Ilustrasi IMEI pada iPhone. (Sumber foto: YouTube/IT Jungles)

Bukan Sekadar Angka, Ini Fungsi IMEI pada Smartphone

01 August 2023   |   13:00 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Genhype pernah membeli smartphone atau tablet dari luar negeri untuk digunakan di Indonesia? Kalau pernah, kalian pasti sudah familiar dengan ketentuan pelaporan dan aktivasi IMEI yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Namun, apakah kalian sudah paham tentang apa itu IMEI dan fungsinya?

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor unik untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan seluler. Nomor IMEI dirancang agar smartphone dapat mendeteksi serta mengidentifikasi layanan operator seluler yang akan terhubung pada jaringan yang dapat diakses oleh smartphone.

Baca juga: Cara Mudah Cek IMEI iPhone Resmi, Pastikan Ponsel Aman Ya!

Biasanya nomor IMEI terdiri dari 15 angka yang disusun secara acak untuk setiap ponsel GSM—perangkat CDMA memiliki nomor MEID. Nomor ini bukan hanya sekumpulan angka tapi memiliki fungsi penting untuk mencegah penyalahgunaan ponsel curian. Karena fungsinya sebagai identitas, maka tiap gawai akan memiliki deretan angka berbeda.

Selain berfungsi sebagai syarat aktivasi, nomor IMEI juga bisa membantu ketika suatu saat perangkat kalian tercuri. Memang nomor ini tidak bisa mengembalikan barang yang hilang, tapi kalian dapat memastikan siapa pun yang menemukan atau mencurinya tidak akan dapat menggunakan perangkat tersebut.

Nomor IMEI yang dilaporkan hilang akan tertanda pada operator sehingga smartphone yang hilang tidak akan melakukan/menerima panggilan lagi atau terhubung secara online melalui jaringan seluler, bahkan dengan kartu SIM baru.

Untuk melacak perangkat yang hilang dengan IMEI bisa dilakukan dengan menghubungi penyedia layanan seluler. Sebutkan nomor IMEI pada perangkat sehingga operator dapat memberitahu posisi smartphone serta memblokir smartphone dari jaringan mereka.

Nomor IMEI juga dapat digunakan untuk mengecek info garansi pada smartphone Android maupun Apple. Caranya adalah dengan melakukan panggilan ke *#66#. Ketik *#66# pada menu panggilan di smartphone, lalu informasi terkait IMEI smartphone kamu akan langsung tampil di layar

Khusus untuk Android pada perangkat Oppo, info garansi dapat dicari dengan mencantumkan nomor IMEI yang tertera pada bagian belakang kemasan atau box smartphone di situs resmi Oppo.

Mengecek IMEI dilakukan untuk mengetahui status keaslian dari smartphone dan waktu kedaluwarsa dari garansi yang kamu miliki. Garansi smartphone umumnya berfungsi sebagai jaminan ketika pengguna smartphone ingin memperbaiki ponsel di pusat layanan.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Tanda Saatnya Kalian Harus Ganti Lensa Kontak

BERIKUTNYA

4 Fakta Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon yang Tayang Awal Agustus 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: