Ilustrasi printer (Sumber gambar: Freepik)

Perbandingan Printer Canon G4770 dan Epson L8050, Lebih Oke Mana?

12 August 2023   |   08:17 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype, tidak hanya sekadar untuk mencetak dokumen saja, banyak printer saat ini sudah bisa digunakan juga untuk cetak foto, scanning, hingga photocopy. Secara bentuk, printer juga makin ringkas sehingga bisa nyaman diletakkan di berbagai sudut rumah.

Salah satu printer yang memberikan fitur multifungsi dihadirkan Canon melalui seri G4770. Printer tersebut masuk ke dalam segmen in tank. Segmen ini belakangan memang terus bertumbuh dan diminati. Data internal Canon mencatat persentase in tank dengan cartridge saat ini sudah mencapai 50:50.

Dari segi tampilan, printer berwarna hitam ini datang dengan desain khas printer Canon pada umumnya. Dimensinya ialah 416x337x212mm dengan berat kira-kira 7,2 kilogram. Meskipun demikian, bentuknya yang ringkas membuat printer ini masih cukup nyaman untuk dipindah-pindahkan.

Baca juga: Review Printer Canon G4770, Paket Komplet Kebutuhan Rumahan

Pada bagian depan, terdapat beberapa tombol untuk membantu mengoperasikan perangkat. Canon juga menambahkan layar monokrom untuk memuat informasi kerja perangkat berdimensi 1.3 inci atau 3,4 cm.

Masih di bagian depan, terdapat 3 tangki berwarna di sisi kanan, dan satu tangki tinta hitam di sisi kiri. Semua tangki ini bisa diisi ulang dengan mudah berkat botol tinta yang telah dirancang unik agar hanya bisa dimasukkan ke dalam tinta yang sesuai warnanya saja. Adapun, untuk kapasitasnya, botol ini mampu mencetak 7.600 halaman (hitam) dan 8.100 halaman (berwarna).
 

(Sumber gambar: Canon Indonesia)

(Sumber gambar: Canon Indonesia)


Untuk pengoperasiannya juga mudah. Selain dengan kabel, printer bisa dioperasikan secara nirkabel. Pengguna hanya perlu mengoneksikan printer dengan perangkat pribadi melalui Wifi yang disambungkan ke aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY dan Canon Easy-Photo Print Editor.

Lalu, operasi printer bisa dengan mudah dilakukan dari smartphone, laptop, atau PC. Printer ini memiliki kecepatan cetak hingga 11 image per minute (ipm) untuk dokumen hitam putih dan 6 image per minute (IPM untuk dokumen berwarna. Sebagai informasi, kapasitas cetaknya bisa 7,600 halaman (dokumen hitam putih, menggunakan fitur economy mode).

Printer yang dibanderol Rp4.700.000 ini juga telah dilengkapi ADF atau Automatic Document Feeder yang biasanya terdapat pada mesin cetak. Fitur ini akan membantu proses scan, copy, dan fax multiple dokumen secara otomatis.

Di Canon, fitur tersebut mampu bekerja hingga 35 lembar dokumen asli dapat dimuat untuk pemindaian dan penyalinan massal, sehingga tidak perlu berulang kali membuka dan menutup tutup pemindai.

Printer ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan printer dengan konektivitas lengkap dan fitur Auto Document Feeder, serta pengguna yang melakukan kegiatan mencetak dengan jumlah lebih dari 150 halaman per bulan,” ungkap Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip Andryan Widyatmoko Pranata.

Sementara itu, Head of Product Marketing Printer PT Epson Indonesia Syahrizal Aprianto  mengatakan bahwa saat ini Epson menempatkan printer L8050 (A4) dan L18050 (A3) untuk menyasar segmen printer ink tank foto 6 warna.

Keduanya memiliki beberapa keunggulan menarik. Printer ini lebih ringkas 40 persen dan lebih ringan 36 persen dibanding model sebelumnya. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk memindahkan dan meletakkan printer sesuai keinginan.

Printer ini juga memiliki hasil cetak yang kualitasnya lebih baik terutama dari segi gradasi warna. Hal ini membuatnya sangat cocok digunakan mencetak foto, dan juga sudah mendukung ICDS (Image Complement for Down Sample).
 

(Sumber gambar: Epson)

(Sumber gambar: Epson)


Dengan adanya ICDS tersebut, ketajaman cetak teks juga menjadi lebih baik, terutama pada gambar-gambar yang banyak garis seperti karakter huruf atau gambar-gambar desain.

"Memiliki kecepatan cetak yang 2x lebih cepat dari sebelumnya, yakni kecepatan cetak A4 ISO: 8 ipm B/W; 8 ipm warna, serta photo 4x6” hanya 25 detik," ungkapnya.

Selain itu, terdapat tray atau slot khusus untuk mencetak CD/DVD dan PVC ID card, dengan media cetak yang khusus untuk inkjet printer. Kemudian, printer ini juga memiliki software smart panel dan creative print, sehingga memudahkan customer dalam awal setup printer, sampai pencetakan.

Menurut dia, printer Ink Tank memang lagi cukup digemari. Pangsa pasar printer Ink Tank di Indonesia juga makin meningkat. Pada kuartal pertama 2023, segmen ini mengalami kenaikan hingga 83 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang hanya 74 persen.

Baca juga: Canon Luncurkan 3 Printer Ekonomis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Drakor The Killing Vote yang Dibintangi Park Hae-jin

BERIKUTNYA

Duh, Ini Bahayanya Polusi Udara Buat Kesehatan Paru-paru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: