Perawatan kulit ( (Ilustrasi-Freepik)

Begini Cara yang Benar Merawat Kesehatan Kulit dari Luar & Dalam

01 August 2021   |   13:17 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Memelihara kesehatan kulit sebenarnya sama pentingnya dengan memelihara kesehatan tubuh loh Genhype. Dengan mengetahui kondisi kulit dan perawatan yang tepat, kita bisa mengetahui juga kondisi kesehatan sekaligus merawatnya dengan menjaga asupan yang mendukung kesehatan kulit maupun kebugaran tubuh.

Perawatan kulit pada umumnya hanya mengandalkan dari sisi luar saja dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang banyak dipasarkan. Padahal, asupan dan gaya hidup lah yang memengaruhi cukup dominan terhadap kondisi kesehatan kulit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Bamed Skin Care Conny Melly R. menjelaskan perawatan kulit dibutuhkan oleh setiap orang apalagi bagi mereka yang memiliki tipe kulit tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus.

Cara paling mudah adalah dengan memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan tipe kulit, misalnya kulit berminyak, kulit sensitif, atau kulit kering. Dengan mengenali karakter kulit, kita juga bisa mengatasi masalah kesehatan dan memperbaikinya.
 
Jika sedang berjerawat, sebaiknya menghindari atau meminimalkan penggunaan makeup, atau jika saat pandemi seperti ini kita wajib menggunakan masker, sebaiknya tidak menggunakan makeup untuk mengurangi risiko munculnya jerawat dan masker sebaiknya diganti setiap 4 jam,” ujar Conny, beberapa waktu lalu.
 
Dalam upaya merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah, Conny menyarankan agar perawatan harus dilakukan dari dalam maupun dari luar. Perawatan dari dalam bisa dengan menjaga pola hidup sehat. Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan.

1. Makanan bergizi dan kaya vitamin.
Mengkonsumsi makanan bergizi caranya dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi makanan dengan kadar gula atau kadar indeks glikemik yang tinggi.
 
2. Tidur cukup. 
Memenuhi jam tidur yang cukup setiap hari sesuai kebutuhan orang dewasa sekitar 7-8 jam sehari akan menjaga kesehatan kulit. Kita mungkin pernah mengalami apabila kekurangan waktu tidur malam muka terlihat agak pucat dan kurang segar. Di samping itu, tidur cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan imunitas tubuh, dan kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh, serta menjaga daya ingat dan suasana hati.

3. Kendalikan stres.
Mengurangi dan menghindari faktor pemicu stres sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagaimana kita ketahui, stres memang menjadi faktor dominan yang memengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Jadi penting sekali untuk mengendalikan stres, salah satunya bisa dengan melakukan meditasi.

4. Berolahraga rutin.
Semua sepakat. menjaga kebugaran tubuh dan penampilan harus dilakukan dengan aktivitas fisik secara rutin terutama dengan berolahraga. Adapun porsi olahraga setiap orang akan berbeda-beda. Umumnya, merekomendasikan 150 menit dalam seminggu atau sekitar 30 menit sehari dan dilakukan sebanyak 3-5 kali seminggu. Jenis olahraga pun harus disesuaikan dengan kemampuan dimulai dari yang ringan, lalu bisa naik sedikit demi sedikit ke jenis olahraga yang sedang dan berat seperti berlari.

5. Konsumsi antioksidan.
Pentingnya mengonsumsi vitamin atau antioksidan secukupnya. Adapun antioksidan alami juga bisa didapatkan dari beberapa makanan dan minuman seperti buah dan sayuran seperti apel, jeruk, mangga, manggis, jambu, sirsak, bayam, dan brokoli, serta teh, cokelat hitam, dan kedelai.
 
Adapun untuk perawatan dari luar yang bisa dilakukan sehari-hari.

1. Membersihkan wajah. 
Penting bagi kita membersihkan wajah secara rutin dengan produk yang sesuai.

2. Gunakan pelembap.
Memakai pelembap sesuai jenis kulit. Adapun kulit berjerawat atau berminyak sebaiknya memakai pelembap berbentuk gel atau lotion yang berbahan dasar air. Sementara untuk kulit kering bisa memakai produk perawatan kulit berbahan dasar minyak berbentuk cream atau oil.
 
3. Pelindung dari sinar matahari.
Menggunakan sunscreen berspektrum luas dan sebaiknya direplikasi secara rutin setiap 2-4 jam.

4. Perawatan ke dokter.
Melakukan exfoliasi secara rutin namun tidak berlebihan. Selain perawatan sehari-hari di rumah, dapat juga melakukan perawatan ke dokter untuk mengatasi kulit kusam dan melakukan peeling kimiawi, mikrodermabrasi dan juga laser. “Seberapa rutin atau sering ke dokter untuk melakukan perawatan tergantung dari masalah kulit pasien, namun umumnya waktu ideal adalah sebulan sekali,” tutur Conny. (Sumber: Bisnis Weekly Januari 2021)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Keren, Masker Atlet Olimpiade Nike Bikin Pernapasan Lebih Plong

BERIKUTNYA

Netizen Kudu Tahu WWW, Hari Ini Pengubah Sejarah Internet Itu Diperingati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: