Ilustrasi membuat dream board (Sumber gambar: Freepik)

5 Ide Kegiatan Unik Untuk MPLS SMA, Tanam Pohon hingga Membuat Dream Board

10 July 2023   |   16:25 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Selepas siswa tingkat akhir lulus, kini sekolah disibukkan dengan beragam kegiatan untuk menyambut para siswa baru pada tahun ajaran baru. Biasanya, penyambutan siswa baru ini dilakukan dengan pengenalan sekolah yang akan menjadi tempatnya belajar selama beberapa tahun ke depan.

Dahulu, istilah pengenalan ini sering disebut sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS). Kini masa pengenalan ini diubah dengan istilah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MLPS). MPLS ini wajib dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Baca juga: Rekomendasi Tema MPLS Tahun Ini, Cocok untuk SMP dan SMA

Dalam menyambut para siswa saat MPLS, pihak sekolah akan membuat rangkaian kegiatan menarik dan unik agar siswa baru bisa mengenal sekolahnya dengan cara yang menyenangkan. Khusus tingkat SMA, kegiatan dapat dilakukan dengan agenda yang lebih variatif, edukatif, dan menumbuhkan jiwa sosial dan kepemimpinan.

Ada beberapa kegiatan unik yang bisa dilakukan untuk MPLS tingkat SMA. Yuk simak ulasannya!


1. Game Berkelompok

Menggali kreativitas siswa menjadi salah satu tujuan diadakannya MPLS. Tidak hanya sekedar mengenalkan lingkungan dan guru, panitia bisa membuat acara lebih semarak dengan menyelenggarakan game berkelompok. Kreativitas siswa bisa diuji dengan game-game edukatif seperti teka-teki, tebak gambar, cerdas cermat, atau game ice breaking lainnya.

Game berkelompok juga tidak hanya dilakukan untuk kreativitas, tetapi juga melatih jiwa sosial dan kepemimpinan. Game berbasis kerja sama tim yang bisa dicoba antara lain susun balok, di mana setiap tim harus menyusun balok setinggi mungkin dan bekerja sama untuk mengalahkan tim lawan.

Egg drop merupakan contoh game lain yang bisa menguji strategi dan taktik tim, di mana setiap kelompok harus membangun sebuah bangunan untuk melindungi telur yang nantinya akan dijatuhkan dari atas. Game ini sukses jika bangunan mampu mewadahi telur tanpa pecah.


2. Penanaman Pohon

Kegiatan menanam pohon bisa menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan siswa baru di sekolah. Penanaman pohon juga dapat dilakukan sembari mengajak siswa berputar mengelilingi area-area ruang luar sekolah.

Selain berguna bagi lingkungan, menanam pohon dapat menjadi sutau kegiatan filosofis, di mana siswa akan melihat pohon yan ditanamnya tumbuh seiring dengan masa sekolahnya nanti.

Kegiatan sosial semacam ini juga akan membuat siswa akan saling bersosialisasi dengan kakak tingkat, guru, hingga siswa setingkat lainnya. Cukup meminta setiap kelompok MPLS membawa alat-alat menanam, termasuk tanah, pupuk, sendok tanah, serta satu hinga dua buah bibit pohon untuk ditanam.


3. Membuat Dream Board

Dream board atau vision board bisa menjadi media kreativitas siswa dalam menumpahkan impiannya di masa depan. Berbekal karton lebar dengan alat tulis berwarna, siswa MPLS bisa membuat dream board sesuai dengan cita-citanya. Siswa juga bisa membawa majalah atau gambar-gambar yang berhubungan dengan cita-citanya. Misalnya, gambar seorang dokter, musisi, atau profesi lainnya.

Baca juga: 50 Jawaban Teka Teki MPLS terkait Makanan dan Minuman Buat Bekal Siswa

Siswa dapat menempelkan gambar pada karton kemudian menghiasnya semenarik mungkin dengan menggunakan alat tulis warna. Tuliskan mimpi-mimpi besar dengan cara yang kreatif dan unik. Nantinya dream board ini bisa dipajang atau diperlombakan oleh panitia. Dream board yang paling menarik akan mendapatkan hadiah.
 
1
2


SEBELUMNYA

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Untuk Acara Pembukaan MPLS

BERIKUTNYA

Tahun Ajaran Baru Siap Dimulai, Apakah Peserta Boleh Bawa HP Saat Kegiatan MPLS?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: