Sejumlah musisi yang akan tampil dalam Synchronize Fest 2023 dalam acara konferensi pers Synchronize Fest 2023 di M Bloc Space, Jakarta, Selasa (25/7/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Cek Lineup Lengkap Synchronize Fest 2023, 167 Musisi Lokal Siap Tampil

25 July 2023   |   19:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Deretan lineup lengkap Synchronize Fest 2023 akhirnya dirilis. Tahun ini, hajatan musik itu akan dimeriahkan 167 musisi dari beragam genre dan generasi. Mengusung tema Bhinneka Tunggal Musik, Synchronize Fest akan digelar pada 1-3 September 2023 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Seluruh penampil di Synchronize Fest 2023 resmi diumumkan melalui sebuah video yang digarap oleh Moses Sihombing, seorang seniman sekaligus fotografer asal Jakarta. Dengan manual, dalam menggarap video ini, Moses menggunakan sekitar 32 teknik stop motion yang menghasilkan hampir 20.000 frame gambar.

Baca juga: HITC Umumkan Festival 88 Degrees & Rising di Jakarta, Cek Line Up & Info Tiketnya

Menjadi festival musik yang memberikan ruang para musisi lokal, seluruh lineup yang akan tampil di Synchronize Fest adalah penyanyi dan grup band dalam negeri lintas genre dan generasi.

Beberapa di antaranya merupakan musisi senior seperti Deddy Dhukun, Mus Mujiono, Iwan Fals, Slank, Godbless, Melly Goeslaw, Indra Lesmana, Bimbo, Yanti Bersaudara, dan Jhony Iskandar.
 

acara konferensi pers Synchronize Fest 2023 di M Bloc Space, Jakarta, Selasa (25/7/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Acara konferensi pers Synchronize Fest 2023 di M Bloc Space, Jakarta, Selasa (25/7/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Di samping itu, hadir pula sederet musisi Indonesia populer saat ini yang tengah digandrungi penikmat musik Tanah Air seperti Yura Yunita, Rizky Febian, Bunga Citra Lestari, Noah, Idgitaf, Tulus, Isyana Sarasvati, Project Pop, Nadin Amizah, dan Kunto Aji.

Selain menampilkan sejumlah musisi populer dan legendaris Indonesia, pada perhelatan tahun ini Synchronize Fest juga memberikan ruang yang luas bagi musisi pendatang baru berbakat. Dari seluruh lineup, sepertiganya merupakan musisi pendatang baru di antaranya Pelteras, VLAAR, ZIP, Enola, Thee Marloes, Foreseen, dan Kadapat.

Aldila Karina selaku Director of Communications Synchronize Fest mengatakan pertumbuhan band dan musisi baru berkualitas di Indonesia begitu pesat, bahkan bisa dibilang menjadi yang terbaik pertumbuhannya di Asia Tenggara.

Kesimpulan tersebut, didapatkannya berkat riset yang dilakukannya dan tim secara berkelanjutan melalui program emerging artist mingguan bernama Gigs Stage yang biasa hadir di toko musik Demajors di M Bloc, Jakarta Selatan.

"Melalui kancah panggung akbar Synchronize Fest, publik perlu mengenal insan musik baru yang nantinya akan menjadi masa depan bagi musik Indonesia," katanya dalam acara konferensi pers Synchronize Fest 2023 di M Bloc Space, Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Tak hanya menyiapkan sederet line up seperti acara-acara sebelumnya, Synchronize Fest 2023 juga akan diramaikan dengan 12 nama penampil spesial yang menjadi keunikan tersendiri untuk gelarannya tahun ini.

Kedua belas nama penampil ini merupakan proyek kolaborasi beberapa musisi lintas genre dan generasi yang siap untuk mempersembahkan pertunjukan spesial kepada pencinta musik Tanah Air.

Mereka adalah Bimbo Bersama Yanti Bersaudara, God Bless 50 Tahun, Iwan Fals x Sawung Jabo, Konser Petualangan Sherina (Jakarta Movin, Isyana Sarasvati, Yura Yunita & Reza Chandika), Matajiwa x Matajiwo, Melly Goeslaw Songbook (feat. BBB, Irwansyah & Anda Perdana).

Ada juga Mesin Waktu 2.0: Teman-teman Menyanyikan Lagu NAIF, Selangkah ke Seberang: Dekade Fariz RM ‘79-‘89, Soneta Group x Dipha Barus, Symphony from Hell, dan 4 Sehat 5 Nambah.
 


Tahun ini, Synchronize Fest akan menghadirkan 8 panggung yakni Dynamic Stage, District Stage, Lake Stage, Forest Stage, XYZ Stage, Record Market, dan yang terbaru adalah Panggung Getar, hasil kolaborasi dengan kolektif Kobra Musik.

Melalui Panggung Getar, Kobra Musik akan mewadahi sekumpulan unit musik dangdut dan koplo yaitu Babaloman, Munhajat, Olsam, OM Lawan, OMPLR, Orkes Pensil Alis, Orkes PJM, Orkes Taman Bunga, Pasukan Perang, Serempet Gudal, dan Sudhobool.

Namun, Kobra Musik bukan satu-satunya kolektif musik yang dilibatkan untuk membuat proyek kurasi penampil di Synchronize Fest 2023. Ada pula label rekaman independen Jakarta, La Munai Records, yang turut mengkurasi para penampil di area Record Market dan Gigs Stage diantaranya Anjing Dub, Bosborot, Coincidence, Studiomaja, dan Kinder Bloomen.

Baca juga: FLAVS Festival Ditunda Jadi Oktober 2023, Promotor Buka Opsi Refund Tiket

David Karto selaku Director of Festival Synchronize Fest menuturkan menjadi gelaran yang kedelapan, Synchronize Fest 2023 menjadi edisi yang spesial karena menghadirkan jajaran lineup yang lebih ramai ditambah adanya eskalasi pertunjukan yang lebih konseptual.

"Semua ini akan menjadi proses pembelajaran serta kolaborasi yang menarik bagi tim Synchronize Fest untuk memajukan dunia pertunjukan musik Indonesia," katanya.

Seiring dengan informasi lineup lengkap, pihak promotor juga mengumumkan penjualan tiket Synchronize Fest 2023 yang mulai dibuka pada hari ini, Selasa (25/7/2023), melalui situs www.synchronizefestival.com. Adapun, tiket dibanderol dengan harga mulai dari Rp250.000 hingga Rp650.000.
 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Denny Malik, Penyanyi Jalan-Jalan Sore yang Fenomenal dengan Kawasan Melawai Blok M

BERIKUTNYA

Cek Harga & Cara Beli Tiket Synchronize Fest 2023 yang Siap Digelar September

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: