Cuplikan video klip single Interaksi (Sumber gambar: Tulus Company)

Tulus Merilis Video Klip Single Interaksi, Dibintangi oleh Daffa Wardhana & Hana Malasan

14 July 2023   |   19:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Usai merampungkan rangkaian tur konsernya, musisi Tulus kembali menyapa penggemarnya dengan merilis video klip lagu Interaksi yang menjadi bagian dalam album Manusia (2022). Berasal dari ide kreatif Tulus sendiri, video klip Interaksi menawarkan interpretasi visualisasi lagu yang romantis, manis, namun sekaligus liris.

Jika dilihat dari lirik lagunya, Interaksi berkisah tentang keresehan seseorang akan skenario cerita dalam hidupnya yang tidak tertebak. Lagu ini menceritakan seseorang yang tidak menyangka akan bertemu kembali dengan sosok yang pernah dia suka sebelumnya.

Baca juga: Lika-Liku dan Perayaan Hidup dalam Album Terbaru Tulus Bertajuk Manusia

Seseorang yang telah menjadi masa lalunya di tengah dirinya yang tengah menjalani lembaran hidup yang baru dan berdamai dengan rasa patah hati. Sejatinya, dia ingin sebisa mungkin menghindari orang yang pernah disukainya itu, namun takdir membawa kejutan-kejutan yang tak diduganya sebelumnya.

Akhirnya, dia pun bertanya-tanya pada diri sendiri apa maksud dari semua cerita ini. Dia berada dalam situasi dilema dan sulit mengendalikan hati, antara mengikuti keinginannya untuk menghindar atau menerimanya kembali meskipun dihantui rasa patah hati lagi. 

"Jika dia memang bisa untukku. Sini, dekat dan dekatlah. Dan jika dia memang bukan untukku. Tolong, reda dan redalah atau mendekatlah, ah." kutipan lirik lagu Interaksi.


Tak jauh dari lirik lagunya, video klip dari lagu Interaksi merupakan visualisasi dari cerita tersebut. Kisahnya berawal dari Fika (diperankan oleh Hana Malasan) yang menghadiri acara reunian teman-teman kuliahnya di rumah Adi (diperankan oleh Daffa Wardhana). Rupanya, Fika dan Adi pernah dekat sewaktu mereka masih kuliah di kampus yang sama.

Di rumah Adi, Fika melihat ada satu lukisan seperti potret wajah perempuan menggantung di dinding. Tatapannya pun sontak berbeda. Dia lantas mencari tahu lebih lanjut dan baru mengetahui bahwa Adi bisa melukis. Fika akhirnya meminta Adi untuk melukis potret dirinya di atas kanvas. Meski sempat ragu, Adi akhirnya bersedia untuk melukis perempuan yang pernah disukainya itu.

Klip berdurasi 5 menit 58 detik itu juga menampilkan cuplikan masa lalu antara Fika dan Adi semasa kuliah yang menjadi momen dimana perasaan cinta diantara keduanya tumbuh. Namun, ada satu bagian dimana Fika merasa sedih dan patah hati karena tidak bisa memiliki Adi. Klip itu pun ditutup dengan adegan yang romantis namun sekaligus liris.
 

Selain Daffa Wardana dan Hana Malasan, video klip ini juga dibintangi oleh Naradiya, Louise Monique, Dewanda Massetya Prabowo, Beryl Rasandavi, Alam Samudra, Ivent Kudmas, dan Hafidz Aldamn. Adapun, sutradara yang menggarap video klip ini yaitu Devy Linggar.

"Dalam perjalanan hidup, manusia memiliki mampu dan kuasa untuk bisa memilih. Tetapi, juga begitu banyak hal di luar kendali kita. Video musik Interaksi adalah satu gambaran kecil dari miliaran gambar lainnya di dunia. Gambaran ketika manusia tidak selalu bisa memilih untuk bertemu, bertukar rasa, terikat, terpisah dengan apa dan siapa," tulis Tulus dalam keterangan resminya.

Lagu-lagu Tulus dalam album Manusia memang mendapatkan sambutan positif dari para penikmat musik di Tanah Air. Begitupun dengan video klip Interaksi yang telah ditonton lebih dari 230.000 views di kanal YouTube dan menjadi nomor 11 dalam jajaran video musik trending kurang dari 24 jam sejak perilisannya.

Baca juga: Rekap Spotify Wrapped Indonesia, Tulus Jadi Artis Paling Banyak Didengarkan pada 2022
 

Album Manusia

Sementara itu, Manusia sendiri merupakan album keempat Tulus yang dirilis pada 3 Maret 2022. Seperti judulnya, album Manusia merupakan representasi yang menggambarkan ragam dinamika rasa dari sosok manusia. "Manusia dinilai memiliki ragam dinamika rasa khususnya dalam menjalani kehidupan sehari- hari," kata Tulus.

Tema itu pun tertuang dalam 10 lagu yang ada dalam album tersebut yakni Tujuh Belas, Kelana, Remedi, Interaksi, Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-Hati di Jalan, Diri, dan Satu Kali.
 

Tulus (Sumber gambar: TulusCompany)

Tulus (Sumber gambar: TulusCompany)

Penyanyi berusia 35 tahun itu menjelaskan bahwa album Manusia merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta. Jumlah tersebut, paparnya, terwakilkan dengan judul album barunya.

Jumlah yang tidak sedikit memang, tapi hal tersebut justru membuahkan sebuah album yang menjadi representasi nyata akan berperannya ratusan orang di dalamnya. Dalam albumnya itu, diakui oleh Tulus bahwa dia semakin matang dalam pengolahan kata dalam lirik yang mengedepankan keeleganan bahasa Indonesia.

Seperti halnya lagu-lagu Tulus sebelumnya, lagu yang ada di album ini hadir dengan lirik yang mengedepankan penggunaan Bahasa Indonesia.

Lagu-lagu tersebut hadir dengan sudut pandang yang sedemikian luas, meliputi semangat menjaga jiwa muda di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan.
 
"Warna musik yang baru di album ini, merupakan hasil  kolaborasi dengan ratusan talenta," kata pelantun lagu Hati-hati di Jalan itu.

Dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022, album Manusia berhasil menyabet 7 piala sekaligus untuk kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik, Album Pop Terbaik, Album Terbaik Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik, Produser Rekaman Terbaik, Tim Produksi Suara Terbaik, serta Penata Musik Pop Terbaik.

Baca juga: Mantap, Tulus Sabet 7 Piala di AMI Awards 2022 Berkat Album Manusia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hadir di Indonesia, Cek 5 Fitur Unggulan Huawei MatePad Air

BERIKUTNYA

Cara Menerapkan Slow Fashion, Lebih Hemat dan Berkelanjutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: