Ilustrasi menangkap foto dengan smartphone (Sumber gambar: Unsplash/Andrik Langfield)

Ubah Foto Biasa Menjadi Vintage dengan 5 Aplikasi Smartphone Ini

18 August 2023   |   17:37 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Generasi milenial seringkali memiliki banyak kreatifitas baru yang dapat menjadi tren, termasuk pada dunia fotografi. Salah satunya adalah tren efek ala vintage yakni hasil jepretan foto yang diambil dapat terlihat seperti masa lampau  Untuk mendapatkan itu, tak perlu memakai kamera analog seperti zaman dahulu. Pada era digital seperti saat ini, bagi penggemar foto ala vintage, menjadi sangat memungkinkan untuk menambahkan sentuhan klasik pada foto jepretannya.

Mereka hanya memerlukan kamera pada smartphone, dengan filter dan efek yang autentik, maka  hasil foto yang didapat dapat mengingatkan pada masa lampau yang indah, terkesan kuno dan retro. Dan kamu bisa mendapatkan efek yang diinginkan hanya bermodalkan smartphone itu, karena cuma perlu menginstall aplikasi tertentu pada telepon pintar yang dimiliki.

Baca juga: 8 Potret Lisa BLACKPINK Unggah Foto Bare Face, Pamer Kecantikan Natural yang Memesona

Lalu, apa saja aplikasi foto yang menyediakan efek seperti kamera analog tersebut? Berikut 5 diantaranya yang dapat kamu cobain
::

1. HUJI Cam

HUJI Cam adalah aplikasi kamera retro paling populer yang menghadirkan estetika seperti foto analog dengan tampilan lensa klasik. Fitur pada HUJI Cam  termasuk efek filter ala film seperti warna kusam dan tanda usang, menciptakan gambar dengan nuansa nostalgia. Aplikasi ini menambahkan efek bernuansa vintage pada gambar seperti tanda usang dan bintik-bintik. Terdapat juga mode pencahayaan yang dapat disesuaikan sesuai pengguna agar mengatur kecerahan pada foto. 

Selain itu, HUJI Cam juga memiliki opsi penyuntingan yang memungkinkan pengguna untuk menyunting foto sebelumnya yang belum ditambahkan efek. Lalu HUJI Cam juga memiliki kemampuan berbagi ke media sosial,. HUJI menjadi aplikasi foto favorit dan cocok untuk kamu yang menginginkan gaya fotografi era lalu pada foto masa kini.
 

2. FIMO

Aplikasi FIMO dapat menghasilkan foto dengan efek seperti kamera analog, FIMO pun  tersedia di Play Store ataupun App Store. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memilih jenis film yang tersedia pada menu  efek, kemudian kamu klik ikon kamera untuk mengambil foto.

Aplikasi ini menunjukan kemiripan dengan kamera analog yang sesungguhnya karena fitur yang serupa. Di FIMO karena kamu bisa melihat bagian ISO, menggunakan flash, mengatur zoom, mengatur timer, dan masih banyak lagi. 

Pada aplikasi FIMO terdapat roll efek yang dapat dipilih sesuka hati, namun terdapat beberapa efek yang hanya diakses secara berbayar. Salah satunya adalah Natura 1600 yang dilansir melalui App Store diberi harga senilai Rp19.000.
 

3. 1998 Cam

Aplikasi 1998 Cam memungkinkan kamu merasakan estetika kamera seperti tahun 1998 dengan berbagai fitur dan efek menarik. Pada 1998 Cam terdapat filter film klasik seperti Kodak dan Fuji yang menciptakan tampilan kuno dan autentik. Lalu terdapat efek light leaks yang memberikan sentuhan nostalgia seperti foto dari kamera analog.

Pada 1998 Cam Tersedia juga tersedia opsi untuk menambahkan tanggal dan guratan garis seperti kamera analog yang meningkatkan kesan vintage. Pencahayaan dan penyesuaian warna dapat disesuaikan sesuka hati untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Hasil foto dari 1998 Cam semakin menguatkan estetika ala tahun 90-an. Dengan efek-efek ini, 1998 Cam membawa kembali kejayaan fotografi analog dalam era digital.
 

4. Gudak Cam

Gudak Cam adalah aplikasi kamera analog yang menawarkan pengalaman fotografi seperti kamera film disposabel. Fitur-fiturnya mencakup pengambilan gambar yang terbatas hanya sebesar 24 foto, berbeda dengan aplikasi foto lainnya yang tidak memiliki batasan pengambilan foto per harinya.
 
Cara menggunakannya pun sederhana. Cukup dengan membuka aplikasi, lalu mengambil gambar, dan tunggu beberapa waktu hingga hasil foto selesai. Perbedaannya, Gudak Cam membatasi jumlah foto yang dapat diambil dan secara tidak langsung mengajak penggunanya lebih berhati-hati dalam memilih momen yang ingin diabadikan. Dengan efek retro dan tampilan berbutir, Gudak Cam memberikan nuansa klasik.
.

5. Koda Cam-Photo Editor

Aplikasi Koda Cam menawarkan beragam fitur dan efek untuk meningkatkan kreativitas fotografi. Ini mencakup filter film ala analog seperti Kodak, Fuji, dan Agfa yang memberikan tampilan vintage pada gambar.

Fitur pencahayaannya dapat disesuaikan untuk mengatur suasana dan kecerahan. Pada Koda Cam terdapat mode manual yang memungkinkan pengguna untuk mengatur fokus dan pencahayaan sesuai dengan keinginan.

Terdapat juga efek-efek antara lain goresan, chromatic, kusam, lomo dan glitch menciptakan nuansa klasik dan autentik. Pilihan tekstur dan efek yang tersedia  pada Koda Cam memberikan dimensi artistik pada fotomu.
 
Koda Cam juga didukung untuk gambar dengan format RAW yang biasanya adalah data dari kamera digital sebelum diolah ke format umum seperti JPG. Koda Cam menawarkan kelebihan yaitu aksesibilitas format yang lebih luas dengan adanya format RAW. Kesimpulannya, aplikasi ini dapat menghasilkan foto dengan pesona fotografi di masa lampau. 

Baca juga : 4 Teknik Rahasia Tangkap Ekspresi Foto Satwa yang Menawan

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Pembuat Serial ‘The Last of Us’ Bocorkan Perkembangan Produksi Season 2

BERIKUTNYA

Jadwal Konser & Festival Musik 18-20 Agustus 2023, dari Ronan Keating, Soundfest 2023 hingga Bruno Major

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: