Jet pribadi (Sumber gambar: Pexels/Katie Cerami)

Deretan Pesawat Jet Pribadi Termahal di Dunia, dari Gulfstream hingga Air Force One

26 August 2024   |   16:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Demi mendapatkan kenyamanan dan privasi ketika bepergian, beberapa kalangan berduit memilih menggunakan jet pribadi atau private jet ke tempat tujuan mereka. Jet pribadi itu ada yang dimiliki langsung oleh kaum kelas atas tersebut, tetapi tak sedikit pula yang menyewa.

Namun, jangan anggap remeh meski hanya menyewa. Pasalnya, harga sewanya juga jauh lebih mahal dibanding pesawat komersial biasa. Kemudian, fasilitas yang diperoleh pun lebih banyak dan menonjolkan kemewahan.

Baca juga: 10 Rumah Selebritas Dunia Termahal, Ada yang Seharga Rp3,2 Triliun

Ada banyak pesohor dunia yang memiliki koleksi jet pribadi dengan merek-merek berbeda. Beberapa di antaranya ditaksir memiliki harga triliunan.

Melansir dari La Patiala dan Glion Institute of Higher Education, berikut adalah deretan jet pribadi termahal di dunia.


1. Air Force One

 

Air Force One adalah salah satu jet pribadi termahal di dunia. Pesawat milik Presiden Amerika Serikat ini merupakan hasil modifikasi dari seri Boeing 747-200B yang ditaksir angkanya mencapai US$660 juta.

Pesawat yang menjadi simbol kepresidenan Amerika itu menawarkan sistem keamanan, kemewahan, dan teknologi canggih yang mumpuni. Pesawat ini mampu mengantisipasi serangan dari darat maupun udara.

Selain itu, interiornya juga mewah dengan kursi-kursi eksklusif yang keren. Tersedia pula ruang konferensi, tempat tidur, dan aneka fasilitas lain.


2. Airbus A380

 

Harga jet pribadi A380 ditaksir hingga US$380 juta. Pesawat ini pernah dipesan oleh Pangeran Alwaleed Bin Talal al-Saud dari Arab Saudi pada 2007. Interior pesawat ini dirancang oleh desainer terkenal, yakni Edese Doret.

Soal fasilitas, tak perlu diragukan lagi. Ada ruangan musik, rapat, hingga kebugaran dengan fasilitas canggih. Pesawat tiga tingkat ini juga dilengkapi elevator berdinding kaca.


3. Gulfstream G650ER

 

Interior Gulfstream G650ER. (Sumber foto: Gulfstream)

Interior Gulfstream G650ER. (Sumber foto: Gulfstream)


Gulfstream G650ER adalah salah satu jet pribadi mewah yang dimiliki oleh selebritas Kim Kardashian. Pesawat yang diberi nama Kim Air itu diketahui memiliki harga US$150 juta. Bagian interior pesawat ini penuh dengan fasilitas lengkap, dari kamar tidur, kamar mandi, lounge, bar, bahkan bioskop.

Pesawat ini merupakan salah satu jet bisnis tercepat dan tercanggih di dunia, yang mampu melaju hingga mendekati Mach 0,925 dan memiliki jangkauan hingga 7.500 mil laut. Pesawat ini juga memiliki internet berkecepatan tinggi, telepon satelit, hingga sistem konferensi video sebagai bentuk kemewahan dan fungsionalitasnya yang tinggi.


4. Airbus A340-300

 

Airbus A340-300 ditaksir memiliki harga US$500 juta dolar. Pesawat jet pribadi ini merupakan milik seorang pebisnis Rusia, Alisher Usmanov. Di dalam pesawat ini, ada banyak fasilitas mewah yang memanjakan. Kendati demikian, sayangnya informasi mengenai bagian dalam pesawat ini masih sangat dirahasiakan.


5. Boeing 747-8 VIP

Jet pribadi termahal berikutnya adalah Boeing 747-8 VIP. Pesawat ini ditaksir memiliki harga sekitar US$367 juta. Dijuluki Dreamliner, pemilik pesawat ini dikenal anonim.

Dilihat dari fasilitasnya, pesawat besar ini menawarkan pengalaman yang luar biasa. interior pesawat ini telah dimodifikasi dan dilengkapi kabin, kamar tidur, ruang makan, lounge, hingga kantor.


6. Boeing 787-8 VIP

Salah satu jet pribadi Boeing 787-8 VIP dimiliki oleh konglomerat asal China, Joseph Lau. Pesawat ini ditaksir memiliki harga US$150 juta, tetapi setelah dimodifikasi angkanya naik menjadi sekitar US$367 juta. Fasilitas dan interiornya sangat mewah. Langit-langit jet ini didesain meriah dengan ditambah tangga spiral yang eksklusif.


7. Gulfstream III

Gulfstream III juga jadi salah satu jet pribadi yang punya harga fantastis. Jet pribadi yang dipunyai oleh sutradara asal Amerika, Tyler Perry ini ditaksir harganya mencapai US$125. Di pesawat ini, Perry memodifikasi bagian interiornya menjadi lebih mewah.

Ada ruang menonton film dengan layar canggih, lampu teater, ruang tamu, dapur, hingga kamar tidur. Detail pesawatnya menawan dan penutup jendelanya juga otomatis. Karpetnya pun berpola huruf T, seperti inisial namanya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypereport: Tokoh-tokoh Art Therapy di Dunia yang Paling Berpengaruh

BERIKUTNYA

Musisi Asal Jepang Fujii Kaze Bakal Konser di Jakarta November 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: