Ilustrasi skincare pria (Sumber gambar: Freepik)

Cegah Kerutan dan Flek, Cek Rangkaian Skincare Simpel untuk Pria Usia 30-an

28 August 2023   |   22:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penuaan merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang akan dialami oleh semua orang, baik wanita atau pria. Pada pria, ciri utama yang paling kelihatan adalah pada kulit wajah. Munculnya kerutan dan flek hitam adalah tanda pria sudah mengalami fase ini.

Melansir dari laman Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) penuaan yang dialami laki-laki biasanya akan lebih lambat dari perempuan. Namun, tetap saja, penuaan adalah hal yang pasti terjadi.

Baca juga: 2 Manfaat Kandungan Idebenone Pada Skincare Untuk Menangkal Radikal Bebas

Untuk menjaga keremajaan kulit, pria perlu melakukan perawatan wajah di usia 30 dengan benar. Sebab, jika tidak, tanda-tanda penuaan itu akan makin jelas.

Rangkaian skincare pria juga terbilang tidak terlalu ribet. Jadi, tidak perlu khawatir akan kerepotan ketika akan mulai menjaga kesehatan kulit wajahnya. Berikut adalah beberapa rangkaian skincare yang cocok dipakai untuk pria umur 30 tahunan.


1. Cleanser

Melansir dari Healthline, salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan pria untuk menjaga kulitnya ialah dengan mencuci muka setiap pagi dan malam. Jangan biarkan kotoran dan polusi terlalu lama mengendap di kulit wajah, apalagi sampai meresap ke pori-pori.

Gunakanlah sabun cuci muka sesuai dengan tipe kulit. Usahakan sabun cuci muka memiliki busa yang ringan dan efektif mengurangi minyak pada permukaan.


2. Moisturizer

Bukan hanya perempuan yang membutuhkan moisturizer, pria juga. Produk ini mampu membuat wajah jadi lebih lembap. Efeknya, kulit jadi lebih halus, tidak mudah kering, dan menurunkan risiko berjerawat.

Kulit juga akan lebih terlindungi dan ternutrisi. Dengan demikian, penuaan bisa lebih berjalan lambat karena kulit selalu terhidrasi dengan baik oleh moisturizer. Selain itu, moisturizer juga bisa mengurangi dan meringankan kerutan pada wajah.


3. Suncreen

Jangan salah Genhype, meski tampak simpel, suncreen ini punya peran penting dalam membantu menjaga kesehatan kulit. Gunakanlah tabir surya dengan ukuran SPF 30 setiap pagi atau saat akan keluar rumah.

Dengan memakai tabir surya, kita bisa mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari berlebih. Dengan demikian, kesehatan kulit akan lebih terjaga.


4. Serum

Salah satu rangkaian skincare yang sebaiknya tak ditinggalkan ialah serum. Ada banyak pilihan serum yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Namun, memilih serum retinol bisa jadi salah satu opsi.

Retinol adalah salah satu jenis retinoid, yakni turunan vitamin A. kandungannya bisa membantu menunda tanda penuaan dan meratakan warna kulit. Namun, ini adalah jenis bahan aktif. Jadi, pastikan penggunaannya sesuai dengan petunjuk, ya.


5. Eye Cream

Eye cream juga penting untuk pria berumur 30 tahunan. Kegunaan krim mata ini bisa membantu merawat kesehatan kulit di sekitar mata. Selain itu, krim ini juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan.

Sebagai informasi, kulit di sekitar mata memiliki lapisan yang lebih tipis dan halus dari bagian wajah lain. Hal ini membuatnya kerap sensitif dan mudah kering. Bagian ini juga menjadi yang paling awal muncul ketika tanda penuaan terjadi. Oleh karena itu, kita perlu merawatnya dengan baik.

Baca juga: Begini 4 Tip Merapikan Koleksi Makeup & Skincare di Rumah

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

V BTS Resmi Rilis 3 Lagu Solo Hit Scenery, Winter Bear & Snow Flower di Platform Streaming Musik

BERIKUTNYA

Momen Unik Fancon Super Junior D&E Jakarta, Donghae dan Eunhyuk dapat Undangan Pernikahan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: