Name tag biasanya digunakan siswa selama kegiatan MPLS. (Sumber foto: Unsplash/ Hobi Industri)

Siswa Harus Tahu, Ini 4 Cara Membuat Hiasan Name Tag MPLS SMA

17 July 2023   |   15:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tahun ajaran baru telah tiba. Mulai hari ini, para siswa dengan berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMA, kembali bersekolah. Khusus sebagai siswa baru di satu jenjang sekolah tertentu, mereka biasanya akan menjalani proses MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Dahulu, kegiatan semacam ini lebih dikenal dengan sebutan Masa Orientasi Siswa atau MOS. Namun, sejak tahun ajaran 2018/2019, istilah MOS diganti dengan MPLS, sebuah kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah, dan biasanya wajib diikuti oleh semua siswa baru.

Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana dan prasarana, konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal terhadap budaya sekolah. Pelaksanaan MPLS ini disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 18 tahun 2016.

Baca juga: 5 Ide Kegiatan Unik Untuk MPLS SMA, Tanam Pohon hingga Membuat Dream Board

Meski begitu, pelaksanaan MPLS juga tak jauh berbeda dengan MOS dahulu. Ada berbagai kegiatan dan tradisi menarik yang biasanya telah disiapkan oleh panitia MPLS, salah satunya adalah menggunakan name tag dengan beragam bentuk.

Biasanya, ketika sedang MPLS, siswa diharuskan menggunakan name tag yang dibuat sendiri dengan beragam bentuk menarik. Hal ini digunakan agar setiap siswa bisa saling mengenal satu sama lain.

Sebuah name tag biasanya terdiri atas informasi seperti nama siswa, asal sekolah, pas foto, hingga nama kelompok. Sebagian sekolah mungkin hanya membuat name tag dengan desain pada umumnya. Namun, tak jarang juga panitia MPLS di sekolah yang meminta siswa untuk membuat name tag dengan bentuk desain yang menarik.

Kalian tak perlu bingung bagaimana cara membuatnya, berikut adalah langkah-langkah membuat hiasan name tag MPLS untuk SMA yang unik dan kreatif.
 

1. Siapkan Alat dan Bahan

Biasanya, siswa akan diberikan arahan yang lengkap untuk membuat name tag dari panitia MPLS. Dengan demikian, sebelum membuat name tag, kalian harus menyiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang diperlukan. Misalnya, kertas kardus, kertas buffalo, atau sejenisnya sebagai bahan utama name tag.

Selain itu, bahan  lainnya yang biasanya harus kalian siapkan yakni spidol, pulpen, hingga tali plastik atau benang. Adapun, untuk peralatannya, kalian bisa menyiapkan gunting, cutter, dan penggaris.
 
 

2. Buat Bentuk Name Tag

Desain bentuk name tag MPLS biasanya disesuaikan dengan arahan yang diberikan panitia. Bisa berbentuk bangunan-bangunan datar seperti persegi atau kotak, segitiga, dan lainnya, namun tak menutup kemungkinan juga dalam bentuk yang lain.

Untuk membuatnya, ada baiknya kalian gambar terlebih dahulu menggunakan pensil bentuk name tag di atas kardus atau kertas. Baru setelah itu kalian bisa mengguntingnya sesuai bentuk yang diminta.
 

3. Buat Tulisan yang Rapi

Setelah membuat dasar name tag, tentu kalian harus menuliskannya dengan data diri kalian. Agar tulisan kalian rapi, ada baiknya kalian menuliskannya terlebih dahulu menggunakan pensil baru kemudian dipertebal dengan pulpen atau spidol.

Selain itu, agar jarak tiap baris tulisan rapi, kalian juga bisa menggambar terlebih dahulu garis pembatas per baris menggunakan pensil dan penggaris.
 

4. Sempurnakan Name Tag

Jika kalian sudah membuat dasar name tag berikut dengan tulisan ataupun gambar yang diperlukan, tandanya kalian sudah hampir selesai. Kalian hanya perlu menambahkan tali seperti rafia atau benang sebagai kalung agar name tag bisa dikalungkan.

Jika memang memungkinkan, kalian juga bisa menggunakan peniti untuk menempelkan name tag di baju kalian. Namun, ingat, kalian harus membuat name tag sesuai dengan instruksi panitia ya.

Baca juga: Begini Ungkapan Pesan dan Kesan yang Kena Banget Buat MPLS

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Potensi EV dan Bahan Bakar Nabati Wujudkan Sektor Transportasi Ramah Lingkungan di Indonesia

BERIKUTNYA

5 Manfaat Jus Bawang Merah untuk Rambut Sehat & Berkilau, Begini Cara Penerapannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: