Ilustrasi guru (Mas Fischer/Pexels)

5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Nominalnya Miliaran Rupiah

05 October 2022   |   17:12 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Memperingati Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober hari ini, murid dari berbagai jenjang pendidikan menyampaikan ucapan dan apresiasi atas jasa pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Sebagaimana diketahui, guru merupakan salah satu profesi yang dijunjung tinggi di beberapa negara.

Bukan tanpa alasan, guru memiliki fungsi penting dalam menumbuhkan insan yang terampil dan bermoral di sebuah negara. Saking terhormatnya profesi guru, beberapa negara rela mengeluarkan dana besar untuk dunia pendidikan, termasuk penghasilan bagi para gurunya.

Baca jugaSambut Hari Guru Sedunia, Ini 7 Ide Kado Unik Untuk Apresiasi Gurumu!

Berbeda dengan di Indonesia, di mana gaji guru sering mendapat sorotan. Guru-guru di negara-negara tersebut justru terbilang layak. Tidak tanggung-tanggung, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) mencatat penghasilan sebesar untuk guru tercatat Rp1,43 miliar per tahun untuk profesi guru di negara Luksemburg.

Tidak hanya Luksemburg, yuk simak negara dengan gaji guru tertinggi di dunia.
 

Ilustrasi guru : (Sumber gambar: Mentatdgt/Pexels)

Ilustrasi guru : (Sumber gambar: Mentatdgt/Pexels)

 

1. Swiss

Dilansir dari Naibuzz, rata-rata gaji guru per tahun di Swiss mencapai US$110.000 atau setara Rp1,6 miliar (kurs Rp15.203). Nilai ini sekaligus menandai Swiss sebagai negara dengan gaji guru tertinggi di dunia.  Swiss memang dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang sangat tinggi, termasuk dalam sekolah dasar negeri. Pemerintah Swiss melakukan investasi besar-besaran untuk sektor pendidikan publik yang dapat diakses secara gratis.
 

2. Luksemburg

Gaji guru yang mencapai US$100.000 setara Rp1,5 miliar dalam setahun, berbanding lurus dengan kualitas pendidikan pada negara ini.  Menurut OECD, kualitas pendidikan di Luksemburg melampaui banyak negara lain. Hal ini ditandai dengan total 77 persen warga Luksemburg yang paling tidak sudah menempuh pendidikan menengah atas.
 

3. Kanada

Kanada memang dikenal dengan kualitas pendidikannya yang baik. Bahkan, banyak warga negara lain melanjutkan pendidikan tingkat atas di negara tersebut. Kanada memberikan gaji sekitar US$74.000 per tahun atau Rp1,1 miliar. Dilansir The Star, bahkan guru akan digaji lebih tinggi setelah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun. Dengan pola belajar yang unik, setiap tenaga pendidik diwajibkan membawa beragam perspektif ke depan siswa dengan tujuan memperluas mindset para siswanyanya.
 

4. Jerman

Masuk dalam daftar negara teratas dengan gaji guru paling tinggi ke-4, Jerman rela merogoh kocek dalam demi kemajuan pendidikan di negaranya. Mereka mengaji sekitar US$70.000 per tahun senilai sekitar Rp1 miliar. Sebagian besar sistem pendidikan di Jerman menekankan pada tes komprehensif yang akan menunjukkan kualitas para siswanya untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi.
 

5. Australia

Australia cukup menjadi kiblat pendidikan untuk negara-negara berkembang. Negara ini menyiapkan dana besar untuk guru fresh graduate dan guru berpengalaman. Guru berpengalaman dibayar sebesar AU$98.000 per tahun setara Rp??963 juta, sedangkan guru fresh graduate dibayar AU$60.000 atau Rp688 juta. Dilansir dari IDP, Sydney dan Melbourne menduduki kota teratas dengan siswa terbaik di negara ini.

Genhype, itulah beberapa negara di dunia yang memberikan gaji guru tertinggi. Selamat Hari Guru Sedunia!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Solois WOODZ Akan Gabung dengan EDAM Entertainment Pasca Kontrak Habis

BERIKUTNYA

Inovasi Berkelanjutan Dorong Upaya Penciptaan Kompor Hidrogen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: