Ilustrasi serum (Sumber gambar: Freepik)

Begini Cara Mengaplikasikan Vitamin C dengan Benar

28 July 2023   |   20:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki kulit glowing meski riasan sedang minimalis adalah impian banyak orang. Namun, untuk mendapatkan kulit glowing, banyak orang yang perlu melakukan beberapa perawatan, baik dari luar maupun dari dalam dengan menjaga asupan makan.

Melansir dari Kemenkes, nutrisi dan gaya hidup cukup berperan dalam hal ini. Pola makan yang baik akan berkontribusi menciptakan kulit yang glowing dan sehat. Ada beberapa asupan yang bisa direkomendasikan untuk membuat kulit glowing.

Baca juga: Rekomendasi Serum Anti-Penuaan Dini untuk Samarkan Garis-garis Halus dan Kerutan Wajah

Salah satunya adalah vitamin C. Vitamin ini punya peran penting karena mengandung antioksidan yang berperan sebagai sintesis kolagen. Dengan demikian, kandungan tersebut bisa membantu kulit meregenerasi selnya.

Kekurangan asupan vitamin C bisa membuat kulit cepat kering dan kasar. Terkadang, bisa memicu munculnya keriput dini. Bagi orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin ini per harinya ialah 75 gram hingga 90 gram.

Kebutuhan itu bisa terpenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur secara cukup. Namun, selain perawatan dari dalam, juga mesti dibarengi dengan perawatan dari luar. Vitamin C yang sudah dalam bentuk serum bisa diaplikasikan ke kulit untuk membantu mencerahkan wajah.

Melansir dari Healthline, serum vitamin C punya banyak manfaat yang bisa mendukung kulit lebih glowing. Serum jenis ini juga mampu mengurangi kemerahan, hiperpigmentasi, dan mengurangi munculnya lingkaran di bawah mata.

Kandungannya yang cukup banyak juga memberikan hidrasi kulit lebih baik, memproduksi kolagen, dan dapat melindungi sengatan matahari. Untuk menggunakan serum jenis ini, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar manfaatnya bisa maksimal.
 


Tahapan Pemakaian Vitamin C untuk Kulit

 

Ilustrasi serum (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi serum (Sumber gambar: Freepik)

Sserum vitamin C sebenarnya secara umum punya efek toleransi yang baik bagi kulit. Hampir semua jenis kulit bisa menerima serum jenis ini dengan baik. Namun, kehati-hatian mesti dikedepandan dalam upaya perawatan diri ini.

Alangkah baiknya jika sebelum mencobanya, setiap orang bisa melakukan tes sampel terlebih dahulu. Cara ini untuk menilai risiko alergi yang mungkin saja terjadi di kulit setelah pemakaian serum ini.

Cobalah pilih area kulit kecil yang mudah disembunyikan, seperti lengan bawah. Oleskan produk dan tunggu 23 jam. Jika tidak ada reaksi efek samping, kemungkinan besar serum vitamin C bisa digunakan di wajah.

Namun, apabila ada ruam, kemerahan, atau gatal, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Jika perlu, lakukan konsultasi dengan dokter kulit atau dokter pribadi.

Untuk pemakaian normal, serum vitamin C bisa dioleskan sekali atau dua kali sehari. Aturan praktis sebelum memakai serum ialah dengan selalu membersihkan wajah terlebih dahulu. Baru setelah itu, serum bisa dioleskan secukupnya secara merata ke wajah.

Pastikan juga mengaplikasikan serum menggunakan alat khusus atau dalam keadaan tangan bersih. Kemudian, pastikan juga tanggal penggunaan produk dan aturan pakai lain yang mungkin berbeda dari setiap merek.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Begini Tren Kosmetik Medik, Tak Sebatas Filler atau Botox

BERIKUTNYA

Yuk Berkreasi Membuat Cloud Brew dan Pink Cream Berry Ala Kopi Kenangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: