Collector-x (Sumber Foto: Bara Games)

Collector-x, Gim Mobile MMORPG Buatan Lokal yang Bikin Nostalgia

21 July 2023   |   20:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Gim dengan genre MMORPG seolah membangkitkan kenangan lama para gamers era 2000-an. MMORPG merupakan singkatan dari massively multiplayer online role-playing game. Permainan ini umumnya sama seperti gim role play, tetapi bisa dimainkan bersama ratusan hingga ribuan player dalam satu waktu.

Istilah MMORPG pertama kali dikenalkan Richard Garriot saat meluncurkan gim bernama Ultima Online pada 1997. Dulunya genre semacam itu disebut dengan Multi User Dungeon (MUD). Gim MMORPG pertama di Indonesia adalah Nexus: the Kingdom of The Winds yang rilis pada 1996. Gim hasil karya Nexon ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh BolehGame.

Baca juga: Resmi Dirilis, Cek 4 Fitur Unggulan Infinix Hot 30 Play , Cocok untuk Gamers Mobile

Tak berhenti disana, Indonesia juga punya gim MMORPG buatan developer lokal terbaru berjudul Collector-X. Diluncurkan pada Juli 2023, Collector -x merupakan gim mobile dengan grafik 3D imersif. Terdapat perpaduan elemen fantasi klasik seperti sihir dan pedang. Namun, tetap diberi sentuhan elemen modern seperti kemampuan untuk berevolusi.

Pemain dapat menciptakan karakternya sendiri dan mengumpulkan semua item yang diperlukan untuk membuat X-Weapon. Pemain dapat bergabung dengan pahlawan lainnya dalam perang grup 5 vs 5.

Juleo Barakutama, Chief Executive Officer (CEO) Bara Games, pengembang dari Collector-x memaparkan bahwa MMORPG merupakan gim yang mengedepankan kebersamaan. 

Melalui gim ini dia menyoroti kembali pentingnya memulihkan elemen menarik yang sering terlupakan dalam pengembangan MMORPG sekarang. Semua fitur yang ada dalam gim hendaknya dapat menjalin ikatan dan interaksi antar player dalam petualangan bermain mereka.

"Pengalaman sejati bermain MMORPG hanya dapat dicapai dengan memperkuat dimensi multiplayer yang meliputi fitur transaksi antara player dan melakukan pertarungan dengan player lain alias PK (Player Killing)," ujarnya dalam keterangan tertulis.
 

Gim MMORPG Collector-x (Sumber Foto: Google Play)

Gim MMORPG Collector-x (Sumber Foto: Google Play)

Collector-X memiliki pendekatan yang sederhana dan tidak memusingkan pemain dengan quest terlalu rumit dan panjang. Gim ini juga terbilang ringan dan menghibur, sehingga pemain dapat menikmati unsur-unsur utama dari MMORPG tanpa harus mengorbankan terlalu banyak waktu.

"Dengan perpaduan antara kesederhanaan, kesenangan, dan kemudahan aksesibilitas, Collector-X siap mengajak para pemainnya dalam petualangan seru yang penuh kejutan," kata Juleo.

Salah satu fitur spesial Collector-X adalah kemampuan evolusi ke class yang lebih tinggi. Saat hero mencapai level 150, mereka dapat berevolusi ke jalur yang diinginkan dengan bertukar X-DNA. 

Melalui fitur ini, pemain bebas menyesuaikan strategi mereka dengan menggunakan berbagai chip dengan beragam fungsi yang dapat diselipkan ke dalam equipment mereka. Pakaian karakter juga akan diganti dan ada status bonus untuk jangka waktu tertentu.

Setiap kali karaktermu naik level, kamu akan menerima satu SP (Skill Point) dan tiga LP (Level Point). Gunakan SP untuk meningkatkan keterampilan yang diperlukan yang dibutuhkan. Nah Genhype, Collector-X sudah bisa diunduh di Playstore dan App Store.

Baca juga: Cek 5 Fitur ROG Phone 7, Smartphone Gaming Terbaru dari ASUS

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Para Pemeran Film Oppenheimer, Ada Cillian Murphy hingga Matt Damon

BERIKUTNYA

Digelar pada 18 September 2023, Yuk Intip Fakfa-fakta Emmy Awards 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: