YouTube telah melewati 10 miliar unduhan di Android (Unsplash/Szabo Viktor)

Wow, YouTube di Android Tembus 10 Miliar Unduhan

26 July 2021   |   17:49 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa sih saat ini yang tidak kenal dengan aplikasi video populer YouTube. Platform video milik Google itu ternyata telah mencatatkan jumlah unduhan mencapai lebih dari 10 miliar di platform sistem operasi Android.  Berdasarkan laporan dari 9To5Google, layanan video itu telah menjadi hits, dan popularitasnya naik secara signifikan. 

Meningkatnya popularitas YouTube tersebut seiring perkembangan internet global, pengenalan jaringan dan perangkat 4G serta peningkatan akses ke ponsel pintar.

Sebagai platform video terbesar dan paling terkenal secara global, YouTube memang memiliki kans besar untuk menjadi aplikasi Android pertama yang mencapai tonggak unduhan tertinggi di Play Store.

Hal ini juga dimungkinkan dengan kondisi aplikasi sudah diinstal di hampir semua perangkat ponsel dan tablet yang beredar. Bahkan dapat menyertakan beberapa aktivitas dari belakang sebelum Play Store ada.

Fitur Super Thanks

Dalam perkembangan lain, baru-baru ini perusahaan meluncurkan fitur baru bernama Super Thanks, yang memungkinkan pengguna atau penonton memberikan tip kepada konten kreator favorit mereka.

Para penggemar yang menonton video YouTube sekarang dapat membeli Super Thanks sebagai bentuk apresiasi kepada pembuat konten kesayangan mereka.

Fitur ini nantinya akan diwakili oleh ikon Thanks berbentuk hati dengan lambang mata uang dolar di dalamnya. Dalam ilustrasi yang disajikan YouTube di blog resminya, ikon Super Thanks terletak antara ikon Download dan Save.

Jika ikon diklik, pengguna akan disajikan empat opsi besaran tip yaitu US$2, US$5, US$10, dan US$50. Besaran tip tersebut juga dinyatakan bakal segera tersedia dalam mata uang setempat dari pengguna.

"Super Thanks saat ini hadir versi beta, dan tersedia bagi ribuan kreator yang melakukan monetisasi. Fitur ini tersedia di 68 negara di perangkat seluler dan desktop," kata Barbara Macdonald, Product Manager, Paid Digital Goods YouTube.


Editor: Indyah Sutriningrum 

SEBELUMNYA

Simak 5 Tips Ini supaya Kalian Tetap Semangat Belajar dari Rumah

BERIKUTNYA

5 Resep Pasta Viral à la Pasta Queen, Nadia Caterina Munno

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: