

Baca juga: Genre Horor Masih Jadi Primadona, Bisakah Jadi Identitas Film Indonesia?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Duet Abayy dan Dutzz Dorong RRQ Kazu Puncaki Klasemen FFML Season 8 Week 1, Cek Recap-nya

BERIKUTNYA

Mengintip Koleksi Modest Fesyen Spring-Summer 8 Desainer Tanah Air yang Tampil di Paris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: