Lulus dari satu jenjang pendidikan dan masuk ke jenjang pendidikan lainnya membuat siswa harus melewati MPLS (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Emily Ranquist)

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Untuk Acara Pembukaan MPLS

10 July 2023   |   15:20 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur sekolah sebentar lagi usai dan kegiatan belajar mengajar akan kembali berlangsung. Saat ini, hampir semua sekolah tengah bersiap menyambut siswa-siswi baru yang memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu seremonial penyambutan itu adalah lewat kegiatan masa pengenalan sekolah.

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau yang dahulu disebut masa orientasi siswa menjadi kegiatan rutin yang harus dilalui oleh siswa dan siswi baru yang diterima di sebuah sekolah, baik tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), atau sekolah menengah atas (SMA).

Baca juga: Apa Itu Buah Matahari Cinta Atau Permen Romantis? Cek Jawaban Teka Teki Buah & Permen MPLS di Sini

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 18/2016, pengenalan lingkungan sekolah melalui beberapa tujuan, yakni mengenali potensi diri siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.

Kemudian, tujuan lainnya adalah menumbuhan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekaolah.

Selain itu, MPLS juga memiliki maksud untuk menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap salilng menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk wujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Dalam kegiatan itu, biasanya kepala sekolah akan memberikan sambutan untuk didengarkan oleh para seluruh warga sekolah, termasuk siswa dan siswi baru. Sambutan itu akan menjadi bagian penting lantaran dapat membangkitkan antusiasme siswa dan siswi baru dalam menjalani kegiatan pengenalan sekolah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sambutan yang dapat digunakan saat MPLS.

Assalamualaikum Wr. Wb/ Salah Sejahtera

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atar berkah dan limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya kepada kita semua. Salawat serta salam tercurah kepada junjungan Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah, pada pagi hari yang cerah ini, kita dapat menjalani aktivitas Masa Pengenalan Sekolah atau MPLS bagi siswa dan siswa baru yang telah diterima di sekolah (isi nama sekolah) pada tahun ajaran 2023.

Saya selaku kepala sekolah, mewakili seluruh warga (Nama sekolah), mengucapkan selamat atas terpilihnya para siswa dan siswi di sekolah (nama sekolah), sehingga menjadi bagian dari institusi pendidikan yang kita cintai ini.

Sebagai bagian dalam penerimaan peserta didik baru, masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS merupakan bagian wajib yang harus diikuti oleh siswa dan siswi. Ada banyak tujuan positif dari penyelenggaraan ini.

Salah satunya adalah membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekaolah.

Tidak hanya itu, MPLS juga memiliki maksud untuk menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap salilng menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk wujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Para siswa dan siswi sekalian, MPLS bukan lagi ajang perploncoan seperti yang dahulu kerap dilakukan terhadap siswa baru yang masuk ke dalam sekolah. Dengan begitu, maka kami berharap para siswa dan siswi baru memperoleh pengalaman yang menyenangkan, mengenal teman baru, para guru, karyawan, dan seluruh bagian sekolah dengan budaya, norma, dan tata tertib yang ada.

Sekian dan sekali lagi selamat menjalani masa pengenalan sekolah. Sukses untuk kita semua dan semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberikan kesehatan kepada kita.


Baca juga: 50 Jawaban Teka Teki MPLS terkait Makanan dan Minuman Buat Bekal Siswa

Teks di atas merupakan salah satu contoh naskah sambutan kepala sekolah saat menyambut para siswa baru dalam acara MPLS.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Enggak Cuma Barbie, Masih ada 14 Film Adaptasi Mainan yang Bakal Tayang

BERIKUTNYA

5 Ide Kegiatan Unik Untuk MPLS SMA, Tanam Pohon hingga Membuat Dream Board

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: