Ilustrasi kotak bekal makan anak. (Sumber gambar : Freepik)

3 Resep Masakan Lezat Untuk Bekal Makan Anak di Sekolah

13 July 2023   |   14:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bekal makanan bergizi sangat penting disiapkan orang tua agar anaknya tidak jajan sembarangan di sekolah. Terjebak makanan tinggi gula, garam, dan lemak meningkatkan risiko mereka terkena penyakit tidak menular (PTM) seperti obesitas hingga hipertensi pada masa mendatang. 

Tidak dimungkiri, makanan dan minuman yang dijajakan di sekolah mayoritas tidak sehat. Kandungan gula, garam, dan lemaknya cukup tinggi. 

Baca juga: Resep Sosis Solo Goreng dan Basah, Kudapan Nikmat dari Belanda dengan Cita Rasa Lokal

Kementerian Kesehatan mencatat prevalensi kasus obesitas pada usia 5-19 tahun meningkat 10 kali lipat dalam 40 tahun terakhir.  Sekitar 55 persen obesitas pada usia anak akan menjadi obesitas saat remaja. Sebanyak 80 persen obesitas remaja akan bertahan hingga dewasa.

Oleh karena itu, alangkah baiknya para orang tua, khususnya bunda menyiapkan bekal makan lezat dan bergizi berupa hidangan rumahan untuk anak. Mereka pun akan bersemangat, terutama pada masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Jangan lupa porsinya dilebihkan agar anak bisa berbagi dengan temannya ya, Bunda.

Chef Devina Hermawan mengatakan menyiapkan hidangan  rumahan dapat dibuat dengan tampilan simple tetapi tetap enak dan tidak membosankan. Nah, berikut ini rekomendasi resep bekal sekolah yang bisa dicoba bunda untuk dibawa anak ke sekolah. 


1. Resep Chicken Ballotine

Bahan Utama:

1 ekor ayam utuh dengan kulit
1 buah jeruk lemon
Garam
Lada hitam/putih
Butter untuk olesan
 
Kaldu:

1/2 bawang bombay
3 siung bawang putih
2 batang daun seledri
1 buah wortel
1 liter air
3 sdm minyak goerng

Bahan Isian:

130 gr daging sapi giling
30 gr smoked beef
1/2 bawang bombay
35 gr jamur champignon
1 sdt cajun seasoning
20 gr french bread (baguette)
1 butir telur
35 gr keju cheddar
1 sdm saus BBQ
1/2 sdt gula pasir
1/3 sdt kaldu sapi bubuk

Salad:

Mixed lettuce
Tomat ceri
 
Salad Dressing (Basil Cheddar Vinaigrette):

75 ml air lemon
6-8 lembar daun basil
1 sdt mustard
15 gr keju cheddar, parut
50 ml extra virgin olive oil
1/4 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Saus:

45 gr unsalted butter
20 gr tepung terigu
450 ml air kaldu ayam
50 ml  cooking cream
100 gr keju cheddar, parut
Lada putih secukupnya 

Cara Memasak:

1. Siapkan isian. Cincang bawang bombay lalu tumis dengan sedikit minyak, sisihkan. Potong-potong jamur, tumis dengan sedikit minyak, sisihkan. Potong-potong smoked beef dan keju cheddar, serta suwir-suwir french bread.

2. Siapkan mixing bowl, masukkan semua bahan isian, aduk hingga merata, sisihkan.

3. Siapkan ayam utuh, pisahkan daging ayam dengan tulangnya, simpan tulang untuk membuat kaldu ayam. Berikan perasan jeruk lemon, garam dan lada pada daging ayam.

4. Isikan daging ayam dengan bahan isian, tutup lalu ikat menggunakan tali.

5. Letakkan ayam di loyang, lalu olesi dengan  unsalted butter. Berikan sedikit garam dan lada, ratakan di seluruh permukaan kulit ayam.

6. Panggang ayam selama 40 menit atau hingga matang, lalu balik dan panggang kembali selama 10 menit (waktu memanggang dapat disesuaikan dengan oven masing-masing).

7. Kaldu ayam: panaskan sauce pan dan beri 3 sdm minyak. Masukkan tulang ayam, bawang putih, seledri, dan wortel. Tumis sesaat lalu tuang air. Tutup panci dan masak dengan api kecil, sisihkan.

8. Saus: siapkan sauce pan, lelehkan unsalted butter dan masukkan tepung terigu. Masak sesaat, lalu tuangkan air kaldu ayam dan cooking cream. Terakhir, masukkan parutan keju cheddar dan lada putih. Aduk rata. Saus siap digunakan.

9. Salad dressing: cincang halus daun basil dan bawang putih. Siapkan bowl, campurkan air lemon, daun basil, dan bawang putih. Tuang extra virgin olive oil sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu masukkan sisa bahan lainnya, aduk rata.

10. Siapkan Chicken Ballotine di kotak bekal. Tata rapih. Tempatkan salad di wadah terpisah. Bungkus saus salad menggunakan pembungkus makanan plastik. 
1
2


SEBELUMNYA

Makin Sengit, Morph Team Jadi Harapan Terakhir Indonesia di Grand Final FFCS CUP 2023

BERIKUTNYA

Cek Daftar Lengkap Nominasi Emmy Awards ke-75, Serial Succesion & The Last of Us Mendominasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: