Monumen Nasional kerap menjadi pilihan bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Jakarta (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Rekomendasi 5 Tempat Menginap di Kawasan Monas

16 July 2023   |   20:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tidak lengkap rasanya bila ke Jakarta tidak mengunjungi Monas. Tugu yang dirancang oleh arsitek Friedrich Silaban, dan R.M. Soedarsono ini merupakan ikon ibu kota. Bahkan, ikon negara. Di monumen ini, kalian tidak cuma bisa foto, tetapi juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti taman, museum, dan area olahraga.

Oleh karenanya ketika kalian berkesempatan datang ke Jakarta, maka sempatkanlah bertandang ke monumen ini. Monumen Nasional adalah bangunan bersejarah yang selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia, baik dari Jakarta dan sekitarnya atau dari luar daerah. Monumen yang pembangunannya dimulai pada era Presiden Soekarno itu merupakan pengingat perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah.

Baca juga: Simak 5 Fakta Menarik tentang Monas yang Jadi Relief Sejarah Indonesia

Tidak hanya itu, monumen yang diresmikan oleh Presiden Soeharto itu juga dibangun dari urunan masyarakat selain anggaran pemerintah. Pembangunannya juga mendapatkan sentuhan dari para arsitektur dalam negeri.

Bagi Genhype yang ingin mengunjungi Monas, dan harus menginap di sekitarnya, berikut sejumlah hotel atau tempat akomodasi yang bisa menjadi pilihan.


1. Rail Transit Suite Gambir

Tempat menginap pertama yang bisa menjadi pertimbangan bagi Genhype yang dekat dengan Monumen Nasional adalah Rail Transit Suite Gambir. Tempat menginap ini berada di dalam Stasiun Gambir, sehingga Genhype tidak perlu keluar stasiun untuk mencari tempat tidur ketika sampai dengan menggunakan kereta api jarak jauh.

Dari Rail Transit Suite Gambir, Genhype tinggal berjalan kaki menuju Monas. Tidak hanya itu, letaknya yang berada di pusat kota juga dekat dengan sejumlah tempat yang mungkin menarik, seperti Masjid Istiqlal, Galeri Nasional Indonesia, Museum Nasional, atau sejumlah tempat makan.

Tarif yang tersedia juga bervariasi dengan jenis kamar yang juga beragam. Dari kapsul sampai dengan kamar tipe eksekutif yang memiliki jenis kamar seperti biasanya.


2. Hotel Mercure Sabang

Tempat lainnya yang dapat menjadi pilihan bagi Genhype untuk menginap di sekitar Monumen Nasional adalah Mercure Sabang. Terletak di Jl. H. Agus Salim, Mercure Jakarta Sabang adalah hotel Internasional bintang 4.

Untuk menuju Monumen Nasional, Genhype dapat berjalan kaki sekitar 5 – 15 menit. Tidak hanya itu, posisinya di sekitar Sabang juga membuat para traveller mudah untuk menikmati sejumlah kuliner yang ada di daerah situ dan sudah sangat terkenal. Kemudian, berkunjung ke Monumen Nasional atau Galeri Nasional Indonesia juga dapat dilakukan ketika menginap di tempat ini.


3. 101 Urban Thamrin

Tempat menginap lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk tidur yang dekat dengan Monumen Nasional adalah 101 Urban Thamrin. Letaknya yang berada di Jl. Taman Kebon Sirih juga membuat yang menginap di tempat ini dapat dengan mudah menjangkau tempat lainnya, seperti Sarinah atau ke daerah Sabang untuk menikmati sejumlah kuliner. Dari tempat ini, Gehnype yang ingin menuju Monumen Nasional bisa berjalan kaki sambil menikmati suasana kota. Dari tempat ini, jalan ke sejumlah tempat juga mudah dijangkau.

Baca juga: Bingung Menghabiskan Waktu Libur Lebaran? Coba yuk ke Monas Week 2023


4. Hotel Borobudur 

Hotel yang dapat menjadi pilihan Genhype untuk tinggal di dekat Monas adalah Hotel Borobudur Jakarta. Tempat menginap ini termasuk dalam kategori bintang lima dan dekat dengan sejumlah destinasi selain monumen kebanggaan masyarakat Indonesia.

Genhype dapat berjalan kaki menuju ke Monumen Nasional sambil menikmati sejumlah bangunan yang ada di sepanjang perjalanan. Selain itu, sambil menuju monumen, kalian juga akan mendapati Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Sementara itu, Galeri Nasional Indonesia juga akan dilewati ketika mengambil jalur lainnya.

Museum Nasional, Museum Sumpah Pemuda, dan Museum Fatahilah Kota Tua adalah daerah yang dekat dengan hotel ini. Di depan hotel juga terdapat Lapangan Banteng yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati Jakarta.
 

5. Citi M Hotel

Hotel lainnya yang dapat menjadi pilihan ketika ingin mengunjungi Monas adalah Citi M Hotel. Terletak di Jl. Tanah Abang 1, Gambir, Genhype dapat berjalan kaki untuk mengunjungi Monumen Nasional mengingat jaraknya yang tidak jauh. Tidak hanya itu, dari tempat ini juga, kalian dapat mengunjungi sejumlah destinasi wisata seperti Museum Nasional Indonesia, Kota Tua Jakarta, Museum Tekstil, Masjid Istiqlal, dan sebagainya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cantiknya Nepal van Java, Desa Wisata dengan Tumpukan Rumah Warna-warni di Lereng Gunung

BERIKUTNYA

Perhatikan Parents, Begini Langkah Mendampingi Anak Beradaptasi di Sekolah Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: