Ilustrasi bendera merah putih (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

12 Lagu Bertema Kemerdekaan & Kebangsaan, Cocok Diputar untuk Acara 17 Agustusan

08 August 2023   |   16:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kurang dari satu bulan, Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-78 tahun. Saat memasuki Bulan Kemerdekaan, biasanya sederet agenda dan acara dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI hingga puncaknya pada 17 Agustus nanti. Momentum ini selalu disambut meriah oleh seluruh lapisan masyarakat.
 
Tentunya, acara akan kurang meriah tanpa ada iringan musik yang mampu meramaikan suasana sekaligus membakar spirit kebangsaan. Banyak lagu bertema kemerdekaan atau kebangsaan yang bisa diputar untuk semakin menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Baca juga: Cocok Diputar untuk 17 Agustusan, Ini 8 Lagu yang Bikin Semangat

Berikut adalah 12 judul lagu bertemakan kemerdekaan yang bisa menjadi pilihan.
 

1. Berkibarlah Bendera Negeriku (Gombloh)

Berkibarlah Bendera Negeriku adalah lagu ciptaan seniman Gombloh yang dirilis pada tahun 1990-an. Lagu nasional Berkibarlah Bendera Negeriku mengandung makna tentang rasa kecintaan dan kebanggaan seseorang terhadap bendera Tanah Air Indonesia, yaitu bendera merah putih.

Lagu ini juga menyiratkan tentang solidaristas terhadap bangsa Indonesia dan tekad untuk selalu mengharumkan nama bangsa.
 

2. Bangun Pemudi Pemuda (Alfred Simanjuntak)

Diciptakan oleh Alfred Simanjuntak, lagu nasional satu ini juga kerap dikumandangkan saat peringatan Hari Kemerdekaan maupun Sumpah Pemuda. Seperti judulnya, lagu Bangun Pemudi Pemuda berisikan tentang ajakan kepada generasi muda untuk memiliki semangat dan tekad yang kuat sebagai generasi penerus yang akan memajukan bangsa.
 

3. Maju Tak Gentar (Cornel Simanjuntak)

Maju Tak Gentar merupakan lagu nasional ciptaan komposer asal Pematangsiantar, Sumatera Utara, Cornel Simanjuntak. Lagu Maju Tak Gentar sengaja diciptakan untuk meningkatkan semangat cinta Tanah Air, mengobarkan jiwa nasionalisme, dan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara.

Lagu ini diciptakan pada masa perang melawan penjajah Belanda untuk merebut kemerdekaan.
 

4. Hari Merdeka (H. Mutahar)


Satu lagu yang selalu hadir dalam momen HUT RI dalah lagu Hari Merdeka. Lagu ini dirilis pada 1946 dan diciptakan oleh seorang komponis bernama H. Mutahar.

Lirik lagu ini mencerminkan rasa bahagia dan senang rakyat Indonesia karena telah diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia. Pada 2006, lagu ini pun dinyanyikan ulang oleh grup band Cokelat.
 

5. Kebyar-Kebyar (Gombloh)


Kebyar-kebyar merupakan lagu bertema nasionalisme yang diciptakan oleh Gombloh dan dirilis pada 1979. Lagu ini kemudian dinyanyikan ulang oleh band Cokelat pada 2006. Kebyar-kebyar bermakna tentang persatuan, perjuangan, dan semangat rakyat yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia tidak dibeda-bedakan berdasarkan ras, suku, atau agama.
 

6. Bendera (Cokelat)

Meski dibawakan oleh Cokelat, lagu yang dirilis pada 2001 ini merupakan ciptaan gitaris Sheila On 7, Eross Chandra. Lagu dengan beat yang kencang ini juga kerap diputar di acara atau momen nasional termasuk HUT RI, lantaran irama musiknya yang bisa membuat siapa saja berkobar semangatnya.
1
2


SEBELUMNYA

Sunny Girls' Generation Pamit dari SM Entertainment, Begini Isi Suratnya untuk Penggemar

BERIKUTNYA

Jangan Anggap Sepele, Cek Manfaat Vitamin E yang Sering Ada di Produk Sunscreen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: