Suasana MPLS di SMA Negeri 5 Tanjungpinang. (Sumber foto: sman5-tpi.sch.id)

7 Rekomendasi Permainan Berkelompok yang Seru untuk MPLS, Wajib Dicoba

11 July 2023   |   19:51 WIB

Bagi banyak siswa baru, orientasi dapat menjadi pengalaman tak terlupakan saat memasuki fase hidup baru. Saat mereka memulai perjalanan baru yang mengasyikkan, mereka tiba-tiba dihadapkan pada beberapa tekanan baru — dan tanpa lingkungan rumah dan sekolah yang familier dan terstruktur.

Dengan masuknya kita ke musim orientasi siswa baru, Genhype yang sekarang berperan sebagai senior di sekolah dan kampus mungkin ingin memastikan bahwa kalian menyiapkan kegiatan orientasi terbaik untuk memikat siswa dan memberi mereka informasi yang mereka butuhkan.

Baca juga: Daftar Lengkap Teka-Teki Makanan dan Minuman untuk Bekal di MPLS, dari Minuman PUBG hingga iPhone Hijau

Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan pada pekan orientasi atau masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk membantu siswa baru merasa disambut dan menjadi bagian dari kelompok. Para senior perlu menghabiskan waktu memberi tahu mereka tentang aturan dan kebijakan untuk memastikan bahwa mereka siap menghadapi kehidupan di sekolah atau kampus baru.

Salah satu caranya adalah lewat ice breaking game atau permainan seru sehingga suasana tegang di antara siswa baru dapat mencair dan mereka bisa bertemu teman baru.

Dalam permainan berbagai ice breaker, peserta dilatih untuk bermain secara kooperatif sesuai aturan kelompok. Hal ini juga memberikan kesempatan untuk belajar tentang kontrol diri dan memahami perilaku kelompok. Keterampilan yang didapat dari permainan kelompok menjadi dasar perkembangan sosial.  

Permainan yang dilakukan berkelompok guna habiskan waktu seru bersama dengan teman-teman untuk bertujuan agar semakin akrab dan kompak. Dan tentu dilakukan sebagai media hiburan yang menyenangkan. 

Genhype simak yuk beberapa rekomendasi permainan yang seru dan menarik untuk di coba selama masa orientasi atau MPLS:

1. Benteng Takeshi

Benteng Takeshi adalah permainan kelompok yang wajib menjadi pilihan pertama, pasalnya permainan ini seru dan melatih kekompakan serta kecepatan anggota pemain. Permainan ini melatih kerjasama dan skill mengatur strategi kelompok serta kemampuan pemimpin dalam kelompok. Dibutuhkan alat berupa bendera dan alat atau tembok untuk mengikatnya. Pemain harus dibagi menjadi dua kelompok dengan menentukan pemimpin kelompok tersebut. 

Benteng yang dipilih bisa berupa tembok atau pohon, setiap kelompok dengan bendera diletakkan dalamnya dengan starategi menjaga bendera tersebut. Tugas masing-masing kelompok adalah merebut bendera lawan. Mereka bisa ‘membunuh’ anggota musuh dengan menepuk tubuh mereka. Siapa yang ‘mati’ di tangan lawan bisa kamu ‘hidupkan’ lagi dengan cara yang sama. Siapa yang paling cepat merebut bendera lawan, adalah kelompok yang menjadi pemenangnya.
 

2. Tapak Gunung/ Gici-gici 

Permainan tapak gunung adalah salah satu permainan yang sangat seru untuk dimainkan. Pasalnnya tidak ada batasan dan peminat dengan permainan tradisional yang satu ini. Baik laki-laki ataupun perempuan dapat memainkan permainan ini. Permainan tapak gunung adalah permainakan kombinasi antara kesenangan dengan olahraga. Hal ini karena banyaknnya aktivitas lompa dan tenaga yang kuat dalam permainan ini.

Di dalam permainan ini, para pemain harus melewati kotak-kotak yang ditulis di atas tanah atau alat bantu lainnya lalu lalu akan melompati satu per satu kotak tersebut dengan mengunakan satu kaki. Alat yang dibutuhkan dalam permainana ini ialah alat untuk gambar misalnya spidol/ kapur dan kacok/ alat penanda setiap kotak yang sudah di lewati.  


3. Kursi Panas 

Permainan berikut ini cocok dilakukan di dalam ruangan maupun diluar ruangan dengan menggunakan bantuan kursi. Permainan ini menyenangkan untuk melatih kesigapan dan konsentrasi pemain. Peserta harus berdiri melingkari kursi yang berbentuk lingkaran dan berjumlah disesuaikan dengan pemain.

Permainan akan dimulai begitu sebuah lagu diputar dan para pemain akan bergerak memutari kursi. Ketika lagu berhenti para pemain harus segera duduk di kursi. Mereka yang tidak kebagian tempat duduk harus keluar dari permainan. Permainan akan terus berlangsung dengan mengeluarkan satu kursi lagi hingga permainan selesai dengan tersisa satu kursi. Orang yang berhasil pada satu kursi terakhir adalah pemenangnya

Selain permainan yang menggunakan alat bantu berikut beberapa permainan yang tidak membutuhkan alat namun tetap seru untuk dilakukan. 


4. Instruksi / Perintah

Permainan berikutnya ini adalah permainan berpikir. Permainan ini seru untuk melatih kefokus dengan mengikuti perintah dari instruktur. Biasanya perintah diberikan melalui sebuah cerita yang didalamnya mengandung sebuah instruksi tersembunyi. 

Cara bermain mengikuti aba-aba dari Instruktur misalnya akan memberikan penjelasan mengenai aturan permainan. Contoh, instruktur mengatakan “Ikuti apa yang saya katakan” dan berkata “Pegang telinga” tetapi instruktur memegang hidung, berarti kita harus pegang telinga. Permainan ini akan lucu jika ada peserta yang  salah mengikuti instruksi karena fokus dengan gerakan instruktur.


5. Rantai Nama 

Permainan yang satu ini adalah permainan dengan tujuan memperkuat ingatan mengenal anggota kelompok dari setiap tim. Permainan ini meningkatkan kemampuan mengingat serta fokus. Permainan ini tidak membutuhkan alat atau bahan apapun dan pasti mudah dan murah.

Cara bermain diawali dengan membentuk lingkaran, lalu bisa dimulai urutan mana saja, biasanya dari ketua kelompok. Instruksi yang diberikan akan sama kepada setiap orang.

Biasanya orang pertama akan mengenal kan diri dengan menyebutkan nama (bisa ditambahkan hal lain biar lebih seru seperti asal, umur, cita-cita). Lalu orang berikutnya misalnya orang disebelah kanan orang pertama mengulangi apa yang disampaikan orang pertama dan kemudian menyebutkan namanya. Misal, “Budi dari Surabaya, saya Abdi dari Solo”. Kemudian orang berikutnya akan melakukan hal yang sama, hingga semua anggota kelompok dalam putaran tersebut selesai dengan orang pertama. 

Bagi peserta yang salah menyebutkan nama akan diberi hukuman sesuai kesepakatan semua pemain.
Permainan ini biasa digunakan untuk mengakrabkan sebuah kelompok yang anggotanya belum saling mengenal satu sama lain.


6. Werewolf

Werewolf adalah permainan yang menguji kejujuran dan melatih solidaritas. Permainan ini akan membagi kekelompok menjadi dua bagian, yakni kelompok serigala dan penduduk. Dengan diikuti satu orang yang bertugas sebagai moderator. Nah, permainan ini akan memerintah para serigala untuk memprovokasi warga untuk saling ‘membunuh’. Sementara itu, kelompok warga harus berburu werewolf yang menyamar dibantu oleh peramal. Permainan ini sangat menegangkan serta relevan untuk dapat dimainkan oleh banyak orang. 
 

7. ABC Dasar / Pancasila 5 dasar 

Permainan ABC 5 dasar atau biasa disebut Pancasila 5 dasar merupakan permainan tradisional yang sangat populer di era 1990-an. Ini salah satu permainan edukasi yang menyenangkan dan juga bermanfaat untuk mengasah keterampilan, kecerdasan bahasa serta konsentrasi pemain. Cara memainkan permainan ini dengan menentukan kategori misalnya nama kota, buah, hewan, atau yang lainnya. Lalu pemain akan berhompimpa untuk menentukan abjad apa dalam alfabet yang akan menjadi huruf pilihan. Misalnya, nama kota yang diawali dengan huruf S, maka setiap pemain harus adu cermat menyebutkan jawaban. Mereka yang gagal akan tersingkir dari permainan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Belanda Kembalikan Harta Karun Bersejarah Milik Indonesia, Koleksi Apa Saja yang Dipulangkan?

BERIKUTNYA

Menengok Kapal Pesiar Icon of the Seas, 5 Kali Lebih Besar dari Titanic

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: