Ilustrasi iPhone (Sumber gambar: Arnel Hasanovic/Unsplash)

Cara Mudah Cek IMEI iPhone Resmi, Pastikan Ponsel Aman Ya!

13 September 2022   |   14:01 WIB

Sebelum menggunakan produk ponsel yang baru saja dibeli, ada baiknya jika Genhype melakukan pengecekan menyeluruh agar gadget yang akan digunakan terjamin keamanannya. Salah satu kelengkapan yang harus kamu cek adalah International Mobile Equipment Identity atau IMEI.

IMEI adalah rangkaian karakter yang berisi nomor identitas sebuah perangkat ponsel mobile seperti smartphone. Pengecekan IMEI menjadi penting karena terkait dengan identifikasi legalnya produk ponsel sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah dalam program pengendalian IMEI di Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020.

Baca juga: Yuk Cek Harga dan Warna iPhone 14 Series

Tidak hanya itu, IMEI juga ditujukan untuk kepentingan pelacakan jika ponsel hilang atau dicuri. Biasanya IMEI terdiri dari 15 digit nomor yang tertempel di perangkat ponsel. Sebelum melakukan pengecekan IMEI iPhone, pastikan kamu sudah mengetahui nomor IMEI masing-masing.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat nomor IMEI iPhone yaitu:
 

1. Cek lewat Apple ID

Dilansir dari laman Apple Support, pengecekan IMEI iPhone juga dapat dilakukan dengan cara membuka menu Apple ID pada iPhone milikmu. Pastikan kamu sudah login menggunakan Apple ID, lalu klik tulisan Device dan pilih perangkat. Jika sudah masuk ke Apple ID, bukalah Pengaturan dan klik Apple ID yang tertulis nama kamu. Pada bagian bawah menu ini terdapat nama perangkat dan informasi IMEI untuk kamu cek.


2. Cek di Perangkat iPhone

Nomor IMEI juga bisa dicek pada perangkat bagian iPhone. Untuk iPhone 5 hingga 6s, nomor IMEI tercantum pada bagian belakang iPhone. Sementara untuk iPhone 6s Plus ke atas, nomor IMEI tercantum di bagian slot kartu SIM yang bisa kamu buka menggunakan SIM Ejector.

Ilustrasi menu Pengaturan di iPhone (Sumber gambar: Sara Kurfess/Unsplash)

Ilustrasi menu Pengaturan di iPhone (Sumber gambar: Sara Kurfess/Unsplash)

 

3. Cek bagian About di Pengaturan.

Nomor IMEI juga bisa dengan mudah kamu temukan dengan membuka menu Pengaturan, kemudian klik Umum, selanjutnya klik About. Gulirkan layar ke bawah hingga ditemukan informasi IMEI, ICCID, dan MEID.
 

4. Cek lewat Keypad Telepon

Selain itu, nomor IMEI juga bisa dilihat dengan menekan *#06# di keypad telepon. Setelah diklik, nantinya akan muncul informasi IMEi lengkap dengan MEID sebagai identitas iPhone kamu. Kamu hanya perlu menekan nomornya saja tanpa harus klik ikon telepon.

Jika sudah menemukan nomor IMEI, selanjutnya bukalah situs Kementerian Perindustrian RI. Untuk mengetahui apakah iPhone yang digunakan sudah resmi dan legal terdaftar di data pemerintah, kamu bisa kunjungi laman imei.kemenperin.go.id.

Baca juga: iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Juga Dirilis, Ada Fitur Dynamic Island dan Chip A16 Bionic

Dalam laman tersebut, masukan 15 digit nomor IMEI. Jika IMEI iPhone sudah legal, maka akan muncul tulisan IMEI terdaftar di database Kemenperin. Hal ini menandakan iPhone kamu sudah aman untuk digunakan karena resmi terdaftar di Kementerian Perindustrian RI.

Genhype, itulah cara mudah untuk melakukan cek IMEI iPhone. Pastikan kamu menggunakan perangkat gadget yang sudah legal ya!

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

3 Konser Musik di Bandung September-Oktober Tahun Ini, Ada The Script Loh!

BERIKUTNYA

Lee Jung-Jae Menang Best Lead Actor, Ini Daftar Para Pemenang Emmy Awards ke-74

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: