Suga BTS dalam aksi panggungnya di konser Agust D Tour. (Sumber gambar : Instagram/Agustd)

Menilik Makna Amygdala, Lagu Emosional Suga BTS di Konser Agust D Tour in Jakarta

28 May 2023   |   07:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Min Yoon-gi atau yang lebih dikenal dengan nama Suga memberikan performa terbaiknya dalam konser bertajuk Agust D Tour in Jakarta di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD). Tidak terkecuali saat dia membawakan lagu Amygdala yang memiliki makna mendalam bagi kehidupan member BTS itu. 

Berbeda dengan Haegeum yang berisi kritik dan ajakan untuk bebas berekspresi serta belenggu kehidupan, Amygdala bercerita tentang Suga yang berjuang dengan masalah kesehatan mental yang sempat dialaminya. 

Baca juga: Mantap! Suga BTS Pecahkan Rekor Penjualan Album Lewat D-Day

Dalam film dokumenter Disney+ BTS Suga Road To D-DAY, diketahui bahwa lagu itu dikerjakan Suga di sela-sela BTS In The Soop Musim 2. Dalam sebuah van dia terlihat sedang menulis lirik dan merekam musik yang kemudian masuk ke dalam album solo barunya. 

Tampak member BTS lainnya, Jimin masuk ke van dan menemani Suga membuat lagu tersebut. “Ada sesuatu yang disebut amygdala. Otak kamu menyimpan semua kenangan tidak menyenangkan di amygdala,” ucap Suga kepada Jimin yang terlihat penasaran.

Disampaikannya bahwa lirik lagu itu merujuk pada beberapa ingatan traumatisnya, termasuk kecelakaan yang dialaminya, operasi jantung ibunya, dan diagnosis kanker ayahnya. Suga mengaku mengalami perubahan suasana hati yang cukup signifikan setiap kali mengerjakan lagu tersebut.

“Untuk mengatasinya, saya harus mengungkit beberapa kenangan tidak menyenangkan saya,” imbuhnya. 

Alih-alih lari dari kenangan buruk itu, Suga memilih untuk menghadapi dengan membuatnya jadi lagu. Menurutnya, langkah ini adalah proses penting untuk belajar mengendalikan ingatan yang buruk. 

Spesialis Kesehatan Jiwa, dr Zulvia Oktanida Syarif, menerangkan amygdala atau amigdala merupakan area otak yang bertanggung jawab untuk mengatur emosi dan memori atau ingatan yang berhubungan dengan rasa takut dan bahagia. Dia menyebut lagu ini sangat memiliki arti mendalam karena Suga mengungkapkan memori masa lalu dirinya yang traumatis dan banyak isu sensitif yang juga disampaikan lewat lagu ini. 

Salah satu yang ditampilkan di video musik Amygdala yakni memori traumatis Suga ketika mengalami kecelakaan. “Ada cuplikan kejadian yang membuat Suga trauma. Bahkan digambarkan ketika tidur dia alami mimpi buruk atas kejadian tersebut,” ujar dokter yang karib disapa Vivi ini dalam laman Instagram-nya, dikutip Hypeabis.id, Sabtu (27/5/2023).
 

Dikaitkan dengan lagu The Last dalam album Agust D yang dirilis pada 2016 lalu, Suga mengungkap dalam liriknya bahwa dia pernah mengalami depresi, gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD), dan kecemasan sosial. Vivi menyampaikan Suga mengalami beberapa kondisi mental illness

Dalam video musik Amygdala, pria kelahiran Daegu itu juga menggambarkan harus minum obat entah untuk mengatasi sakit pada bahunya akibat kecelakaan atau obat atasi depresi. Pada lagu The Last, Suga juga tampak ke psikiater dengan orang tuanya. Dia bingung dengan dirinya sendiri, begitu pun orang tuanya yang juga tidak mengerti.

Ada bagian lirik dokter bertanya apakah dia berpikir untuk mengakhiri hidup dan menyakiti dirinya sendiri. “Ada adegan ini di MV Amygdala. Kondisi mental Suga pada momen tersebut bisa ada pikiran untuk menyakiti dirinya sendiri,” tutur Vivi. 

Sementara itu, menilik bekas luka di bagian mata yang ditampilkan Suga dalam beberapa video musiknya, Vivi berpendapat rapper BTS itu ingin menunjukkan bukan hanya luka fisik tapi juga batin yang dialaminya. “Di thriller terakhir scar (bekas luka) makin menipis, tandanya dia semakin berdamai dengan dirinya,” sebutnya.

Di balik lagu Amygdala yang memiliki makna mendalam bagi kehidupan pria yang disebut-sebut bakal meninggalkan trilogi Agust D itu, Suga tampil memukau dengan ekspresi emosional saat menyanyikan lagu tersebut dalam panggung Agust D Tour in Jakarta pada hari kedua. Bahkan di akhir lagu, Yoon-gi yang memakai setelan putih itu menjatuhkan diri di atas panggung. 

Nah buat kamu yang bakal nonton konser Agust D ‘D-Day’ Tour in Jakarta, jangan lupa buat hafalin lagu Amygdala biar bisa membebaskan memori buruk hidupmu yang tersimpan. 

Baca juga: Suga BTS Ditunjuk Jadi Duta NBA, Menggabungkan Basket dan K-Pop

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Korea Utara

BERIKUTNYA

Mengenal Cedera Pita Suara yang Bikin Sam Smith Turun Panggung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: