Pengunjung menyaksikan tarian tradisional di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (26/4/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati).

Wajah Baru Taman Mini Indonesia Indah, Cek Ragam Fasilitas & Harga Tiket Masuknya

02 September 2023   |   13:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Keindahan alam Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan berjajar pulau-pulau yang indah. Selain pesona alam, Indonesia pun menyimpan sejuta flora dan fauna yang beragam jenis, mulai dari flora dan fauna yang dapat kita jumpai di mana-mana hingga yang hampir puna.

Biasanya untuk menikmati keindahan alam yang tersebar di bumi pertiwi ini, Genhype harus banyak merogoh biaya dan waktu, tetapi kali ini kalian dapat mengunjungi Indonesia dalam satu waktu tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.  Hal ini karena Taman Mini Indonesia Indah telah kembali hadir.

Baca juga: Bisa Sewa, Begini Cara Asyik Sepedaan di TMII saat Libur Sekolah

Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat TMII ini, kembali dibuka pada 1 September 2023, dengan menghadirkan berbagai fasilitas dan keunikan nya yang dapat kalian nikmati. Pada pembukaan TMII, berbagai acara pun dihadirkan untuk memeriahkan dan menghibur pengunjung.

Saat pembukaan, antusias wisatawan sangat tinggi hingga menimbulkan antrian yang cukup panjang di area pintu masuk TMII.  Hal ini dikarenakan pada hari peresmian,  tempat wisata ini dibuka  gratis bagi pengunjung. Wisatawan yang hadir pada peresmian mulai berbondong-bondong ke berbagai tempat, misalnya ada yang ke taman flora dan fauna, museum-museum, anjungan rumah adat, dan juga replika pulau Indonesia yang berada di tengah TMII yang dihiasi dengan air mancur.

Konsep lokasi wisata yang menghadirkan keindahan alam, budaya, dan kuliner dalam satu tempat, membuat taman ini sebagai tempat melepas rindu bagi para perantau dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh sebab itu, saat memasuki area taman kalian akan melihat megahnya 33 anjungan daerah yang berisi rumah-rumah adat dari ujung timur  hingga barat Indonesia.Pada beberapa tempat juga terlihat ditanami berbagai jenis tumbuh-tumbuhan seperti bunga, rerumputan, dan juga pepohonan yang  rimbun.

Berbagai Fasilitas di Taman Mini Indonesia Indah
Genhype, yang ingin menghabiskan waktu untuk rekreasi bersama keluarga, TMII sangat direkomendasikan untuk kalian. Berbagai fasilitas juga tersedia untuk membantu kalian ketika membawa anggota keluarga seperti si kecil dan juga orang tua. Beberapa fasilitas yang terdapat di di Taman Mini Indonesia Indah, misalnya 
  1. Bangunan Hotel.
  2. Restoran.
  3. Tempat kerajinan tangan dan galeri.
  4. Sewa gedung dan kendaraan umum.
  5. Area parkir.
  6. Kursi roda.
  7. Toilet.
  8. Tempat duduk.
  9. Pusat perbelanjaan makanan.
  10. Angling umum dan prioritas.
  11. Taman bermainan anak-anak.
  12. Masjid dan musala.
  13. Taman flora dan fauna.
Masih banyak lagi fasilitas yang disediakan oleh TMII untuk menunjang liburan kalian. Dengan hanya merogoh dana yang tidak banyak, kalian sudah mampu melihat replica keindahan Indonesia dalam satu tempat.


Harga Tiket dan Waktu Operasional taman Mini Indonesia Indah

Untuk dapat menikmati keindahan taman mini ini, kalian hanya perlu menyiapkan biaya tiket yang kurang dari Rp60.000,00. Berikut adalah harga tiket masuk taman mini Indonesia yang dilansir dari situ TMII.
  • Harga tiket masuk manusia: Rp25.000,00 per orang.
  • Harga tiket masuk mobil: Rp35.000,00.
  • Harga tiket masuk motor: Rp15.000,00.
  • Harga tiket sepeda sebesar: Rp10.000,00.
  • Harga tiket truk atau bus: Rp60.000,00.

Selain itu, kalian juga perlu memperhatikan waktu operasionalnya, nih Genhype. Bagi kalian yang akan mengunjungi tempat wisata ini, waktu operasionalnya dimulai dari
  • Waku operasional TMII dibuka  jam 05:00-17:00.
  • Waktu operasional wahana bermain dibuka Jam 08:00-17:00.
 
Nah, Genhype itu dia beberapa fakta, menarik dari wajah baru Taman Mini Indonesia Indah, yang kembali dibuka dan menghadirkan berbagai fasilitas menarik yang dapat kalian nikmati bersama keluarga tercinta.
 
Baca juga: Menengok Sejarah TMII, Primadona Wisata Jakarta yang Sempat Jadi Polemik

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jakarta Art Hub, Tempat Asyik Buat Gallery Date dan Apresiasi Seni

BERIKUTNYA

Pengalaman Menyusuri Ibukota dengan Transportasi Pintar LRT Jabodebek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: