Ilustrasi showcase iPhone. (Sumber foto: Unsplash/Zana Latif)

Cek Bocoran Spesifikasi & Performa iPhone 15 Pro

14 August 2023   |   20:37 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Seiring dengan jadwal peluncuran iPhone 15 Pro yang makin dekat, bocoran mengenai spesifikasi dan performa perangkat tersebut pun makin gencar. Sebagai versi teranyar, smartphone terbaru keluaran Apple itu akan menawarkan pembaharuan menarik.

Melansir GSM Arena, iPhone 15 Pro diprediksi bakal memakai prosesor A17 Bionic yang akan diproduksi oleh TSMC pada proses FinFET 3nm. Prosesor ini akan didukung 6 core CPU dengan frekuensi tertingginya mencapai 3.7GHz dan 6 core GPU.

Baca juga: IMEI iPhone Tidak Terdaftar? Begini 3 Cara Mendapatkannya

Ponsel tersebut diprediksi masih akan menggunakan RAM 6GB, tetapi kali ini hadir dengan kualitas LPDDR5 yang akan dipasok oleh Micron atau Samsung. Dengan demikian, performanya akan lebih optimal.

Chip RAM LPDDR5 adalah generasi terbaru saat ini. Sistem teranyar ini tentu menjanjikan performa serta efisiensi daya yang lebih baik. RAM LPDDR5 juga menjanjikan kecepatan transfer data lebih cepat hingga 6,4 Gbit per pin.

Sementara itu, tipster Naveen Tech Wala dalam postingannya di Twitter juga tampak memberikan informasi mirip. Dia memprediksi iPhone 15 Pro akan memakai A17 Bionic yang membuat performa perangkat teranyar ini makin kencang di kelasnya.

Naveen Tech Wala membagikan sebuah tangkapan layar berupa hasil benchmark chip A17 Bionic. Skornya sangat oke, yakni single-core 3.269 dan multi-core 7.666. Skor tersebut mendapatkan upgrade dibanding A16 Bionic yang hanya 2.531 dan 6.460 poin saja.

A17 Bionic menawarkan performa single core lebih besar 30 persen dan multi-core lebih besar 18 persen. Peningkatan signifikan ini salah satu faktornya terjadi karena penambahan satu inti GPU. Selain itu, versi teranyarnya menggunakan 3nm, sedangkan sebelumnya 4nm.

Jika ini benar, performa prosesor iPhone 15 Pro kini mengungguli pesaing lainnya yang masih menggunakan Snapdragon 8 Gen 3. Ini bisa jadi salah satu terobosan yang menarik tahun ini.
 

(Ilustrasi) Pegawai menunjukan ponsel pintar IPhone di gerai penjualan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (18/6). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Hypeabis/Himawan L Nugraha)

(Ilustrasi) Pegawai menunjukan ponsel pintar IPhone di gerai penjualan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (18/6). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Hypeabis/Himawan L Nugraha)


Desain iPhone 15 Pro
Terkait dengan desain, iPhone 15 Pro juga akan mendapat pembaharuan cukup signifikan. Melansir dari Mashable, analis kenamaan Mark Gurman menyebut iPhone 15 Pro akan memiliki bezel yang lebih tipis.

Hal tersebut diketahui akan membuat tampilan smartphone ini cukup berbeda. Model Dynamic Island diduga masih akan dipertahankan. Kemudian, iPhone 15 Pro juga akan mengalami peningkatan dari segi kamera serta materialnya yang lebih berkualitas.

Dia juga menyebut ada kemungkinan iPhone 15 Pro akan menggunakan port USB-C, tidak lagi menggunakan prot lightning milik Apple. Hal ini tak lepas dari peraturan Uni Eropa yang mendorong penggunaan kabel yang lebih universal.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa beberapa informasi dari tipster hanyalah bocoran atau dugaan. Pihak Apple sendiri belum merilis secara jelas soal produk terbaru mereka dan kapan ia akan dijual di pasaran.

Baca juga: Cara Cek Garansi iPhone Resmi dengan Mudah, Ini Panduannya

Jadi, ada kemungkinan bahwa bocoran-bocoran tersebut akan meleset. Namun, sejak isu iPhone 15 Pro akan muncul, pembicaraan soal pembaharuan spesifikasi dan performa apa yang akan dihadirkan memang terus mengalir deras dan jadi hal yang menarik sebelum tanggal perilisan itu tiba.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Rhoma Irama, Raja Dangdut yang Mengawali Kariernya dari Genre Barat

BERIKUTNYA

Desainer Nicklas Skovgaard Membuat Debut Eksklusif di Copenhagen Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: