Ilustrasi perawatan wajah pria (SUmber gambar: Unsplash/No Revisions)

Bukan Cuma Cuci Muka, Begini Tips Skincare Sehari-hari yang Simpel untuk Pria

06 February 2023   |   20:02 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sama seperti wanita, kulit pria juga butuh skincare. Apalagi di tengah aktivitasnya yang padat dan berkeringat, banyak sekali masalah kulit yang rentan dialami para pria. Namun, banyaknya jenis produk skincare membuat kita malas untuk mengaplikasikannya setiap hari.

Padahal supaya kulit tetap sehat dan ternutrisi, pemakaian skincare harus konsisten. Hasilnya tidak akan terlihat dalam 2-3 kali pemakaian saja. Penting sekali untuk mengetahui urutan penggunaan produk skincare yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Produk Perawatan Pria Makin Naik Daun

Akan tetapi, sebelumnya kenali dulu kondisi jenis kulitmu. Apakah cenderung kering, berminyak atau normal. Selanjutnya mengenali permasalahan kulit, apakah berjerawat, kusam, atau muncul flek hitam. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan jenis produk yang akan diaplikasikan. Yuk, simak urutan penggunaan skincare untuk pria yang simpel dilakukan sehari-hari.


1. Bersihkan Wajah dengan Facial Wash

Langkah paling penting dalam rutinitas perawatan kulit adalah membersihkan wajah yang baik dan benar. Pilihlah pembersih wajah lembut yang sesuai dengan jenis kulit. Bersihkan wajah setiap bangun tidur dan sebelum tidur untuk mengangkat kotoran yang tertinggal. Wajah yang bersih akan mempersiapkan kulit kita untuk menerima produk skincare selanjutnya. Misalnya pelembap dan sunscreen.


2. Aplikasikan Pelembap Wajah

Melembabkan wajah juga penting dalam rutinitas perawatan kulit. Terutama jika kamu adalah pria yang sering terpapar debu dan polusi saat berkendara di jalan. Apalagi kalau kamu pemilik tipe kulit kering, maka wajah harus sering-sering dilembapkan, supaya tidak muncul masalah kulit lainnya.

Pilihlah produk pelembap yang membuat kulit dapat mengunci kelembapan yang cukup untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Nutrisi tambahan yang terdapat dalam produk pelembap dapat melindungi kulit untuk melawan cuaca paling ekstrem sekalipun. Selain itu, pelembap juga dapat memberikan efek menenangkan jika kamu mengalami luka bakar atau benjolan akibat pisau cukur.


3. Pakai Tabir Surya Setiap Hari

Tabir surya dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu juga membantu mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Tabir surya harus digunakan setiap hari, walaupun kita hanya menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan.

Penting juga untuk memilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya apakah kamu pemilik tipe berminyak, kering, atau sensitif. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam saat di luar ruangan. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan nikmati aktivitas di luar rumah tanpa khawatir.
 

4. Eksfoliasi dengan Scrub Wajah

Eksfoliasi dengan scrub fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Pilih produk yang mengandung AHA ringan seperti asam laktat dan asam glikolat untuk pria. Bahan-bahan ini bekerja dengan melarutkan ikatan antar sel kulit mati dengan lembut, sehingga mudah dibersihkan. Selain itu juga dapat merangsang pergantian sel kulit baru yang lebih sehat. Gunakan produk ini seminggu sekali dan aplikasikan pelembap setelahnya supaya kulit tidak kering.


5. Mengatur Pola Makan Sehat

Makanan yang kita konsumsi berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit. Pola makan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan dapat membantu memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Selain itu juga mencegah munculnya masalah kulit seperti jerawat.

Sebaliknya, pola makan tidak sehat seperti sering mengonsumsi produk olahan dan gorengan dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran untuk membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Nutrisi yang tepat dari makanan dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Baca juga: Tak Lagi Identik Wanita, Ini Alasan Pria Mulai Rutin Pakai Skincare

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gita Cinta dari SMA, Surat Sayang Anak 80-an untuk Generasi Z

BERIKUTNYA

Apple Dikabarkan Garap iPhone Ultra, Seperti Apa Spesifikasinya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: