Ilustrasi seorang anak sedang belajar di rumah-Karolina Grabowska (Pexels)

Simak 5 Tips Ini supaya Kalian Tetap Semangat Belajar dari Rumah

26 July 2021   |   17:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan terpaksa harus dilakukan dari rumah secara virtual. Hal itu juga yang terjadi pada proses belajar di sekolah atau kampus, sehingga banyak pelajar yang harus mengikuti kelas secara daring atau online.

Belajar di rumah bisa menjadi tantangan sendiri karena kamu akan dihadapkan dengan banyak gangguan dari beberapa kegiatan di rumah seperti menonton televisi, tidur siang, bahkan tugas-tugas rumah yang biasanya dikerjakan.

Berkat semua disrupsi itu, bisa saja kamu akan kehilangan motivasi dan mulai menunda-nunda kegiatan belajar dan tugas sekolahmu lho. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini 5 tips agar kamu tetap semangat meskipun belajar dari rumah.

1. Buat  jadwal rutinitas
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat jadwal rutinitas yang telah terjadwal dan mentaatinya. Jangan sampai kamu kehilangan fokus, dan pastikan kamu menjalankan rutinitasmu hingga menjadi kebiasaan. Buat jadwal dan tentukan slot waktu tertentu untuk belajar di siang hari.

2. Tidur siang jika diperlukan
Tidur siang rentan membuat kamu tergoda untuk bermalas-malasan dan akhirnya menyerah. Lawan keinginanmu untuk tidur di siang hari dan manfaatkan waktu itu untuk belajar. Kamu bisa tidur siang hanya di antara waktu yang dibutuhkan yang bisa memberi energi dan menyegarkan pikiran untuk kembali dan belajar lebih lama.
 

IlustrasiJulia M Cameron

Ilustrasi seorang anak sedang belajar di rumah-Julia M Cameron (Pexels)

3. Buat ruangan nyaman
Tidak seperti di sekolah, ketika kamu belajar di rumah kamu harus berhadapan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh para anggota keluarga yang lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat zona tertentu di rumah yang bisa meningkatkan fokus sebagai ruang belajar agar kamu bisa terhindar dari gangguan dan memanfaatkan waktu secara produktif.

4. Tetap berkomunikasi dengan teman sekelas
Salah satu hal yang penting juga ketika kamu belajar dari rumah adalah tetap berkomunikasi dengan teman sekelas untuk memastikan tidak ada tugas sekolah yang terlewat. Bukan hanya itu, kamu juga akan tetap termotivasi belajar dengan melakukan review tentang pelajaran yang kamu dapatkan dengan teman sekelas.

5. Hindari multitasking
Saat belajar, pastikan kamu hanya melakukan satu tugas pada satu waktu dan fokus pada belajar ketimbang mengambil banyak tugas di rumah. Sebisa mungkin hindari untuk multitasking atau melakukan pekerjaan rangkap dengan membaginya dalam jadwal yang telah kamu buat sebelumnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Wah! Xiumin EXO Akan Bintangi Acara Variety Web tentang Tenis

BERIKUTNYA

Wow, YouTube di Android Tembus 10 Miliar Unduhan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: