Film Psycho-Pass Providence (Sumber gambar: Crunchyroll)

Sinopsis & Fakta Menarik Film Animasi Psycho-Pass Providence 

04 August 2023   |   15:56 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Para penggemar anime genre psychological thriller tentu kenal dengan waralaba Psycho-Pass. Anime besutan Naoyoshi Shiotani dan Katsuyuki Motohiro ini sempat populer pada era 2010-an. Dalam rangka memperingati 10 tahun usianya, penonton akan dibawa kembali ke dalam cerita menenangkan lewat film Psycho-Pass Providence

Film tersebut telah tayang perdana pada 12 Mei 2023 untuk pasar domestik Jepang, dan baru saja sampai di pasar Indonesia hari ini, Jumat (4/8). Film masih digawangi oleh sutradara aslinya yakni Naoyoshi Shiotani dan dikerjakan oleh rumah produksi Production IG, yang sebelumnya mengerjakan film seperti Kuroko’s Basketball The Movie: Last Game (2017). 

Baca juga: 5 Alasan Menarik Zom 100: Bucket List of Dead Wajib Ditonton, Anime Zombie Karya Mangaka Alice in Borderland

Cerita Psycho-Pass Providence mengambil latar waktu masa depan dalam situasi dunia yang apokaliptik. 
 

Psycho-Pass Providence (Sumber gambar: Crunchyroll)

Psycho-Pass Providence (Sumber gambar: Crunchyroll)

Sinopsis Psycho-Pass Providence 

Dikisahkan pada Januari 2118, Kepala Inspektur Departemen Investigasi Kriminal, Akane Tsunemori, menerima laporan tentang insiden yang terjadi di kapal Kementerian Luar Negeri. Kejadian itu menewaskan profesor Milicia Stronskaya yang melakukan penelitian penting. 

Kelompok yang terlibat di balik insiden nahas itu adalah mereka yang dikenal sebagai Peacebreakers, sebuah organisasi paramiliter asing yang menimbulkan ancaman serius. Mereka menargetkan makalah penelitian yang dikenal sebagai “Dokumen Stronskaya”. 

Makalah itu disebut-sebut berisi informasi yang sangat kritikal, dapat mengungkap kebenaran yang akan mengguncang pemerintahan Jepang. Termasuk sistem Sibyl yang merupakan perangkat untuk menganalisis kecenderungan kriminal dari seluruh penduduk. 

Menanggapi kejahatan tersebut, Akane kembali ditugaskan dengan Shinya Kogami, seorang mantan buronan Departemen Investigasi Kriminal, tapi dinilai punya kecerdasan dan kemampuan spesial. Mereka berdua dengan pandangan yang berbeda harus bekerja sama menemukan mata rantai kasus yang hilang, guna menyelamatkan Jepang dan manusia. 
 

Fakta Menarik Psycho-Pass Providence 

 

1. Perayaan 10 Tahun Waralaba 

Film Psycho-Pass Providence pertama kali diumumkan pada Agustus 2022, sebagai bagian dari perayaan serial animenya yang mencapai hari jadi ke-10 tahun. Peringatannya sendiri dipromosikan oleh Tomokazu Seki, pengisi suara karakter Shinya Kogami. Selain itu, ada juga program radio yang dilakukan dengan Kenji Nojima yang mengisi karakter Nobuchika Ginoza sebagai presenter. 
 

2. Pengisi Suara Kondang 

Karya animasi fiksi kriminal ini melibatkan sederet nama kondang sebagai pengisi suara, yang sebagian besarnya masih sama dengan versi anime orisinalnya. Duo karakter utamanya, Akane Tsunemori dan Shinya Kogami masing-masing disuarakan oleh Kana Hanazama dan Tomokazu Seki. 

Keduanya sudah banyak malang-melintang di dunia animasi Jepang baik anime, film, hingga video game. Hanamaza bahkan beberapa kali membawa pulang piala di ajang penghargaan seperti Newtype Anime Awards sebagai Best Voice Actress pada 2015 dan 2018. 

Sementara itu, Seki merupakan pengisi suara dan penyanyi senior Jepang. Dia terlibat di banyak judul anime populer seperti Mobile Suit Victory Gundam, Fate/Stay Night, Persona 4, hingga Doraemon

Selain mereka berdua, film terbaru Psycho-Pass juga melibatkan nama-nama pengisi suara Kenji Nojima, Shizuka Ito, Miyuki Sawashiro, Ayana Sakura, Takahiro Sakurai, Hiroki Tochi, Kazuhiro Yamaji, dan Noriko Hidaka. 
 

3. Bukan Film Pertama Psycho-Pass 

Psycho-Pass Providence merupakan film keempat atau keenam (jika trilogi film keduanya dihitung sebagai satuan film masing-masing) dari franchise anime ini. 

Film pertamanya berjudul Psycho-Pass: The Movie rilis pada 2015, diarahkan oleh dua sutradara orisinal animenya, Motohiro dan Shiotani. Filmnya cukup populer dengan pendapatan jutaan dollar dan sejumlah penghargaan di Newtype Anime Awards 2015. 

Film kedua berjudul Psycho-Pass: Sinners of the System merupakan film trilogi yang masing-masing berdurasi sekitar 60 menit. Berurutan, tiap bagian triologi itu berjudul Case 1: Crime and Punishment rilis Januari 2019, Case 2: First Guardian, dan Case 3: On the Other Side of love and Hate yang rilis pada Februari 2019. 

Adapun, film ketiga atau kelima dirilis setahun setelah triloginya meluncur. Film tersebut berjudul Psycho-Pass 3: First Inspector yang rilis pada 2020 dengan sutradara yang sama. Film ini diposisikan sebagai sekuel dari anime Psycho-Pass 3 yang rilis pada 2019. 
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Trailer Diluncurkan, Cek Jadwal Tayang Serial Mask Girl Besutan Kim Yong-hoon

BERIKUTNYA

TXT sampai Red Hot Chilli Peppers, Cek Lineup Musisi yang Tampil di Lollapalooza 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: