Gim Dr. Mario World. (Dok. Nintendo/LINE Corporation/NHN Entertainment)

Yah, Gim Dr. Mario World Versi Mobile Resmi Dihentikan

28 July 2021   |   13:27 WIB

Bagi Genhype yang gemar bermain gim Dr. Mario World melalui ponsel pintar, ada kabar buruk yang enggak bisa dihindari. Sebab, Nintendo selaku pengembang gim Dr. Mario World memutuskan untuk menutup gim ini dan mengakhiri penjualan di dalam aplikasinya per hari ini, Rabu (28/7).

Berakhirnya gim Dr. Mario World tersebut menjadikannya sebagai gim ponsel pertama yang operasinya diberhentikan.

"Kami mengumumkan bahwa layanan Dr. Mario World akan diberhentikan pada Senin, 1 November 2021 pukul 15.00 waktu Jepang (13.00 WIB). Kami mengucapkan terima kasih atas kemitraan dengan banyak pelanggan sejak layanan ini dimulai pada 10 Juli 2019," tulis Nintendo dalam situs resminya.

Penutupan ini seiring dengan buruknya performa Dr. Mario World berdasarkan data dari SensorTower yang menunjukkan bahwa gim ini menjadi gim ponsel pintar terburuk dalam aspek pendapatan. The Verge melaporkan, ini juga termasuk dengan gim Super Mario Run yang memiliki penjualan yang gagal ketika ingin mengembangkan model freemium (free premium).

Dr. Mario World merupakan gim puzzle yang hadir untuk pengguna ponsel iOS dan Android. Gim ini merupakan gim gratis untuk diunduh dan dikembangkan oleh Nintendo, LINE, dan NHN Entertainment. Hadir di 59 negara termasuk Jepang dan Amerika Serikat, gim ini merupakan gim ponsel kedua yang dirilis setelah Super Mario World.

Sementara itu, gim ponsel yang memiliki paling banyak keuntungan adalah gim Fire Emblem Heroes yang memiliki lebih banyak pendapatan ketimbang gim-gim ponsel lainnya ketika dikombinasikan.

Selama dua tahun perilisannya, Nintendo telah berusaha maksimal untuk menjadikan Dr. Mario World sebagai mesin monetisasi yang berpotensi ketimbang menjadikannya transisi langsung dari gim era NES.

Akan tetapi, tampaknya gim ini tidak bisa membuat para pemainnya untuk konsisten dalam bermain di dalamnya dan gim ponsel sendiri hanya menyumbang sebagian kecil dari pendapatan total Nintendo.



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Bakal Ngetren Tahun Ini, Yuk Kenali Diet Pegan & Cara Menerapkannya

BERIKUTNYA

Produk Kesehatan Naik Daun di Masa PPKM, Ini yang Paling Laris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: