Ilustrasi WhatsApp (dok: Unsplash/Rachit Tank)

Yang Ditunggu Bakal Datang Juga, Fitur Transfer Riwayat Obrolan dari Android ke iOS atau Sebaliknya

28 July 2021   |   22:30 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar gembira bagi kalian yang berencana untuk mengganti ponsel dengan sistem operasi yang berbeda. Karena dalam waktu dekat WhatsApp akan menghadirkan fitur transfer riwayat percakapan dari Android ke iOS atau sebaliknya. 

Fitur ini boleh dikatakan menjadi fitur yang dinanti-nanti kehadirannya oleh banyak pengguna WhatsApp . Karena tak sedikit pengguna platform pesan instan itu yang memutuskan untuk menggunakan ponsel baru bersamaa dengan ponsel lamanya agar tak kehilangan riwayat percakapan.

Akun Twitter @WABetaInfo pada Rabu (28/7/2021) mengunggah gambar tangkapan layar yang mempelihatkan fitur transfer riwayat percakapan antarsistem operasi berbeda. Terlihat di gambar tersebut pengguna seperti sedang memindahkan riwayat percakapan dari ponsel Android ke iPhone. 

Selain itu akun tersebut juga mengunggah video yang memperlihatkan proses pemindahan riwayat percakapan dari iPhone ke Android. Prosesnya pemindahan sepertinya dilakukan melalui kabel, alih-alih jaringan nirkabel seperti Wi-Fi atau Bluetooth. 

 
Tampilan fitur transfer riwayat percakapan antarsistem operasi yang akan disiapkan oleh WhatsApp (dok: WABetaInfo)
Pasalnya terlihat peringatan yang menyebut "Jangan putuskan koneksi kabel". Belum diketahui lebih lanjut seperti apa mekanisme pemindahan tersebut mengingat ponsel Android dan iPhone menggunakan konektor daya yang berbeda.

"Terima kasih @xdadevelopers atas penemuan terbaru Anda tentang aplikasi "Beralih ke Android", untuk memigrasikan riwayat obrolan WhatsApp dari iOS ke Android. ????

Tangkapan layar ini menunjukkan bagaimana prosesnya bekerja. Fitur ini sedang dalam pengembangan dan akan tersedia di pembaruan mendatang," demikian cuitan akun @WABetaInfo.

Selain mentransfer riwayat percakapan dari ponsel dengan sistem operasi berbeda, WABetaInfo juga melaporkan bahwa WhatsApp sedang mengembangkan cara untuk memindahkan riwayat percakapan ke nomor telepon yang berbeda.  Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur-fitur itu akan tersedia secara luas. Namun yang jelas, kabar kehadiran fitur pemindahan riwayat percakapan antarsistem operasi berbeda sudah beredar sejak awal tahun ini.

Riwayat percakapan WhatsApp pada ponsel Android dan iPhone selama ini tidak bisa dipindahkan satu sama lain karena perbedaan peladen (server) penyimpanan. iPhone menyimpan riwayat percakapan di iCloud sedangkan Android di Google Drive.

Selama ini, pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti dr.Fone dan Mobile-Trans untuk memindahkan riwayat percakapan dari ponsel dengan sistem operasi berbeda. Selain berbayar, cara tersebut juga boleh dikatakan tidak mudah dan punya potensi kegagalan besar.


Cara tersebut juga sebenarnya menyalahi aturan penggunaan WhatsApp yang melarang penggunanya memindahkan riwayat percakapan menggunakan aplikasi pihak ketiga.



Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Fitur Baru di Spotify Ini Hadirkan Kombinasi Konten Musik & Berita

BERIKUTNYA

2 Anggota Red Velvet Ini Hadir dengan Sisi yang Berbeda di Teaser Proyek Pra-Comeback

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: