Best new cookbooks for hunkering down during the pandemic. Peloton recalls pedals on 27,000 exercise bikes after reported injuries

Hati-hati dan kenali tanda keamanan ponsel telah dibobol (Pexels/Pixabay)

Cek 10 Tanda Ponsel Kalian Kemungkinan Telah Diretas

27 July 2021   |   18:05 WIB

Belum lama ini, dunia teknologi informasi dikejutkan dengan terungkapnya skandal mata-mata Pegasus. Spyware tersebut digunakan untuk melacak aktivitas jurnalis, aktivis hak asasi manusia, dan eksekutif bisnis.
Beredarnya laporan menganai hal tersebut membawa ketakutan masyarakat luas terhadap aktivitas mata-mata atau spionase dalam perangkat elektronik seperti ponsel pintar atau smartphone.

Sementara warganet umumnya tidak perlu khawatir dengan alat mata-mata seperti Pegasus, ada perangkat lunak dan aplikasi peretasan atau mata-mata lain yang perlu diwaspadai.

Aplikasi tersebut biasanya mencoba mencuri informasi keuangan di ponsel pengguna, dan yang lainnya mencoba mencari kendali penuh atas ponsel termasuk galer foto, panggilan, pesan, dan yang lainnya.

Aplikasi dan tools mata-mata ini pada dasarnya menyembunyikan diri di dalam perangkat dan tidak dapat ditemukan dengan muhda. Akan tetapi, ada tanda-tanda yang mengindikasi bahwa ponsel kalian mungkin telah ditandai, diretas, atau dimata-matai.

Dilansir dari Gadgets Now, berikut ini ada beberapa tanda tersebut :

1. Baterai Ponsel Terkuras Lebih Cepat 

Jika baterai ponsel kalian lebih cepat habis dengan pemakaian seperti biasa, patut dicurigai ada malware di dalamnya. Periksa jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk memastikan hal tersebutt.

2. Muncul Aplikasi yang Tak Diunduh

Jika kalian melihat adanya aplikasi di ponsel pintar yang tidak kalian unduh dan tidak kalian kenali, ini bisa jadi merupakan pekerjaan dari hacker atau spyware yang telah meretas ponsel kalian.

3. Ponsel Lambat

Ponsel yang tiba-tiba menjadi lambat mengindikasikan bahwa perangkat mungkin diretas, di mana penjahat menggunakan lebih banyak sumber daya dan daya baterai dari yang seharusnya.

4. Pemakaian Data Melonjak

Penggunaan data yang tiba-tiba naik, lebih tinggi dari biasanya bisa juga jadi tanda. Aplikasi atau perangkat lunak berbahaya mungkin menghabiskan data seluler kalian di latar belakang saar mereka melacak aktivitas pengguna.

5. Ponsel Menjadi Aneh

Jika ponsel kalian bertingkah aneh dan tidak biasa, juga merupakan tanda peretasan. Ini termasuk aplikasi yang tidak berjalan secara tak terduga atau gagal dimuat, banyak situs terlihat berbeda dari biasanya, yang yang lainnya.

6. Muncul Pop-up di Mana-mana

Kemunculan pop-up di layar secara terus menerus menunjukkan ponsel terkena adware, sejenis perangkat lunak berbahaya yang membanjiri perangkat dengan iklan. Disarankan segera mencari sumber dan jangan mengklik tautan yang muncul.

7. Foto dan Video yang Tidak Pernah Diambil

Kalau kalian melihat foto dan video di galeri ponsel yang tidak kalian tidak ingat pernah mengambilnya, waspadalah karena itu adalah tanda bahwa orang lain mungkin memiliki kendali atas kamera perangkat.

8. Lampu Flash yang Menyala

Flash atau lampu kilat menyala saat kalian tidak sedang menggunakan ponsel adalah tanda lain yang harus diwaspadai. Ini mungkin karena seseorang mengontrol perangkat kalian dari jarak jauh.

9. Ponsel Menjadi Panas

Ponsel dapat memanas ketika penggunaan waktu yang lama untuk bermain gim atau menjalankan aplikasi lain. Tapi, jika ponsel kalian menjadi panas bahkan saat tidak dipakai, ada kemungkinan besar peretas sedang melakukan sesuatu.

10. Panggilan yang tidak dilakukan

Jikalau kalian melihat teks atau panggilan di log yang tidak dikirim atau dibuat muncul, ini adalah tanda umum yang terjadi pada ponsel-ponsel yang telah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Editor : Dika Irawan
SEBELUMNYA

Ini Gejala Kanker Kepala dan Leher yang Perlu Kamu Waspadai

BERIKUTNYA

Punya Adonan Sourdough? Yuk Kita Buat Keripik Keju dengan Cara Mudah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: