Parasocial (Sumber gambar: Steam)

Cek Keunikan Parasocial, Game Terbaru Chilla’s Art Tentang Sisi Gelap Streamer & Vtuber

29 August 2023   |   07:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pengembang indie asal Jepang, Chilla’s Art kembali merilis game anyarnya bertajuk Parasocial. Permainan ini baru saja dirilis pada Jumat (25/8/2023) untuk PC dan dapat diunduh melalui Steam. Seperti biasanya, developer kembali menyematkan cerita horor berbalut psikologi mirip dengan para pendahulunya.

Namun, kali ini Chilla’s Art membawa cerita yang lebih spesifik terkait kelamnya kehidupan balik layar seorang kreator. Parasocial mengisahkan kehidupan steamer sekaligus virtual Youtuber (Vtuber) yang menjadi sasaran empuk obsesi penggemarnya. Latar cerita ini juga yang membuat game ini diberi judul Parasocial.

Melansir Find a Psychologist, parasocial diartikan sebagai sebuah hubungan sepihak di mana seseorang mengerahkan minat, waktu, dan energinya tanpa disadari oleh pihak atau persona lain. Biasanya, hubungan ini familiar terjadi dari penggemar kepada idolanya. 

Baca juga: 7 Gim Baru yang Mencuri Perhatian di Gamescom 2023, Ada Cyberpunk 2077 Hingga Call of Duty
 

Alur Cerita Parasocial

Parasocial (Sumber gambar: Steam)

Parasocial (Sumber gambar: Steam)

Gim ini menceritakan sosok streamer yang menyiarkan dirinya dalam bentuk animasi 2D atau vtuber bernama Senra Nina yang hidup sendiri di sebuah kondominium. Kehidupan Nina awalnya tampak biasa aja, berjalan mulus sebagaimana kreator lainnya. Namun ada satu hal yang harus dirahasiakan sebagai seorang vtuber, yakni identitas asli kreator agar tak diketahui penggemarnya.

Alih-alih membantu streamer menjaga privasi, Nina justru dihantui teror oleh penggemarnya yang tak diketahui dengan jelas (unknown). Sosok misterius itu selalu berusaha mengikuti dan mengetahui segala kegiatannya hingga Nina tak memiliki privasi lagi. Dalam game ini, diceritakan Nina tak bisa hidup dengan tenang dan nyaman karena sosok tersebut selalu mengganggunya.

Hingga pada suatu keadaan, Nina dihadapkan dengan berbagai pilihan yang menyangkut kepercayaannya. Nina harus memilih untuk memercayai sahabatnya, mantan di masa lalunya, atau pihak keamanan setempat sebagai tempat mengadu. Dengan alur cerita yang plot twist, pemain akan diajak berdebat batin selama menyelesaikan cerita di game ini.

Parasocial merupakan game ke-18 yang dirilis Chilla’s Art setelah mengawali kesuksesan dengan Stigmatized Property, Inunaki Tunnel, Aka Manto, Okaeri, dan The Ghost Train. Beberapa game Chilla’s Art yang populer dan mendapat penilaian sangat positif di Steam antara lain The Convenience Store, Night Security, The Closing Shift, dan The Night Way Home.

Seperti judul terbitan Chilla’s Art lainnya, game ini pun masih mengenakan estetika dengan seni lingkungan yang terinspirasi dari film horor Jepang. Untuk menambah nuansa lebih mencekam, Parasocial masih menyajikan gambar ala film VHS yang menyajikan kesan video analog untuk membuat pengalaman horor makin dalam.


Rekomendasi Spesifikasi Parasocial

  • OS: Windows 11 x64
  • Prosesor: Intel Core i7-4770K atau AMD yang setara
  • Memori: RAM 8 GB
  • Grafis: Nvidia GTX 950 or AMD yang setara
  • DirectX: Versi 11
  • Penyimpanan : 5 GB ruang tersedia
  • Catatan: Autosave di setiap chapter
Baca juga: Deretan Game Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rp15 Juta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Momen Unik Fancon Super Junior D&E Jakarta, Donghae dan Eunhyuk dapat Undangan Pernikahan

BERIKUTNYA

Daftar Kartu Uang Elektronik untuk Naik LRT Jabodebek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: