Ilustrasi orang yang sedang bekerja dari rumah-cottonbro (Pexels)

Jenuh Di Rumah? Ini Tiga Kiat Sederhana Usir Rasa Bosan saat WFH

28 July 2021   |   08:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selama pemberlakuan aturan PPKM, banyak orang yang harus bekerja dari rumah guna mengurangi kemungkinan terinfeksi Covid-19 bila beraktivitas di luar rumah. Namun, di sisi lain, bekerja dari rumah untuk waktu yang cukup lama juga rentan mengundang rasa bosan yang bisa mengurangi produktivitas seseorang.

Dokter Umum Rumah Sakit Jatisampurna Alghufron mengatakan bahwa kurangnya interaksi sosial dengan orang lain dan kondisi yang membuat mobilitas seseorang terbatas, cepat atau lambat akan menimbulkan rasa bosan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dokter Ghufron memberikan beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa bosan bahkan stres ketika bekerja dari rumah. 

Pertama, lakukan kebiasaan yang bisa membuat rileks dan bahagia di sela-sela waktu bekerja, misalnya melakukan hobi melukis, memasak atau apa saja yang bisa membuat kamu bisa merasa rileks dan bahagia.
 

Ilustrasi-Garett Mizunaka (Unsplash)

Ilustrasi orang yang bekerja dari rumah-Garett Mizunaka (Unsplash)

Adapun tip yang kedua, melakukan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. “Dengan banyaknya waktu di rumah, bisa menjadi kesempatan untuk mencoba hal baru yang bisa saja menambah value diri. Misalnya, belajar bahasa asing atau memulai kegiatan yang dari dulu ingin dilakukan,” ujarnya dalam diskusi virtual, baru-baru ini.

Tak kalah penting, olahraga menjadi kiat ketiga yang perlu dilakukan untuk mengusir rasa bosan ketika bekerja dari rumah.

Menurut Ghufron, olahraga merupakan salah satu bagian dari source of entertainment atau sumber hiburan bagi seseorang. Sebab, dengan olahraga yang teratur, tubuh akan menghasilkan happy hormon yang terdiri dari endorfin, dopamin, dan serotonin yang bisa memberikan energi positif dan menghilangkan stres.

“Intinya tetap produktif walaupun di rumah saja sehingga otak tidak punya waktu untuk merasakan kebosanan,” katanya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Instagram Akan Gembok Otomatis Akun Pengguna di Bawah Umur

BERIKUTNYA

Salah Kaprah Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: