Kendaraan listrik melewati genangan air (Sumber gambar: Seven Event)

Mobil Listrik Diuji Melintasi Jalan Berair di Area Test Drive GIIAS 2023

13 August 2023   |   16:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain jadi ajang pameran berbagai macam mobil anyar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 juga dapat menjadi kesempatan bagi para pencinta otomotif untuk menjajal berbagai keunggulan mobil listrik yang kini tengah digencarkan oleh para perusahaan mobil di dalam negeri.

Berbeda dengan tahun lalu, area test drive ajang kendaraan tersebut kali ini memiliki konsep outdoor atau luar ruangan. Pengunjung yang datang ke tempat ini dapat menjalankan kendaraan listrik di area bernama EV Water Obstacle.

Baca juga: Jadwal Lengkap GIIAS 2023 & Cara Test Drive Mobil atau Motor di ICE

Area tersebut adalah tempat khusus yang memiliki genangan air setinggi 15–20 centimeter. Sri Vista Limbong, Project Director Seven Event mengatakan bahwa program test drive untuk kendaraan listrik memiliki tantangan yang berbeda pada tahun ini.

Perbedaan itu dibuat guna membuktikan bahwa kendaraan listrik siap digunakan di beragam kondisi jalan di perkotaan Indonesia, termasuk melewati genangan air yang cukup tinggi. ”Kegiatan test drive kali ini akan menjadi pengalaman baru bagi pengunjung pastinya,” katanya.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak terhadap peran pengemudi ketika mencoba kendaraan listrik. Jika pada tahun lalu hanya sebagai penumpang, pengunjung pada tahun ini dapat mengemudikan dan merasakan sendiri durabilitas kendaraan listrik yang hendak dicoba.

Mereka dapat membawa kendaraan listrik melewati area dengan genangan air setinggi 15 – 20 sentimeter yang disediakan oleh penyelenggara. Kemudian, pengunjung juga dapat memanfaatkan area lainnya guna mencoba fitur-fitur yang tersedia di dalam kendaraan tanpa bahan bakar fosil itu.

“Mulai dari fitur auto break assist hingga auto parking akan dapat dicoba langsung oleh para pengunjung,” ujarnya. 
 

Kendaraan listrik melewati genangan air (Sumber gambar: Sevent Event)

Kendaraan listrik melewati genangan air (Sumber gambar: Sevent Event)


Untuk mencoba kendaraan listrik yang ada di ajang ini, pengunjung dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Auto360. Setelah itu, mereka dapat memilih jenis atau merek kendaraan yang hendak dicoba.  

Langkah selanjutnya adalah pengunjung membawa bukti registrasi ke area test drive untuk melakukan registrasi ulang. Dia menambahkan, pengunjung akan mendapatkan pendampingan dari product expert setiap APM guna mendapatkan informasi yang lebih detail tentang kendaraan yang dicobanya.

Secara keseluruhan, ada 3 zona test drive yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mencoba mobil dan motor di ajang ini. Pertama adalah area test ride yang berada di Loading Dock Hall 2. Kedua, area Test Drive A yang berada di Loading Dock Hall 3-3A. “Dan area Test Drive B berada pada Loading Dock Hall 6-9,” tambahnya. 

Sementara itu, sejumlah syarat harus dipenuhi oleh pengunjung sebelum melakukan test drive. Selain melakukan registrasi, pengunjung juga wajib memiliki lisensi berkendara, yakni SIM A atau SIM C yang masih berlaku.

Kemudian, pengunjung juga harus memakai sabuk pengaman, membuka kaca kendaraan, dan wajib mematuhi segala peraturan yang ada pada area-area tersebut saat mencoba kendaraan.

Baca juga: MG Meluncurkan SUV Kompak & Mobil Listrik di GIIAS 2023

“Sedangkan untuk melakukan test ride tentu pengunjung juga harus memiliki SIM yang masih berlaku, menggunakan helm buat melakukan test ride motor serta mematuhi segala rambu-rambu yang ada,” tegasnya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

MG Meluncurkan SUV Kompak & Mobil Listrik di GIIAS 2023

BERIKUTNYA

7 Karya Seni Instalasi yang Memukau di ARTJOG 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: