Pendapatan Barbie akan terus bertambah mengingat masih tayang di sejumlah bioskop. (Sumber gambar: Warner Bros)

Barbie Puncaki Box Office Dunia 2023

04 September 2023   |   12:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film Barbie garapan Sutradara Greta Gerwig berhasil menduduki puncak box office dunia setelah tayang di bioskop sejak 19 Juli 2023 silam. Karya yang dibintangi oleh Margot Robbie ini menggeser The Super Mario Bros. Movie yang sebelumnya menjadi yang terlaris pada tahun ini. 

Barbie mengokohkan posisinya sebagai film paling laris yang rilis pada 2023 setelah berhasil meraih US$1,38 miliar dari seluruh dunia. Pendapatan itu membuat The Super Mario Bros. Movie yang selama ini menjadi paling laris menempati posisi kedua dengan penghasilan kotor sebesar US$1,36 miliar.

Perolehan film Barbie itu berpotensi terus mengalami peningkatan mengingat saat ini masih tayang di banyak bioskop di sejumlah negara. 

Baca juga: Salip The Super Mario Bros, Barbie Jadi Film Paling Laris Tahun Ini

Berdasarkan data laman Box Office Mojo, kinerja karya yang juga dibintangi oleh Ryan Gosling itu didorong oleh penonton dari pasar internasional. Tercatat, komposisi penghasilan Barbie dari pasar luar negeri mencapai 55,9 persen  dengan nilai US$771,5 juta.

Sementara dari pasar domestik, Barbie mampu mendulang pendapatan kotor sekitar US$609,5 juta atau 44,1 persen. Jika pada umumnya banyak film berharap dari pasar China, karya yang mengambil inspirasi dari boneka dengan nama yang sama itu tidak demikian.

Pasar China yang menayangkannya mulai 21 Juli 2023 hanya memberikan kontribusi sebesar US$34,9 juta dengan opening US$8,1 juta. Film ini berhasil mengukuhkan pendapatan terbesar dari Inggris, yakni US$112,1 juta.

Setelah itu, Barbie meraih pendapatan sebesar US$54,3 juta dari Meksiko. Selain itu, ada juga Australia dan Jerman yang masing-masing memberikan penghasilan kotor sebesar US$53,3 juta dan US$50,43 juta.

Kinerja yang diperoleh oleh Barbie itu juga membuatnya masuk dalam 20 besar film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Dia berhasil menempati posisi 15, tepat berada di bawah Avengers: Age of Ultron yang menempati peringkat 14.

Kemudian, film yang melakukan debut di pasar domestik Amerika Utara pada 19 Juli 2023 silam itu juga teracatat mengungguli film lainnya, seperti Black Panther, Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi, dan Jurassic World : Fallen Kingdom.

Keberhasilan Barbie dengan pendapatannya itu juga membuat jumlah film 2023 yang masuk 20 besar terlaris sepanjang masa bertambah. Selain Barbie, The Super Mario Bros. Movie lebih dahulu masuk 20 besar dengan menempati posisi 16.

Untuk diketahui, Barbie bercerita tentang kehidupan para Barbie yang memiliki karakter berbeda-beda. Semua perempuan dipanggil Barbie dan laki-laki dipanggil Ken, tetapi mereka dapat saling mengenal.

Aktor dan aktris yang bermain dalam film ini antara lain Margot Robbie, Isa Rae, Kate McKinnon, Alexandra Ship, Emma Mackey, Dua Lipa, Ana Cru Kayne, Nicola Coughlan, Hari Nef, dan Sharon Rooney. Semua wanita itu memerankan karakter sebagai Barbie.

Sementara itu, pemeran Ken adalah Ryan Gosling, Simu Liu, Ncuti Gatwa, Kingsley Ben-Adir, Scott Evans, dan John Cena. Dalam film ini, sang sutradara, yakni Greta Gerwig juga ikut menjadi penulis naskah bersama dengan Noah Baumbach.

Baca juga: Baru 2 Pekan Rilis, Barbie Jadi Film Ketiga dengan Pendapatan Tertinggi 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

8 Tim Lolos ke Perempat Final FIBA World Cup 2023, Cek Jadwal & Link Streaming Pertandingan

BERIKUTNYA

Menilik Sejarah dan Kemegahan JCC yang Akan Jadi Tempat Pelaksanaan KTT ASEAN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: