Angga Yunanda dan Shenina Cinnamon di depan lukisan karya perupa Goenawan Mohamad. (Sumber gambar : Abdurachman/JIBI/Hypeabis.id)

Museum MACAN Lelang 10 Karya Seni untuk Dukung Pendidikan & Pemberdayaan Komunitas

26 August 2023   |   08:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Museum MACAN kembali menggelar lelang amal yang menghadirkan karya-karya seni dari perupa ternama Indonesia. Bertajuk 2023 MACAN Gala, perayaan tahunan seni dan budaya ini dibuat untuk mendukung  pendidikan dan pemberdayaan komunitas di museum seni modern dan kontemporer itu. 
 
Berlangsung di The St. Regis Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023, ada 10 karya yang akan dilelang pada MACAN Gala kali ini. Karya yang akan dilelang di antaranya dari perupa Agung Kurniawan, Alexander Sebastianus Hartanto, FX Harsono, Goenawan Mohamad, Hendrik Paulides, Irfan Hendrian, Isabel dan Alfredo Aquilizan, Jumaadi, Sunaryo, dan sebuah tas Fendi Medium Baguette yang dilukis oleh I Putu Adi Suanjaya (Kencut).

Baca juga: Profil Alfredo & Isabel Aquilizan, Pasangan Perupa Filipina yang Berpameran di Museum MACAN Jakarta

Dipandu oleh rumah lelang ternama, Phillips, Sandy Ma dari International Specialist, Associate Director for Century & Contemporary Art kembali memimpin lelang karya-karya dari perupa ternama Indonesia dan Asia Tenggara ini. 

Ketua Yayasan Museum MACAN Fenessa Adikoesoemo menerangkan hasil dari penyelenggaraan 2023 MACAN Gala ini akan digunakan untuk mendukung program pendidikan dan pemberdayaan komunitas. Secara terperinci, ada program jangkauan sekolah, kunjungan untuk anak usia sekolah dari beragam latar belakang sosial dan ekonomi, lokakarya membuatkarya seni, wicara, kuliah umum, serta pemutaran film.

Dia mengatakan sejak 2017, program pendidikan Museum MACAN telah mengubah ranah pendidikan seni di Indonesia. Hal ini dapat dilihat, tidak hanya melalui jumlah siswa, namun juga jumlah jejaring guru yang terlibat.

Lebih dari 900.000 pengunjung tercatat mengunjungi Museum MACAN selama 2017  272.000 diantaranya merupakan siswa dan anak-anak. Tim katanya juga telah bekerja dengan 736 sekolah dan 3,162 pendidik dari 23 provinsi di seluruh Indonesia melalui inisiatif jangkauan luring dan daring. 

"Kami berharap dapat terus melanjutkan misi untuk mengubah masa depan ribuan anak muda melalui seni," sebutnya dalam konferensi pers, Jumat (25/8/2023).

Museum MACAN (Sumber gambar : Abdurachman/JIBI/Hypeabis.id)

 Ketua Yayasan Museum MACAN Fenessa Adikoesoemo (kedua dari kanan) saat acara pembukaan MACAN Gala. (Sumber gambar : Abdurachman/JIBI/Hypeabis.id)

Sementara itu, Direktur Museum MACAN Aaron Seeto menyebut, acara tahunan ini membantu pihaknya memperluas kesempatan bagi anak-anak dari beragam latar belakang sosial dan pendidikan untuk terlibat dalam pengembangan potensi seni yang transformatif. Menurutnya, pendidikan seni merupakan penggerak yang kuat untuk mengembangkan pola berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah yang kreatif.

"Menumbuhkan imajinasi, memperluas pemahaman anak-anak terhadap dunia, dan memberikan sarana untuk pembentukan empati dan toleransi," tambahnya.

Museum MACAN, menurutnya, memiliki ambisi besar untuk memperluas program-program yang telah dibuat, serta memastikan bahwa keterbatasan sosial dan ekonomi tidak menjadi halangan untuk mendapatkan pendidikan seni di Jakarta. "Acara Gala kami membawa para pelaku industri seni di Indonesia dan para dermawan untuk bersama-sama mendukung misi ini," tutur Aaron.

Mark Lettenbichler, General Manager of The St. Regis Jakarta mengaku bangga mendukung 2023 MACAN Gala. Acara penggalangan seni terdepan ini menurutnya memberikan dampak berarti bagi seni dan budaya di Indonesia, melalui pameran-pameran berskala internasional, program publik, kegiatan edukasi yang menyenangkan, serta membuat seni dapat diakses oleh ribuan anak muda.

"Inisiatif ini sejalan dengan visi kami sebagai sebuah teater budaya yang menampilkan kolaborasi dengan generasi perupa penerus bangsa," jelasnya.

Dia berharap perayaan ini dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat untuk mengapresiasi dan menemukan inspirasi lewat seni. Di sisi lain, Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, menyampaikan keterlibatan pihaknya menjadi tanggung jawab sosial.

Sebagai sponsor utama 2023 MACAN Gala, Ramesh mengatakan pihaknya memiliki visi yang sama dengan Museum MACAN dalam menyediakan akses pendidikan seni berkualitas kepada generasi muda di Indonesia, serta turut berkomitmen pada Keberlanjutan Sosial.

Acara yang digelar di Astor Ballroom, The St. Regis Jakarta ini didatangi sejumlah artis ternama. Dari pantauan Hypeabis.id di lokasi, tampak Adinia Wirasti dan Michael Wahr, Ario Bayu dan Valentine Payen-Wicaksono, Asmara Abigail, Angga Yunanda, Omar Daniel, Shenina Cinnamon, Titi DJ, Titi Radjo Padmaja, Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha. Mereka mengenakan busana bergaya whimsical yang sesuai dengan tema dan dress code tahun ini. 

Baca juga: Museum MACAN Gelar Koleksi Karya Maestro Lukis dalam Pameran Kolektif

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Imbas Pemogokan di Hollywood, Dune: Part II Ubah Jadwal Tayang Jadi Tahun Depan

BERIKUTNYA

Kenalkan Yassine Chueko, Mantan Tentara AS yang Jadi Bodyguard Lionel Messi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: