Google Doodle untuk memperingati HUT ke-78 RI (Sumber gambar: Google)

Rayakan Hari Kemerdekaan RI, Google Doodle Tampilkan Desain Semarak Permainan 17 Agustusan

17 August 2023   |   06:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada pemandangan menarik jika kalian membuka situs Google pada hari ini. Logo Google berubah menjadi sebuah ilustrasi doodle yang menampilkan sejumlah orang sedang berolahraga. Doodle ini khusus dibuat dan ditampilkan oleh Google dalam rangka memperingati hari kemerdekaan ke-78 RI pada hari ini, Kamis (17/8/2023).

Ilustrasi tersebut memperlihatkan sejumlah orang sedang berolahraga seperti sepak takraw, bulu tangkis, hingga bela diri. Di samping itu, ada juga beberapa orang yang sedang mengikuti perlombaan khas 17 Agustusan seperti makan kerupuk dan balap karung.

Selain menampilkan desain yang atraktif, doodle itu juga dikemas dengan pemilihan warna yang ceria seperti pink, ungu, biru, kuning, jingga, dan merah. Menariknya lagi, sang ilustrator juga tampaknya ingin menampilkan keberagaman ras dan latar belakang masyarakat Indonesia mulai dari jenis kulit, usia, jenis kelamin, hingga kelompok penyandang disabilitas.

Baca juga: Cek 5 Promo Diskon Ramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia 2023, Ada KFC hingga McDonalds

Ketika kalian mengklik gambar doodle tersebut, layar dekstop kalian pun seketika akan dihujani animasi sejumlah kertas berwarna merah dan putih yang melambangkan bendera Indonesia.

Dalam laman resmi Google Doodle, situs pencarian itu menyebutkan bahwa logo Doodle peringatan Hari Kemerdekaan RI 2023 dibuat oleh ilustrator asal Jawa Barat, Indonesia, Diela Maharanie. 

Ilustrasi yang dibuat terinspirasi dari tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI tahun ini yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Tema tersebut memuat spirit mewujudkan semangat gotong royong dan kebersamaan untuk mempercepat pertumbuhan negara, dengan tetap menjaga kearifan lokal.

Filosofi tersebut juga dijumpai pada sejumlah olahraga lokal seperti sepak takraw dan bulu tangkis, atau permainan yang identik dengan peringatan 17 Agustusan seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan panjat pinang. Semua hal itulah yang digambarkan dalam Google HUT Kemerdekaan RI 2023 yang tampak warna-warni.

"Karya seni Doodle hari ini mewakili masyarakat Indonesia yang berkumpul untuk memainkan permainan tradisional hari kemerdekaan, mengingat pentingnya kolaborasi. Selamat Hari Kemerdekaan ke-78," tulis Google Doodle.
 

Google Doodle untuk memperingati HUT ke-77 RI (Sumber gambar: Google)

Google Doodle untuk memperingati HUT ke-77 RI (Sumber gambar: Google)


Tahun sebelumnya, Google juga meluncurkan desain Doodle khusus untuk peringatan HUT ke-77 RI. Ilustrasinya menampilkan lima karakter mengenakan pakaian tradisional yang berbeda-beda sedang berada di sebuah perahu. Mereka terlihat sedang mendayung untuk sampai pada satu tujuan bersama.

Doodle itu dibuat oleh seniman asal Bandung, Jawa Barat, Wastana Haikal yang terinspirasi dari tradisi Lomba Perahu atau Pacu Perahu dalam acara Festival Pacu Jalur yang rutin diselenggarakan oleh masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Menjadi balapan perahu yang terbesar di dalam negeri, Festival Pacu Jalur biasanya diawali dengan pertunjukan nyanyian dan tarian. Nantinya, akan ada lebih dari 100 perahu yang dihias dengan semarak untuk mengarungi Sungai Batang Kuantan. Seluruh anggota tim yang keseluruhan berjumlah 60 orang akan mengenakan kostum tarian tradisional, yang disaksikan oleh para penonton di tepi sungai.

Sementara itu, tema besar peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini yaitu Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Tema ini dipilih dengan melihat pencapaian yang telah diraih sehingga menjadikan Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

Dengan tema tersebut, peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan dimaknai sebagai ajakan untuk seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Selayaknya olahraga estafet yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Hypereport Kemerdekaan: Spirit Revolusioner dalam Karya-karya Seniman Dullah

BERIKUTNYA

Hypereport Kemerdekaan: Potret Dinamika Masa Revolusi dalam Ragam Karya Seniman Sudjojono

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: