Rawon dinobatkan sebagai sup terenak di dunia. (Sumber foto: Tyasindayanti/Freepik)

Rawon Jadi Sup Terenak di Dunia Versi Taste Atlas, Ini Daftar Lengkapnya

31 July 2023   |   13:22 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

5. Taiwanese Hot Pot

Nilai : 4,7

Hot pot versi Taiwan ini dimakan selama musim dingin. Resepnya utamanya yakni sepanci kaldu dan berbagai bahan yang dimasak di dalamnya, lalu dicelupkan ke dalam kuah pendamping sebelum dikonsumsi.

Kaldu bisa dibuat dari bonito dan kombu, bumbu China, acar kol, tulang babi, susu, miso, atau kimchi. Bahan yang dimasak di dalamnya sering berupa umbi-umbian, tahu, siomay, perkedel ikan, talas goreng, atau daging yang diiris tipis. Sebagian besar restoran hot pot memiliki bar bumbu dengan saus dan hiasan seperti saus sha cha (saus barbekyu yang berasal dari sate), kecap, cuka putih, cuka hitam, pasta wijen, bawang putih, ketumbar, cabai, daikon, dan biji wijen. 


4. Sopa de lima, Meksiko

Nilai : 4,7

Hidangan tradisional dari Semenanjung Yucatan, Meksiko ni merupakan sup ayam dan tomat yang pedas dan beraroma. Supnya dibumbui dengan jeruk nipis Yucatan yang unik dan pahit serta cabai habanero pedas.

Karena limau asli Yucatan tersebar di seluruh semenanjung, tidak heran jika limau ini tergabung dalam banyak resep masakan Yucatecan. Sup yang hangat dan sehat dari iklim yang hangat, sopa de lima juga cocok sebagai makanan musim dingin. Meski asal muasal sup ini masih menjadi misteri, beberapa sejarawan makanan menyatakan bahwa kemungkinan besar sup ini berasal dari hidangan Maya kuno.


3. Tom Kha Gai

Nilai : 4,7

Tom kha gai adalah hidangan lezat nasional Thailand yang datang dari utara dan membawa pengaruh negara tetangga, Laos. Ini adalah sup yang namanya diterjemahkan menjadi sup ayam lengkuas rebus.

Tom Kha Gai terdiri dari santan, potongan ayam atau suwir, lengkuas (tanaman kayu berwarna coklat kemerahan atau merah muda terkait dengan jahe), serai, bawang putih, cabai rawit, daun jeruk purut, kecap ikan, dan jamur shiitake. Lengkuas pedas sedikit asam dan rasa bunga memberikan kontras yang menarik dengan krim santan, menciptakan hidangan aromatik dalam prosesnya. Tom Kha Gai sangat bergizi dengan khasiat obat, seperti kemampuan menenangkan saluran pencernaan. 


2. Ramen Tonkotsu, Fukouka-Jepang

Nilai : 4,7

Tonkotsu adalah jenis ramen unik yang terdiri dari kaldu babi berlemak yang sangat kaya, mie segar, kuning telur lembut, dan perut babi empuk yang meleleh di mulut. Sup ini sangat populer dan spesial sehingga bisa menjadi hidangan tersendiri dari Ramen.

Ramen ini biasanya diberi daun bawang untuk menambah varian warna, rebung untuk rasa renyah, kacang, rumput laut nori untuk kerenyahan, dan jagung manis untuk rasa yang lebih enak. Namun Tonkotsu juga dikembangkan dengan memasak tulang babi dalam waktu yang sangat lama, hingga kolagen dan lemaknya larut, menghasilkan tekstur hidangan yang unik dan lembut. 


10. Rawon, Surabaya-Indonesia

Nilai : 4,8

Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen utamanya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia.

Taste Atlas menyebut bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Kluwek kemudian digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja, asam, serta warna hitam gelap yang unik.

Baca juga: 3 Kuliner Legendaris Indonesia yang Masih Eksis, Ada Sate Padang Petak IX dan Tengkleng Gajah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Pusat Data Lagu dan Musik Diharapkan Permudah Pembayaran Royalti ke Musisi

BERIKUTNYA

Ini Kondisi Youtuber IshowSpeed yang Diduga Alami Sakit Kepala Cluster

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: