iOS 17 (Sumber Foto: Apple)

5 Fitur Baru iOS17 yang Tersedia di iPhone, Ada Aplikasi Jurnal & Mode StandBy

13 July 2023   |   22:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apple baru saja merilis beta publik pertama iOS 17 dan iPadOS 17 untuk penguji. Kini pengguna bisa merasakan pengalaman menjajal fitur-fitur baru pada sejumlah seri iPhone dan iPad yang mendukung pembaruan pada sistem operasi tersebut.

Penguji beta publik yang mendaftar untuk program pengujian beta Apple dapat mengunduh pembaruan ‌iOS 17‌ dan ‌iPadOS 17‌ dengan membuka aplikasi Pengaturan, membuka Umum, mengetuk bagian Pembaruan Perangkat Lunak, dan mengaktifkan opsi ‌iOS 17‌ Public Beta.

Mengutip dari situs resmi Apple, iOS 17 versi final dipastikan sudah bisa digunakan mulai musim gugur 2023 atau sekitar September, Oktober, atau November mendatang. Update iOS 17 akan tersedia untuk iPhone Xs dan model iPhone yang dirilis setelahnya.

Di antaranya adalah iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPhone SE generasi kedua dan terbaru.

Baca juga:  Apple Rilis Update Rapid Security Responses, Ini Cara Menginstalnya

NahGenhpe, yuk simak sejumlah fitur baru iOS17 yang bisa segera dinikmati penggunanya.
 

1. AirDrop dan NameDrop

NameDrop adalah fitur baru AirDrop yang memungkinkan pengguna meletakkan dua iPhone berdekatan untuk bertukar informasi kontak seperti email dan nomor telepon. Selain itu, menyatukan dua iPhone dapat memulai SharePlay, sehingga kamu dapat mendengarkan musik, menonton film, bermain game, atau mengirim konten ke sesama pengguna iPhone lainnya.

AirDrop juga mengalami pembaruan yang akan memudahkan pengiriman file. Misalnya ketika kamu hendak mengirim file dengan resolusi tinggi yang membutuhkan waktu yang lama, kini pengiriman bisa dilakukan dari jarak jauh melalui koneksi internet.
 

2. Pesan Suara Langsung

Pesan suara langsung pada Apple iOS 17 bekerja seperti Call Screen yang ada pada ponsel Pixel milik Google. Saat seseorang meninggalkan pesan suara, akan ditampilkan transkripsi pesan secara real-time di lock screen saat orang tersebut bicara.

Panggilan yang ditandai sebagai spam oleh operator akan langsung ditolak dan tidak akan muncul sebagai pesan suara langsung. Kamu juga bisa memilih untuk langsung mengangkat telepon apabila penting dan bukan panggilan spam.
 

3. iMessage

Melalui iMessage kamu bisa mengabari teman atau keluarga saat tiba di tempat tujuan. Ketika kamu mengulur waktu dalam perjalanan, sistem akan mencoba menghubungimu. Apabila tidak ada respon, maka sistem akan membagikan data lokasi, tingkat baterai, dan status layanan seluler ke kerabat terdekat.

Saat seseorang membagikan lokasinya denganmu di iMessage, kamu bisa melihatnya langsung di percakapan tanpa harus keluar dari aplikasi. Begitupun untuk pesan audio, kamu bisa melihat transkripsi langsung di bawahnya. Fitur ini sangat berguna saat kamu tidak bisa langsung mendengarkan pesan audio.
 

4. iPhone on StandBy

Fitur StandBy ini mirip dengan mode Nightstand di Apple Watch yang menawarkan berbagai gaya jam, foto, kalender, cuaca, tampilan aktivitas langsung, atau widget yang dapat disesuaikan melalui Smart Stack. Untuk mengaktifkan mode StandBy kamu dapat meletakkan iPhone secara horizontal di pengisi daya saat sedang tidak digunakan.
 

5. Aplikasi Jurnal

iOS 17 menghadirkan aplikasi baru bernama Journal yang fungsinya untuk mencatat aktivitas sehari-hari pengguna. Kamu dapat menambahkan foto, rekaman audio, musik, bahkan membuat goals di dalamnya.

Apple menggunakan machine learning untuk menyarankan momen yang dapat ditulis di jurnal berdasarkan aktivitasmu hari itu, seperti jalan-jalan, olahraga, dan lainnya.

Baca juga: Apple Resmi Rilis iOS 17 Beta 3, Bawa Perbaikan Transkripsi Suara & Siri


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto 
 

SEBELUMNYA

Kenalan dengan xAI, Perusahaan Kecerdasan Artifisial Anyar Buatan Elon Musk 

BERIKUTNYA

Enam Tips Maksimalkan Cuan dari Penjualan Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: