Ilustrasi orang menggunakan sunscreen. (Sumber gambar: Unsplash/Batch by Wisonsin Hemp)

Jangan Anggap Sepele, Cek Manfaat Vitamin E yang Sering Ada di Produk Sunscreen

08 August 2023   |   18:00 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Ramai dikenal orang sebagai pelindung kulit dari bahaya paparan sinar matahari, sunscreen menjadi produk yang wajib masuk dalam setiap perawatan kulit untuk sehari-hari. Apalagi, mengingat kondisi geografis Indonesia yang beriklim tropis dengan intensitas paparan sinar matahari tinggi. 
 
Salah satu bagian yang menjadikan sunscreen berkhasiat bagi kulit adalah kandungan vitaminnya. Vitamin terdiri dari berbagai macam yang masing-masing dibutuhkan tubuh manusia. Salah satunya adalah vitamin E. Ini jadi kandungan wajib dalam produk sunscreen karena fungsinya sebagai antioksidan dan pelindung sel tubuh, termasuk kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Baca juga: 5 Perbedaan Jenis Sunscreen Berdasarkan Tekstur, Sesuaikan dengan Tipe Kulit Kamu 
 

(Sumber gambar: Pexels/Moose Photo)

(Sumber gambar: Pexels/Moose Photo)

Dikutip dari beberapa sumber, berikut manfaat-manfaat vitamin E yang terkandung dalam sunscreen bagi kesehatan kulit: 


1. Mengurangi potensi penuaan dini

Vitamin E pada sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari efek photoaging, proses penuaan dini yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh paparan berulang terhadap radiasi ultraviolet (UV). Sinar UV tersebut berasal dari sinar matahari yang langsung mengenai kulit. 

Dikutip dari jurnal kesehatan PubMed, Vitamin E berperan penting sebagai antioksidan. Tugasnya melindungi diri dari sel okdatif yang berperan dalam penunaan kulit. Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen dapat menjauhi kalian dari potensi penuaan dini melalui kandungan vitamin ini. 
 

2. Melindungi kulit saat terkena air

Manfaat lain dari vitamin E pada sunscreen yakni bisa melindungi kulit secara menyeluruh, meski kalian sedang berkeringat atau terkena air. Dilansir dari American Academy of Dermatology, rekomendasi penggunaan sunscreen terbaik adalah yang digunakan berulang kali.

Jika kalian bertanya apakah kandungan sunscreen akan hilang ketika seseorang terkena air, sebenarnya bahan aktifnya berpotensi untuk hilang saat terkena air ataupun berkeringat.

Namun, terdapat sejumlah sunscreen yang memiliki fitur waterproof, yang khasiatnya masih akan terasa pada kulit meskipun berkeringat atau bahkan kehujanan. Umumnya, durasi ketahanan fitur waterproof yang ada di produk-produk di pasaran paling lama ada 220 menit. 
 

3. Mengurangi jerawat

Dikutip dari International Journal of Dermatology, kandungan vitamin E pada sunscreen berfungsi sebagai anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi bentuk peradangan dan pembengkakan pada tubuh, seperti jerawat. Laman cancer.gov juga menyatakan bahwa vitamin ini berperan sebagai mekanisme tubuh untuk penyembuhan radang kulit seperti kemerahan, bengkak, hingga nyeri tubuh. 

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Sunscreen & Sunblock

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

SEBELUMNYA

12 Lagu Bertema Kemerdekaan & Kebangsaan, Cocok Diputar untuk Acara 17 Agustusan

BERIKUTNYA

Pemindahan Kontingen Indonesia dari Lokasi Jambore Pramuka Dunia Diiringi Cuaca Panas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: