Ilustrasi Siomay (sumber gambar Unsplash/ Muhammad Arifin Nursalim)

10 Jajanan Pinggir Jalan Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas,  Ada Siomay & Batagor

29 August 2023   |   17:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kuliner jajanan kali lima atau street food memang enggak ada matinya. Pasalnya, hampir setiap saat selalu ada kreasi dari para pebisnis dalam membuat resep dan tampilan baru dalam deretan kudapan yang mereka jajakan baik di Indonesia dan luar negeri.

Baru-baru ini, Taste Atlas, sebuah panduan perjalanan seputar kuliner juga baru saja menyusun peringkat makanan street food terbaik di dunia pada 2023. Indonesia pun patut berbangga, karena siomay masuk dalam urutan pertama jajanan kaki lima terenak di dunia dengan rating 4,9 poin.

Baca juga: Strategi Tiga Pelaku Usaha Jadikan Kuliner Tradisional Naik Kelas
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TasteAtlas (@tasteatlas)


Lantas, selain siomay, kuliner street food apa saja yang paling digemari masyarakat di sekujur dunia? Dihimpun dari lama resminya, berikut daftar kuliner street food terbaik versi Taste Atlas per 27 Agustus 2023.


1. Siomay, Indonesia: 4,9 poin

Dikenal sebagai kuliner yang bisa ditemui di hampir setiap daerah, siomay memang digemari masyarakat Indonesia dan luar negeri. Jajanan dari pangsit ikan kukus, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare ini selalu maknyus saat disantap dengan bumbu kacang dan perasan jeruk. Selain itu, harganya juga ramah di kantong.


2. Roti Canai, Malaysia: 4,8 poin

Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang konon berasal dari India, dan  terbuat dari tepung, air, telur, serta mentega. Adonan untuk roti canai biasanya dilipat berulang kali, sehingga memiliki tekstur berlapis dengan bagian dalam yang lembut, dan lapisan luar yang renyah. Roti canai biasa dimakan dengan kari.


3. Crepes, Prancis: 4,8 poin

Crepes merupakan pancake tipis yang dibuat dengan tepung terigu, dan berasal dari wilayah Prancis di Brittany. Meski menjadi makanan pokok pokok dan hidangan nasional di Prancis, crepes kini juga sudah menyebar ke seluruh dunia karena rasanya yang lezat. Di Indonesia kudapan ini juga mengalami transformasi bentuk dan citarasa.


4. Pastel de Nata, Portugal: 4,8 poin

Pastel de nata adalah kue puding telur Portugis tradisional yang populer di seluruh dunia. Kue tart ini biasanya juga ditaburi dengan kayu manis dan idealnya dipasangkan dengan secangkir kopi. Bahan dasar kue ini adalah tepung, gula, susu, kayu manis, telur, dan mentega.


5. Guotie, China: 4,8 poin

Gioti merupakan variasi pangsit jiaozi yang digoreng. Biasanya variasi jiaozi ini diisi dengan daging babi cincang, kubis China, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen. Secara harfiah guotie dapat diterjemahkan sebagai pot stick, sehingga pangsit ini sering dijuluki potsticker, terutama di Amerika Utara. 


6. Batagor, Indonesia: 4,8 poin

Batagor merupakan salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia berupa pangsit ikan goreng yang disajikan dengan sambal kacang. Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah tuna, mackerel, dan udang.


7. Banh Mi Thit, Vietnam: 4,8 poin

Banh Mi Thit adalah variasi sandwich bánh mì tradisional Vietnam yang artinya daging. Seperti namanya, roti lapis ini dibuat dengan berbagai potongan daging, biasanya babi panggang dengan sayuran. Sandwich sering dihiasi ketumbar, lada hitam, dan irisan cabai.


8. Taco, Mexico: 4,7 poin

Taco adalah hidangan nasional Meksiko berupa tortilla tipis yang dipanggang diatas wajan dengan banyak isian termasuk daging, bawang, guacamole, dan irisan jeruk nipis. Makanan ini biasa dibentuk seperti lipatan dan dimakan langsung dengan tangan.


9. Karaage, Jepang: 4,7 poin

Karaage adalah teknik memasak Jepang di mana berbagai makanan pertama-tama dilapisi tepung kemudian digoreng hingga kering. Ada banyak jenis olahan karage yang biasanya terbuat dari daging dan ikan hingga ayam.


10. Carnitas, Mexico: 4,7 poin

Carnitas adalah kuliner berbahan dasar daging babi yang dimasak perlahan dalam waktu lama hingga benar-benar empuk. Kudapan ini biasanya disajikan dengan tortilla, ditemani salsas, kacang-kacangan, guacamole, jeruk nipis, atau sayuran segar.

Baca juga: Mengenal Histori Kuliner Sichuan, Ragam Hidangan Pedas dari Barat China

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Mau Mulai Berbisnis Street Food? Cek Kiat-kiat Sukses Berikut Ini Yuk

BERIKUTNYA

Cek Rutin, 5 Permasalahan Mesin Kendaraan yang Kerap Dihadapi & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: