Ilustrasi kegiatan MPLS. (Sumber gambar : Unsplash/Rafael Atantya)

Tahun Ajaran Baru Siap Dimulai, Apakah Peserta Boleh Bawa HP Saat Kegiatan MPLS?

10 July 2023   |   16:45 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setiap tahun ajaran baru, semua sekolah di Indonesia menyambut kedatangan siswa baru melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kegiatan ini biasanya seluruh siswa baru bakal mengikuti kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif dari pihak sekolah.

Mengutip dari Buku Saku Informasi MPLS SMP yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, MPLS merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan ekosistem sekolah.

Pengenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru atau dengan kakak kelas serta guru, melainkan juga pada komponen lainnya meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan dari perangkat pendidik secara inklusif.

Baca juga: 5 Ide Kegiatan Unik Untuk MPLS SMA, Tanam Pohon hingga Membuat Dream Board

Biasanya, MPLS digelar pada setiap Minggu pertama awal tahun ajaran baru, dan berlangsung tiga hari selama jam pelajaran sekolah. Namun, seringkali banyak pertanyaan dari murid baru apakah saat pelaksanaan MPLS boleh membawa HP? 

Mengenai kebijakan tersebut biasanya pihak sekolah akan memberitahukan kepada siswa atau orang tua murid setidaknya satu hari sebelum kegiatan berlangsung. Hal ini pun biasanya disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing sekolah yang bersangkutan.

Masih dari Buku Saku Informasi MPLS yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, secara umum sebenarnya terdapat aturan yang harus diikuti oleh peserta didik dan institusi sekolah dalam kegiatan tahunan ini.

Namun, biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu mereka juga memiliki ketentuan khusus apakah siswa baru dapat membawa HP atau ponsel saat mengikuti kegiatan tersebut.

Akan tetapi, bila merujuk pada buku saku MPLS tidak ada larangan yang mengatur siswa untuk tidak membawa ponsel dikarenakan teknologi tersebut saat ini juga tidak lepas dari sistem pengajaran di sekolah. Sehingga penggunaan HP di dalam kelas diperbolehkan.

Selain untuk pembelajaran, fungsionalitas HP saat ini juga kerap digunakan untuk berkomunikasi dan mencari sumber ilmu dari berbagai situs. Di banyak sekolah, siswa, bahkan sejak SD juga sudah menggunakan ponsel, terutama untuk berkomunikasi dengan orang tua mengenai masalah penjemputan.

Oleh karena itu biasanya pada saat MPLS siswa baru tetap diperbolehkan untuk membawa HP. Namun, ada waktunya gawai tersebut akan dikumpulkan di depan kelas apabila guru meminta untuk dikumpulkan agar tidak mengganggu kegiatan MPLS berlangsung dengan sangkil.

Kalian juga tidak perlu khawatir bakalan tertukar, karena saat mengumpulkan biasanya diletakkan di dalam kotak khusus yang bersekat dan berdasarkan nomor absen sementara. Bahkan para guru biasanya juga akan memberi label nama agar tidak tertukar.

Jadi, jangan khawatir untuk membawa HP saat MPLS tahun ini bila tidak ada larangan untuk membawa HP. Namun, jangan coba-coba membawa HP apabila pihak sekolah sudah menghubungi orang tua dan memberitahukan mengenai pelarangan tersebut jauh hari sebelum kegiatan dimulai ya Genhype. 

Baca juga: Apa Itu Buah Matahari Cinta Atau Permen Romantis? Cek Jawaban Teka Teki Buah & Permen MPLS di Sini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Ide Kegiatan Unik Untuk MPLS SMA, Tanam Pohon hingga Membuat Dream Board

BERIKUTNYA

Cek 5 Fitur Smartphone Infinix Hot 30 Play, Dijual Rp1 Jutaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: