Hian Tjen. (Sumber gambar: Hiantjen.com)

Eksklusif Profil Desainer Hian Tjen: Merajut Elegansi Tanpa Batas

02 September 2023   |   04:07 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Karya Hian Tjen selalu menjadi sorotan dalam dunia fashion yang dipenuhi dengan keunikan dan eksplorasi kreatif. Ketika selebriti perempuan menikah, muncul pertanyaan di benak publik apakah mereka mengenakan karya dari perancang busana berbakat ini.

Hian Tjen telah menjelma menjadi salah satu ikon tak tergantikan dalam industri fashion. Perjalanan kariernya yang dimulai pada tahun 2008 telah membuktikan dirinya sebagai salah satu tokoh utama dalam kategori busana pengantin dan pakaian malam.

Perjalanan pria asal Kalimantan Barat ini dalam dunia fashion dimulai pada 2008 dengan layanan desain door-to-door. Namun, apa yang dimulai sebagai usaha kecil dengan layanan pribadi ini segera berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar.

Baca juga: Profil & Karya-karya Hian Tjen, Desainer Kreatif di Balik Gaun Pernikahan Para Selebriti

Puncak pencapaiannya datang pada 2015, ketika Hian Tjen diberikan kehormatan untuk mendesain gaun pertama bagi klien terkemuka, yaitu Chelsea Olivia. Seiring dengan penyebaran informasi yang semakin luas, bisnisnya berkembang pesat.

Cuitan tentang karya-karyanya menyebar dengan cepat, dan dia mulai menarik perhatian klien-klien terkemuka. Dalam waktu singkat, merek Hian Tjen semakin dikenal dan diminati. Kecintaan dan bakatnya dalam dunia fashion tercermin dalam setiap rancangan yang diciptakannya, yang telah menarik banyak perhatian dan pujian.

Mengapa tidak? Karena tak hanya sekadar merancang gaun-gaun pengantin dan pakaian malam, dia juga bersemangat dalam membantu para kliennya mewujudkan gaun impian mereka.

Proses kreatifnya melibatkan kolaborasi antara perancang dan klien, mulai dari pemilihan desain, warna, hingga pemilihan bahan-bahan yang digunakan. Melalui serangkaian fitting pribadi, para klien dapat memastikan bahwa gaun yang diciptakan sesuai dengan visi mereka.

Keanggunan dan kemewahan terpancar dalam setiap gaun yang dirancang oleh Hian Tjen. Siluet yang memukau dan konstruksi modern menjadi ciri khasnya. Dia mampu menciptakan gaun-gaun yang sederhana namun memukau, menunjukkan bahwa keindahan tidak selalu harus rumit.

Gaun-gaunnya tidak hanya menceritakan kisah indah, tetapi juga menggambarkan kepribadian dan karakteristik unik dari setiap individu.

Bagi Hian Tjen, setiap rancangan bukan sekadar gaun, tetapi juga merupakan impian yang diwujudkan. Dari awal perjalanannya sebagai layanan desain pribadi hingga meraih penghargaan dan menghadirkan karya-karya terbaiknya untuk klien-klien terkemuka, Hian Tjen adalah contoh inspiratif tentang bagaimana passion, kerja keras, dan dedikasi dapat mengubah mimpi menjadi kenyataan.

Dalam wawancara dengan Hypeabis.id, Hian Tjen berbicara tentang kecintaannya pada dunia fashion dan perjalanannya dalam penciptaan karya-karyanya.
 

Model memperagakan busana koleksi Hian Tjen berjudul THE SEED di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (21/7). Koleksi fesyen ini terinspirasi dari kilas balik perjalanan Hian Tjen saat meniti karir sebagai fashion designer. (Sumber gambar: Hypeabis/Himawan L Nugraha)

Model memperagakan busana koleksi Hian Tjen berjudul THE SEED di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (21/7). Koleksi fesyen ini terinspirasi dari kilas balik perjalanan Hian Tjen saat meniti karir sebagai fashion designer. (Sumber gambar: Hypeabis/Himawan L Nugraha)
 

Beberapa selebriti perempuan menikah dalam gaun pengantin rancangan Hian Tjen. Bagaimana perasaannya dan biasanya mendapat inspirasi dari mana?
Tentunya, saya merasa sangat terhormat dan berterima kasih telah diberikan kepercayaan untuk menciptakan sebuah gaun yang akan dikenang sepanjang hidup. Inspirasi yang mengalir begitu saja ketika saya berinteraksi dengan klien-klien saya, mengamati gaya dan preferensi unik yang mereka miliki. Kemudian, saya menggabungkan elemen-elemen ini dengan ciri khas gaya yang saya miliki.

Boleh ceritakan bagaimana proses kerja Hian Tjen dengan klien dalam merancang busana pernikahan, terutama klien selebriti yang sering merahasiakan rencana pernikahan mereka dari publik?
Proses kerjanya biasa kita akan meetup dulu, dan saling berkenalan untuk lebih mengenal gaya masing-masing seperti apa. Sedangkan, untuk klien selebriti yang meminta untuk merahasiakannya, kita akan dengan profesional melakukan sesuai apa yang mereka minta. Tetapi untuk proses, tetap berjalan seperti biasa. Meetup beberapa kali, IaIu ada sesi sketsa, dan fitting.

Gaun pengantin yang dirancang Hian Tjen terinspirasi oleh feminitas yang elegan dengan sentuhan estetika yang klasik, abadi, dan halus. Boleh dijelaskan tentang hal ini?
Semua ciri khas gaya saya tercermin dalam upaya untuk senantiasa menghadirkan sentuhan feminin dan elegan dalam setiap karya. Hal ini terwujud melalui perpaduan antara kerajinan tangan yang teliti dan konstruksi yang cermat.

Tujuan utama saya adalah menciptakan desain yang abadi, sehingga ketika diabadikan dalam dokumentasi, gaun-gaun tersebut akan tetap memancarkan keindahan yang mengingatkan pada kenangan yang berharga.
 
Mengapa Hian fokus di evening gown dan bridal?
Lebih tepatnya, fokus utama saya adalah pada fashion couture, yang mencakup baik busana pengantin maupun koleksi couture lainnya. Saya sangat terpesona oleh kompleksitas serta kualitas unggul dari kerajinan tangan dan konstruksi yang terkandung dalam dunia couture.

Apakah ada evolusi besar dalam gaya rancangan gaun pengantin Hian Tjen jika dibandingkan dulu dengan sekarang?
Dalam perjalanan evolusi yang signifikan, terlihat perubahan konstruksi dari masa lampau hingga saat ini. Saat ini, saya lebih berani bereksperimen dengan penggunaan volume dan teknik draping yang lebih unik dalam desain saya.

Baca juga: Tampil Memesona, Cek 4 Gaun Pernikahan Eva Celia Rancangan Hian Tjen hingga Yogie Pratama

Siapa di industri fashion yang paling menginspirasi Anda dan mengapa?
Saya mendapat inspirasi dari berbagai kalangan, termasuk para perancang busana, art director, danlainnya. Namun, fokus utama saya biasanya tertuju pada karya-karya mereka, sehingga saat ini saya belum dapat merinci siapa yang paling memberikan inspirasi bagi saya.

Ceritakan awal pertama tertarik berkecimbung di dunia fashion, terutama bridal?
Sejak awal, minat saya dalam dunia fashion timbul dari hasrat yang tumbuh secara alami. Mungkin ini karena pengaruh ibu saya yang merupakan seorang penjahit, sehingga saya terpapar dengan kedalaman dunia fashion sejak dini.

Dalam perjalanan waktu, pemahaman ini berubah menjadi sebuah gairah yang masih terus menyala hingga saat ini. Saya terus mengeksplorasi aspek-aspek couture, termasuk dalam bidang bridal serta koleksi-koleksi fashion yang beragam.

Signature line yang dimiiiki? Ciri khas dari desain?
Ciri khas yang mewakili saya adalah keanggunan dalam siluet, dipadukan dengan konstruksi modern yang memancarkan pesona feminin melalui kreasi yang sederhana namun memikat.
 
Sudah kurang lebih 20 tahun berkarir, apa sih kepuasan yang Anda rasakan dari pekerjaan Anda ini? Apakah Anda memiliki gaun favorit yang pernah Anda rancang? Mengapa?
Kepuasan saya muncul saat saya melihat kilas balik tentang perjalanan kerja keras saya di masa lalu, dan merasakan rasa kagum serta syukur terhadap pencapaian yang telah saya raih pada saat ini.

Dari sekian banyak prestasi yang pernah Anda dapatkan, apa yang paling Anda banggakan?
Setiap pencapaian yang saya peroleh menjadi sumber kebanggaan bagi saya, karena masing-masing memiliki nilai istimewa yang unik.

Apa perbedaan utama antara merancang busana untuk seorang pengantin dan merancang busana untuk tampil di karpet merah?
Menurut pandangan saya, perbedaannya sebenarnya tidak begitu signifikan. Baik itu membuat karya untuk pengantin atau acara di karpet merah, saya selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, baik dari segi desain maupun pelayanan.

Apa pencapaian terbesar Anda hingga saat ini?Apakah ada momen selebriti lain yang menjadi favorit dan berkesan bagi Anda?
Semua klien selebriti memiliki momen spesial masing-masing dan tidak dapat dibandingkan satu sama lain.

Bagaimana Anda menjaga keseimbangan antara menjadi unik dan memiliki daya tarik komersial?
Menurut saya, fokus pada detail adalah kunci untuk menciptakan gaun yang indah, sambil tetap memastikan bahwa gaun tersebut dapat digunakan dengan nyaman.
 

Model memperagakan busana koleksi Hian Tjen berjudul THE SEED di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (21/7). (Sumber gambar: @derai.studio)

Model memperagakan busana koleksi Hian Tjen berjudul THE SEED di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (21/7). (Sumber gambar: @derai.studio)


Apa visi Anda untuk masa depan merek Anda?
Visi saya adalah menjaga keberlanjutan nama Hian Tjen dengan mempertahankan style dengan brand image yang telah saya bangun.

Anda baru-baru ini meluncurkan koleksi eksklusif THE SEED. Bisakah Anda memberi tahu kami tentang hal ini?
Koleksi THE SEED itu terinspirasi karena saya melihat kilas balik tentang usaha saya, yaitu diibaratkan seperti benih yang mekar lalu menjadi bunga yang indah. Dari situ, nama THE SEED dibuat yang memiliki makna, dimana saya menaburkan kreativitas dan membuat dunia flora menurut perspektif saya.

Kira-kira akan mengeluarkan koleksi terbaru lagi? Atau mungkin proyek gaun pernikahan dari selebrita lain tahun ini?
Mungkin, jadi tolong dipantau terus yah sosial media Hian Tjen.

Apa yang Anda prediksikan akan menjadi tren besar berikutnya dalam busana pengantin dan fashion secara keseluruhan?
Menurut saya tren kedepannya adalah lebih berani, maupun itu dalam segi kontruksi, seperti cutout, atau mungkin yang lebih berstruktur, ataupun dari segi craftmanship-nya dan detailnya.

Baca juga: Cantiknya Gaun Berbunga dalam Koleksi 'THE SEED', yang Menjadi Kilas Balik Karier Hian Tjen

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Gim Lokapala Bakal Gebrak Pasar Amerika Hingga Rusia

BERIKUTNYA

Ada KTT Asean, Car Free Day Sudirman-Thamrin Minggu 3 September Ditiadakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: