Tulus (Sumber gambar: TulusCompany)

Mantap, Tulus Sabet 7 Piala di AMI Awards 2022 Berkat Album Manusia

18 October 2022   |   16:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Album kelima milik solois Tulus yang bertajuk Manusia berhasil menyabet 7 piala sekaligus di ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022. Penghargaan ini pun menambah panjang daftar prestasi yang ditorehkan oleh Tulus, khususnya melalui album terbarunya itu.

Tujuh kategori yang berhasil dimenangkan oleh Tulus di AMI Awards 2022 yakni Artis Solo Pria Pop Terbaik, Album Pop Terbaik, Album Terbaik Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik, Produser Rekaman Terbaik, Tim Produksi Suara Terbaik, serta Penata Musik Pop Terbaik.

"Tidak ada rangkaian kata yang panjang terpikir selain syukur dan terima kasih. Piala-piala untuk album Manusia di Anugerah Musik Indonesia, kami wakili penerimaannya," kata Tulus dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id, Selasa (18/10/2022).

Pelantun lagu Hati-hati di Jalan itu pun mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh tim yang terlibat dalam penggarapan album tersebut, yang menurutnya turut memberikan ruang hidup bagi lagu-lagu di dalamnya sepenuh hati. 

Baca jugaMantap Pilih Solo Karier, Dikta Wicaksono Rilis Mini Album 'Sendiri' 
 


Penyanyi dengan nama lengkap Muhammad Tulus itu mengatakan seperti judulnya, album Manusia merupakan representasi yang menggambarkan ragam dinamika rasa dari sosok manusia. Dalam albumnya itu, diakui bahwa dia semakin matang dalam pengolahan kata dalam lirik yang mengedepankan keeleganan bahasa Indonesia.
 

"Warna musik yang baru di album ini, merupakan hasil  kolaborasi dengan ratusan talenta," katanya.


Album Manusia

Ya, sebelumnya Tulus memang menyebutkan bahwa album Manusia merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta. Jumlah tersebut, paparnya, terwakilkan dengan judul album barunya. Jumlah yang tidak sedikit memang, tapi hal tersebut justru membuahkan sebuah album yang menjadi representasi nyata akan berperannya ratusan orang di dalamnya.

Salah satu di antara ratusan orang yang berkolaborasi dengan Tulus dalam pengerjaan album ini adalah produser Ari Renaldi. Adapun, 10 lagu yang ada di album Manusia ditulis oleh Tulus bersama dengan Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Kesepuluh lagu tersebut yakni Tujuh Belas, Kelana, Remedi, Interaksi, Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-Hati di Jalan, Diri dan Satu Kali. Adapun, album Manusia dirilis pada 3 Maret 2022 lalu. "Manusia dinilai memiliki ragam dinamika rasa khususnya dalam menjalani kehidupan sehari- hari," kata Tulus.

Beberapa di antara lagu dalam album ini, bahkan ikut disempurnakan oleh orkestrasi brilian dari Erwin Gutawa. Puluhan sessionist profesional, paduan suara, hingga orkestrasi besar juga terlibat dalam album ini. Seperti halnya lagu-lagu Tulus sebelumnya, lagu yang ada di album ini hadir dengan lirik yang mengedepankan penggunaan Bahasa Indonesia.

Lagu-lagu tersebut hadir dengan sudut pandang yang sedemikian luas, meliputi semangat menjaga jiwa muda di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang Ballon d’Or 2022, Karim Benzema Berhasil Geser Lionel Messi

BERIKUTNYA

Selalu Tampil Ekstra, Intip 6 Potret Zendaya dengan Oufit Comfy & Casual

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: