Princess Mononoke (1997). (Sumber: Studio Ghibli)

3 Rekomendasi Film Ghibli yang Sarat Pesan untuk Menjaga Alam

01 August 2023   |   13:37 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Like
Film-film produksi Studio Ghibli terkenal memiliki gaya animasi dua dimensi yang khas. Tidak hanya visualnya yang khas dan ciamik, film-film Studio Ghibli selalu memiliki pesan moral yang tersirat dalam alur cerita maupun penggambaran tokohnya. 

Hayao Miyazaki, co-founder Studio Ghibli, terkenal dengan sosoknya yang humanis dan cinta lingkungan. Hal ini tampak dari bagaimana Miyazaki menggarap film-film animasi Studio Ghibli. Meski bergenre fantasi, film Studio Ghibli banyak mengangkat isu-isu kerusakan lingkungan yang terjadi di dunia nyata. 

Baca juga: Animasi Terakhir Hayao Miyazaki, How Do You Live? Jadi Film Pertama Ghibli yang Dirilis di Imax

Topik-topik berat yang dikemas secara ringan dan menyenangkan, tetapi tidak menghilangkan esensi pesan yang ingin disampaikan, membuat film-film Studio Ghibli memiliki banyak peminat. Tak hanya anak-anak, orang-orang dewasa pun banyak yang menyukai film animasi ini. 

Studio Ghibli menjadi pilihan tepat untuk ditonton bersama anak-anak, sebab tak hanya menghibur, pesan moral yang disampaikan sepanjang film dapat menjadi media belajar bagi penontonnya.

Berikut rekomendasi film Studio Ghibli yang sarat dengan pesan untuk menjaga alam.
 

1. Princess Mononoke (1997)


Film yang rilis 1997 ini mengisahkan seorang pendekar muda, Ashitaka, yang terkena serangan roh kutukan jahat saat sedang melindungi desanya. Pemuda itu harus memulai perjalanannya ke dalam hutan untuk menemukan penawar atas lukanya. 

Dalam perjalanannya, Ashitaka bertemu dengan Lady Eboshi, pemimpin komunitas pengrajin besi yang merusak hutan untuk mendapatkan sumber daya alam. Kerusakan hutan pun memicu amarah Dewa Serigala dan peperangan antara keduanya. Hal ini mempertemukan Ashitaka dengan Putri Mononoke, anak perempuan manusia yang tinggal dan dibesarkan oleh sang Dewa Serigala. 

Pertemuan ini menyadarkan Ashitaka tentang betapa manusia telah merusak alam demi keuntungannya sendiri. Film ini akan membawa penonton dalam petualangan seru Ashitaka dan Mononoke dalam mengembalikan keseimbangan alam. Meskipun begitu, terdapat beberapa adegan yang melibatkan darah dan kekerasan, sehingga perlu pendampingan orang tua apabila ingin mengajak anak kecil menonton film ini. 

Mengenai hal ini, Miyazaki mengungkapkan bahwa dia merasa kekerasan dan eksploitasi adalah hal yang memang ada dalam diri manusia.
 

2. Pom Poko (1994)


Disutradarai oleh Isao Takahata, Pom Poko adalah film fabel yang mengangkat kisah sekelompok Tanuki. Tanuki adalah makhluk dongeng masyarakat Jepang berupa anjing rakun yang memiliki kemampuan untuk berubah bentuk.

Para Tanuki harus menghadapi ancaman pembangunan di sekitar hutan yang merusak habitat tempat mereka tinggal. Terancam punah, para Tanuki pun bekerja sama untuk menghentikan kegiatan konstruksi dan mempertahankan rumahnya. Konflik yang diangkat mungkin tampak sederhana, tetapi film ini masih sangat relevan dengan realitas keadaan alam saat ini. 

Film ini akan mengajak penonton dalam keseruan dan tingkah lucu para Tanuki, lengkap dengan ending yang di luar ekspektasi penonton. 
 

3. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)


Bergenre fantasi dan petualangan, film ini mengambil latar ribuan tahun di masa depan ketika bumi telah porak-poranda karena polusi dan peperangan. Film ini merupakan film pertama karya Hayao Miyazaki dan diadaptasi dari manga dengan judul yang sama karyanya.

Nausicaä of the Valley of the Wind berkisah tentang seorang putri, Nausicaä, yang berusaha menghentikan peperangan antara dua negara. Nausicaä digambarkan sebagai sosok yang cinta damai dan berempati besar terhadap para hewan, termasuk serangga raksasa yang berhabitat di Hutan Racun. Studio Ghibli berhasil menggambarkan dengan apik bagaimana hancurnya bumi akibat dari keserakahan manusia.

Itu dia 3 rekomendasi film menarik produksi Studio Ghibli yang mengandung pesan moral bagi manusia untuk menjaga alam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

8 Potret Lisa BLACKPINK Unggah Foto Bare Face, Pamer Kecantikan Natural yang Memesona

BERIKUTNYA

Menengok Peluang Bisnis Jadi Agen dan Distributor, Bisa Mulai Tanpa Modal Besar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: